Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pedoman Lomba Makalah Best Praktice Kepala Sekolah 2019

Pedoman Lomba Makalah Best Praktice Kepala Sekolah 2019

Pedoman Lomba Makalah Best Praktice Kepala Sekolah 2019 - Kepala Sekolah/Madrasah adalah guru yang mendapat tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah/Madrasah. Sebagai tenaga kependidikan, Kepala Sekolah/Madrasah merupakan pemimipin di Sekolah/Madrasah dan mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sebagai pendidik, Kepala Sekolah/Madrasah harus melaksanakan atau memberikan pelajaran atau mengajar bidang studi tertentu atau memberikan bimbingan. Tugas dan tanggung jawab Kepala Sekolah/Madrasah sangat penting sehingga hanya Kepala Sekolah/Madrasah yang memiliki kompetensi dan kreatifitas tinggi yang dapat mengemban tugas tersebut.
Pedoman Lomba Makalah Best Praktice Kepala Sekolah 2019
Pedoman Lomba Makalah Best Praktice Kepala Sekolah 2019
Lomba Penulisan Best Practice bagi Kepala Sekolah/Madrasah Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2016 Tingkat Nasional merupakan salah satu bentuk penghargaan dari pemerintah bagi Kepala Sekolah/Madrasah yang berhasil meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah/Madrasah dan di daerahnya. Melalui penghargaan tersebut diharapkan Kepala Sekolah/Madrasah dapat lebih meningkatkan motivasi dan profesionalisme Kepala Sekolah/Madrasah yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Pedoman ini diterbitkan untuk menjadi acuan bagi penyelenggara Lomba Penulisan Best Practice bagi Kepala Sekolah/Madrasah Pendidikan Dasar dan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2016.

Kami mengharapkan kerjasama dari semua pihak terkait agar pelaksanaan Lomba Penulisan Best Practice bagi Kepala Sekolah/Madrasah Pendidikan Dasar dan Menengah pada Tahun 2016 dapat lebih berkualitas baik penyelenggaraan maupun hasilnya. Sehingga upaya ini dapat mempercepat tercapainya standar mutu pendidikan nasional.

Tujuan diadakan lomba menyusun makalah Best Praktice

Pedoman Lomba Penulisan Best Practice Bagi Kepala Sekolah/Madrasah Tahun 2016 diterbitkan sebagai acuan dalam melaksanakan Lomba Penulisan Best Practice Bagi Kepala Sekolah/Madrasah Tingkat Nasional, sehingga Lomba Penulisan Best Practice Bagi Kepala Sekolah/Madrasah berjalan dengan transparan, terukur, dan akuntabel.

Istilah best practice mengandung arti “pengalaman terbaik” dari keberhasilan seseorang atau kelompok dalam melaksanakan tugas, termasuk dalam mengatasi berbagai masalah dalam lingkungan tertentu.

Best Practice Kepala Sekolah/Madrasah adalah pengalaman terbaik yang dimiliki kepala Sekolah/Madrasah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai kepala sekolah. Kepala sekolah/madrasah harus memiliki kompetensi: (a) kepribadian; (b) manajerial; (c) kewirausahaan; (d) supervisi; dan (e) sosial.

Wujud Best Practice kepala sekolah/madrasah adalah laporan tentang pengalaman terbaik dalam keberhasilan pelaksanaan tugas yang berkaitan dengan pelaksanaan tupoksi sebagai kepala sekolah.

Download juga:
Materi MPLS SD Terbaru Lengkap Dengan Juknisnya
Juknis Menyusun Makalah Best Practice Kepala Sekolah
Juknis Penyusunan Makalah Best Praktice Pengawas Sekolah
Suatu pengalaman dapat dikategorikan sebagai best practice karena memiliki pertanda khas sebagai berikut:

  1. mampu mengembangkan cara baru dan inovatif dalam mengatasi suatu masalah dalam pendidikan khususnya pembelajaran;
  2. mampu memberikan sebuah perubahan atau perbedaan sehingga sering dikatakan hasilnya luar biasa (outstanding result);
  3. mampu mengatasi persoalan tertentu secara berkelanjutan (keberhasilan lestari atau berlangsung lama) atau dampak dan manfaatnya berkelanjutan (tidak sesaat);
  4. mampu menjadi model dan memberi inspirasi dalam membuat kebijakan (pejabat) serta inspiratif perorangan, termasuk murid;
  5. cara dan metode yang digunakan bersifat ekonomis dan efisien.

Untuk selengkapnya download materinya berikut ini:
Demikian ulasan singkat materi tentang Pedoman Lomba Makalah Best Praktice Kepala Sekolah 2019 semoga dengan adanya pedoman ini, seorang Kepala Sekolah akan lebih dapat memahami yang disebut dengan Best Praktice.

Post a Comment for "Pedoman Lomba Makalah Best Praktice Kepala Sekolah 2019"