Format Daftar Nilai K13 Kelas 2 SD/MI Format Excel

Format Daftar Nilai K13 Kelas 2 SD/MI Format Excel

Format Daftar Nilai K13 Kelas 2 SD/MI Format Excel - Penilaian merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem pengajaran, sedangkan sistem pengajaran itu sendiri merupakan implemtasi kurikulum, sebagai upaya untuk menciptakan situasi belajar mengajar di kelas. Fungsi utama evaluasi atau penilaian di kelas adalah untuk menentukkan keberhasilan daya serap kompetensi siswa. Hasil-hasil yang dicapai langsung berhubungan dengan penguasaan tujuan-tujuan yang menjadi target.
Format Daftar Nilai K13 Kelas 2 SD/MI Format Excel
Format Daftar Nilai K13 Kelas 2 SD/MI Format Excel
Setelah adanya revisi kurikulum, maka pelaksanaan penilaian pada kurikulum 2013 lebih komplek apabila dibandingkan dengan penilaian di kurikum 2006. Dalam proses penilain kurtilas, seorang guru harus melakukan penilaian dari 4 aspek yaitu penilaian spiritual, penilaian sosial, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan.

Salah satu adaministrasi yang harus disediakan dalam penilaian adalah adanya buku daftar nilai atau sering akrab diistilahkan aplikasi daftar nilai. Buku daftar nilai atau aplikasi penilaian berfungsi sebagai dokumentasi nilai yang diperoleh siswa mulai Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester/Tahun (PAS/PAT). Karena hal itu merupakan hal yang baru, sehingga wajar apabila pendidik/guru sangat kesulitan mendapatkan buku penilaian kurtilas yang sesuai dengan kebutuhan.

Berdasarkan hal tersebut, maka kami sedikit berkreasi mencoba untuk membuat format buku  penilaian kurtilas yang dapat memenuhi kebutuhan admin secara pribadi sebagai seorang pendidik. Penilaian kurtilas ini berbasis tema karena dalam sistem pengajaran kurikulum 2013 di sekolah dasar dilaksanakan dalam bentuk tema, kecuali untuk pelajaran Pendidikan Agama Islam, muatan local, dan mata pelajaran matematika, serta Pendidikan jasmani dan olahraga.

Ada kesulitan tersendiri dalam pembuatan Buku Nilai Kurtilas ini. Salah satunya karena kebijakan pemangku kepentingan dalam pembuatan buku tematik yang tidak konsisten. Misalnya saja. dalam buku tematik kelas atas semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 , mata pelajaran Matematika dan Penjas orkes berada di luar muatan buku tematik. Namun di tahun pelajaran 2018/2019, mata pelajaran matematika kelas 4 dan 6 masuk kembali ke dalam unit mata pelajaran.

Pelaksanaan penilaian dalam kurikulum 2013 tidak jauh berbeda dengan penilaian kurikulum 2006 yaitu mencakup penilaian harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester. Penentuan bobot penilaian untuk tiap-tiap periode penilaian diserahkan kepada sekolah masing-masing. Namun dalam buku panduan penilaian SD kurikulm 2013 diberikan contoh pembobotan penilaian antara lain:

a. Penilaian Harian

Nilai untuk penilaian harian diperoleh melalui tes tulis, tes lisan dan perbuatan. Tidak mesti semua tehnik penilain dilaksanakan dalam satu KD, tapi tergantung situasi dan kondisi yang tersedia . Misalnya Kompetensi Dasar 3.1 Mapel PPKn diajarkan dalam Tema 1 Sub Tema 1, Sub Tema 2 Dan sub Tema 3. Maka bisa saja penilaian dilaksanakan sebagai berikut: Pada akhir Sub Tema 1 dilakukan penilaian secara lisan. Pada akhir Sub Tema 2 dilaksanakaan penilaian penugasan dan diakhir Tema 1 Sub Tema 3 dilksanaakan penilaian tertulis. Nilai akhir  rata-rata harian Kompetensi Dasar 3.1 merupakan hasil rata-rata dari nilai yang diperoleh tadi atau bisa juga dilakukan dengan sistem pembobotan seperti : 60% x nilai tes tulis + 40% x (nilai tes lisan + nilai tugas:2)

b. Penilaian Tengah Semester

Penilaian tengah semester dilaksanakan pada pertengahan semester. Mungkin tidak semua Kompetensi Dasar yang diajarkan di semester bersangkutan akan memiliki nilai tengah semester. Jika KD tersebut hanya diajarkan di buku tema 3, 4, 5 atau tema 8 dan 9 maka Kompetensi Dasar tersebut tidak akan memiliki nilai PTS.

c. Penilaian Akhir Semester/ akhir Tahun

Penilaian akhir semester atau akhir tahun dilaksanakan di akhir semester/tahun. Penilaian mencakup semua Kompetensi Dasar yang diajarkan di semester tersebut. Pembobotan penilaian untuk nilai akhir Kompetensi Dasar ditentukan sesuai kebijakan lembaga / sekolah yang bersangkutan. Namun sebagai rambu-rambu, dalam Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SD di berikan contoh pengolahan penilaian akhir Kompetensi Dasar. Pembobotannya antara lain:

a. Nilai akhir KD jika memiliki nilai PTS adalah = ((2 x NPH) + NPTS + NPAS) : 4
b. Nilai akhir KD yang tidak memiliki nilai PTS = ((2 x NPH ) + NPAS) ; 3
c. Nilai akhir untuk muatan pelajaaran  adalah nilai rata-rata dari nilai akhir KD.

Materi terkait:


Untuk penilaian kompetensi keterampilan, dalam Buku Paduan dijelaskan jika dalam satu Kompetensi Dasar (KD) dengan materi yang sama dilakukan 2 penilaian dengan tehnik yang sama (misal dalam KD 4.1 melakukan penilaian praktek 2 kali), maka diambil nilai tertinggi. Namun jika penilaian dilakukan dengan tekhnik yang berbeda (misal praktek, produk dan proyek), maka nilai akhir ditentukan dengan mencari rata-rata dari ketiga nilai tadi.

Demikian sekilas tentang penilaian dalam kurikulum 2013 sesuai Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 yang diterbitkan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Dirjen Dikdasmen Kemdikbud Republik Indonesia tahun 2016. Kembali kepada Buku Penilaian Harian Kurikulum 2013, bagi rekan-rekan yang membutuhkan format buku tersebut dapat mendownload di link di bawah ini:
Demikian ulasan singkat materi Format Daftar Nilai K13 Kelas 2 SD/MI Format Excel semoga membawa manfaat, dan membantu mempercepat serta mempermudah dalam melaksankan penilaian di kelas. Mohon maaf atas segala bentuk kekurangan bagikanlah apabila materi yang kami share ini bermanfaat, atau dapat pula langsung dibagikan pada media social di bawah ini.

Post a Comment for "Format Daftar Nilai K13 Kelas 2 SD/MI Format Excel"