Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menentukan Usia Peserta Didik

Cara Mudah Menentukan Usia Peserta Didik

Cara Mudah Menentukan Usia Peserta Didik - Pada dasarnya, aplikasi dibangun untuk mengolah instruksi dari pengguna sebagai input dan mengeluarkan hasil yang diinginkan sebagai output. Sebagai contoh, pada aplikasi web browser Anda mengetikkan “Absensi Siswa” sebagai inputnya dan butuh beberapa detik saja informasi mengenai buku digital telah dihasilkan.  Dari contoh tersebut sudah dapat dibuktikan bahwa aplikasi memberikan kemudahan bagi banyak orang. Saat ini, banyak para pemrogram yang memamerkan aplikasi buatannya kepada publik.
Cara Mudah Menentukan Usia Peserta Didik
Cara Mudah Menentukan Usia Peserta Didik
Dewasa ini, telah banyak orang yang menggunakan aplikasi. Namun, masih sedikit orang yang memahami definisi dari aplikasi. Lantas, apakah definisi dari aplikasi? Kata Aplikasi diadopsi dari Bahasa Inggris “Application” yang berarti penggunaan, penerapan. Pengertian aplikasi secara lengkap adalah suatu penerapan perangkat lunak (software) yang dikembangkan untuk melakukan tugas tertentu.

Dalam pengembangannya, aplikasi dibedakan menjadi aplikasi desktop, aplikasi web dan aplikasi mobile. Aplikasi yang hanya dapat dijalankan di perangkat komputer/PC disebut aplikasi desktop. Suatu contoh materi yang saat ini kami bagikan secara gratis ini. Aplikasi yang dijalankan jika ada koneksi internet. Sedangkan aplikasi mobile adalah aplikasi yang dapat dijalankan di perangkat mobile. Suatu aplikasi dapat berjalan di berbagai perangkat dioperasikan oleh OS (Operating System) yang terdapat dalam perangkat tersebut.

Beberapa ciri-ciri yang menandakan kualitas dari aplikasi, yaitu aplikasi dapat memenuhi kebutuhan user, merespon instruksi dengan cepat, dapat berjalan di berbagai platform, dan membutuhkan resource (prosesor, memori, media penyimpanan) yang rendah.
Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli
Agar lebih memahami apa arti aplikasi, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. Hengky W. Pramana

Menurut Hengky W. Pramana, pengertian aplikasi adalah suatu perangkat lunak yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan berbagai aktivitas dan pekerjaan, misalnya; pelayanan masyarakat, aktivitas niaga, periklanan, game, dan berbagai aktivitas lainnya.

2. Harip Santoso

Menurut Harip Santoso, pengertian aplikasi adalah suatu kelompok file (report, class, form) yang dibuat untuk mengeksekusi kegiatan tertentu yang saling berhubungan, misalnya; aplikasi fixed asset dan aplikasi payroll.

3. Sri Widianti

Menurut Sri Widianti, arti aplikasi adalah suatu perangkat lunak yang dibuat sebagai front end sebuah sistem yang dipakai untuk mengelola data sehingga menjadi suatu informasi yang bermanfaat bagi pengguna.

4. Rachmad Hakim S.

Menurut Rachmad Hakim S, pengertian aplikasi adalah sebuah software yang dibuat untuk tujuan tertentu, misalnya; untuk mengolah dokumen, permainan (game), dan lain sebagainya.

5. Ali Zaki dan Smitdev Community

Menurut Ali Zaki dan Smitdev Community, pengertian aplikasi adalah suatu komponen yang bermanfaat sebagai media untuk mengoperasikan pengolahan data atau kegiatan lainnya, misalnya; membuat dan mengolah file atau dokumen.

Download juga:
  1. Aplikasi absensi/Daftar Hadir peserta didik Semua jenjang kelas
  2. Aplikasi Menentukan Maker Pegawai
  3. Permendikbud No 18 Thn 2019 Ttg Juknis BOS Terbaru

Pada dunia pendidikan aplikasi dapat pula digunakan sebagai bahan pengajaran. Misalnya, membuat penyajian materi dilengkapi animasi-animasi agar lebih menarik dengan menggunakan Microsoft Powerpoint. Dengan begitu, suasana pengajaran akan memberikan kenyamanan dan mencapai hasil lebih maksimal.
⏩ Aplikasi Data Usia Siswa.xlsx 
⏩ Aplikasi Data Usia Siswa Per Kelas.xls
Demikian kilas balik tentang penjelasan materi Cara Mudah Menentukan Usia Peserta Didik semoga dengan penjelasan ini hanyalah untuk menambah wawasan bagi pengunjung, sehingga kilas balik ini juga akan bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mudah Menentukan Usia Peserta Didik"