Aplikasi Praktis Olah Nilai Ijazah SD/MI K-2006 Dan K-2013

Aplikasi Praktis Olah Nilai Ijazah SD/MI K-2006 Dan K-2013

Aplikasi Praktis Olah Nilai Ijazah SD/MI K-2006 Dan K-2013 - Dengan adanya revisi Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Spesifikasi Teknis, Bentuk, Dan Tata Cara Pengisian Blangko Ijazah Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2019/2020 menjadi Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Spesifikasi Teknis, Bentuk, Dan Tata Cara Pengisian Blangko Ijazah Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2019/2020.
Aplikasi Praktis Olah Nilai Ijazah SD/MI K-2006 Dan K-2013
Aplikasi Praktis Olah Nilai Ijazah SD/MI K-2006 Dan K-2013
Hal tersebut juga ditambah permasalahan lagi yaitu pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara daring, karena adanya wabah yang melanda dunia termasuk Indonesia yaitu COVID-19 yang sampai saat ini belum juga mengalami penurunan baik yang berstatus positif corona, OTG, ODP, sembuh, maupun kematian.

Bahkan masa libur atau belajar di rumah saja diperpanjang sampai dengan tanggal 29 Mei 2020, hal itupun belum dapat dipastikan kelanjutannya. Hanya kita semua berharap semoga umat manusia pada umumnya di seluruh dunia segera lepas dari wabah COVID-19 tersebut.

Sudah menjadi tanggung jawab seorang pendidik maupun pendidik terutama pada akhir tahun pelajaran siswa kelas akhir di satuan pendidikan akan menamatkan studinya dengan mendapatkan ijazah atau sejenisnya, namun hal ini apabila kita simak lebih seksama juga terkendala adanya wabah yang kami maksudkan tersebut.

Namun baiklah dengan adanya musibah tersebut pula pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan yang selaras dengan situasi dan kondisi yang ada, artinya menurut kami pribadi kebijakan tersebut amatlah bijaksana, dengan adanya kejadian tersebut.

Kebijakan tersebut khususnya dalam hal ijazah untuk satuan pendidikan dasar dan menengah pada tahun pelajaran 2019/2020 yaitu Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Spesifikasi Teknis, Bentuk, Dan Tata Cara Pengisian Blangko Ijazah Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2019/2020.

Dengan adanya Peraturan tersebut, akhirnya diubah dengan Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Spesifikasi Teknis, Bentuk, Dan Tata Cara Pengisian Blangko Ijazah Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Artinya Peraturan yang lama secara resmi (tidak berlaku lagi)
Download Pula : PerSekJen Kemdikbud Nomor 5 Tahun 2020 
dengan berpedoman Persekjen Kemdikbud Nomor 5 Tahun 2020 tersebut, maka beberapa waktu yang lampau telah kami bagikan di antaranya:
Juknis Pengisian Ijazah Bagian Depan Dan Belakang Tahun 2020
Cara khusus Pengisian Ijazah Jenjang SMK tahun 2020
Setelah beberapa persiapan dianggap cukup akhirnya mendekati pengumuman kelulusan yang disarankan diumumkan pada tanggal 15 Juni 2020, maka kita diperlukan materi persiapan untuk mencetak pengumuman kelulusan yang sekaligus terdapat daftar nilai yang nantinya dapat dipergunakan untuk mendaftarkan sekolah ke jenjang berikutnya.
Download: Aplikasi Surat Keterangan Kelulusan Siswa SD/MI tahun 2020
Persiapan hampir selesai, sehingga kita persiapan berikutnya adalah sebuah aplikasi untuk mengolah nilai khususnya kelas 6  pada satuan pendidikan SD/MI, karena kelas 6 merupakan kelas akhir di satuan pendidikan SD/MI.

Dan perlu dipahami karena tahun ini tidak diadakan ujian sekolah sesuai peraturan yang berlaku, maka nilai ijazah diambilkan dari rekap nilai raport mulai dari kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 (semester gasal).

Untuk menambah nilai ijazah dapat mengambil nilai raport kelas 6 semester genap (sebagai nilai tambahan).

Hal itulah materi yang kami bagikan ini telah kami buat sendiri dan kami gunakan di sekolah kami juga yaitu SD Negeri 3 Asemrudung, Korwilcam Geyer, Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan, Jawa tengah. Kebetulan untuk saat ini kami pribadi sebagai penanggungjawab penuh di satuan pendidikan tersebut.

Dikarenakan di satuan pendidikan yang kami kelola masih melaksanakan Kurikulum 2006, maka aplikasi yang kami gunakan juga menggunakan aplikasi untuk mengolah nilai ijazah kurikulum 2006, (lihat yang berikut ini)
Aplikasi Praktis Olah Nilai Ijazah SD/MI K-2006 download File [ DI SINI ]
Namun jangan kuatir bagi rekan-rekan yang sudah melaksanakan kurikulum 2013 secara keseluruhan, berarti termasuk kelas 6 sudah melaksanakan kurikulum 2013, maka jangan kuatir berikut aplikasi yang dapat dipergunakan dan sudah kami sesuaikan dengan petunjuk yang berlaku.
Aplikasi Praktis Olah Nilai Ijazah SD/MI K-2013 download File [ DI SINI ]
Bersifat mengingatkan dan sangat penting !

Bahwa aplikasi ini bukan berarti untuk mencetak ijazah peserta didik, melainkan untuk mengolah nilai, dan telah kami siapkan pula hasil cetaknya, untuk turunan dalam menulis ijazah, karena ijazah sampai saat ini belum diberlakukan untuk dapat diketik.

Demikian kilas balik semoga materi Aplikasi Praktis Olah Nilai Ijazah SD/MI K-2006 Dan K-2013 dapat bermanfaat.

NB:

  1. Mohon maaf kalau memang materi ini akan dicopas silahkan sertakan link artikel ini (Wajib)
  2. Aplikasi yang kami bagikan murni saya buat [ lihat profil lengkapku ]
  3. Komentar yang bersifat membangun sangat kami harapkan
  4. Silahkan ikuti langkah perjuangan kami melalui media ini dengan cara tinggalkan email anda semua, dengan tujuan selalu dapat notifikasi ke email anda secara otomatis.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Praktis Olah Nilai Ijazah SD/MI K-2006 Dan K-2013"

Post a Comment

MERUPAKAN KEBAHAGIAAN BAGI DIRI KAMI , apabila anda berkomentar sesuai dengan topik pembahasan artikel langsung di bawah ini atau untuk berlangganan artikel silahkan tulis email anda !
Kritik, saran, serta masukan senantiasa kami nantikan