Buku Guru Buku Siswa SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Buku Guru Buku Siswa SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Buku Guru Buku Siswa SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru - Untuk yang kesekian kalinya materi buku Guru dan buku Siswa ini sering dibagikan di banyak media online, namun untuk mempermudah pengunjung menemukan materi ini, dengan kerendahan hati yang paling dalam kami melalui media ini juga untuk membagikannya.
Buku Guru Buku Siswa SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Buku Guru Buku Siswa SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Sehingga kiranya bapak/ibu guru SD/MI atau umumnya pengunjung waktu yang tepat, lokasi yang tepat dan dengan cara yang cepat mudah namun akurat setelah berkunjung di blog ini, karena cara downloadnya tidak usah pakai ribet tinggal 1 (satu) kali klik telah berhasil mendapatkan materi yang dibutuhkan. Gak Percaya buktikan saja !

Sedikit kami jelaskan tentang Buku guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 SD/MI yang kami bagikan ini hasil revisi tahun 2017 dan revisi tahun 2018 sudah barang tentu revisi 2018 adalah untuk buku guru dan siswa kelas 3 (tiga) dan Kelas 6 (enam).

Kedudukan dan Fungsi Buku Guru

Buku Guru  adalah panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Berikut ini penjelasan tentang fungsi buku guru.

a. Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa

Guru harus mempelajari terlebih dahulu Buku Guru. Guru harus menemukan informasi sebagai berikut.

1) Urutan acuan materi pelajaran yang dikembangkan dari Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar dari masing-masing muatan pelajaran, yang kemudian dipadukan  dalam satu tema tertentu.

2) Jaringan tema dari masing-masing tema yang berisi kompetensi dasar dan indikator dari masing-masing muatan pelajaran yang harus dicapai.

3) Pemilihan pembelajaran yang dikembangkan dari subtema dengan tujuan agar guru secara bertahap dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa.

b. Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran di Kelas

Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.

  1. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada setiap pilihan pembelajaran dari masing-masing subtema.
  2. Menjelaskan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar  guru sudah menyiapkan media-media pembelajaran yang diperlukan.
  3. Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut.
  4. Menjelaskan tentang teknik dan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
  5. Menjelaskan jenis lembar kerja yang sesuai dengan pilihan pembelajaran yang ada dalam Buku Siswa.

c. Penjelasan tentang Metode dan Teknik Pembelajaran  yang Digunakan dalam Proses Pembelajaran

Buku Guru memuat informasi tentang metode dan teknik pembelajaran yang digunakan sebagai acuan penyelenggaraan proses pembelajaran.

Buku Guru Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 [ Download ]
Buku Guru Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 [ Download ]
Buku Guru Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 [ Download ]
Buku Guru Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 [ Download ]
Buku Guru Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017 [ Download ]
Buku Guru Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 [ Download ]

Kedudukan dan Fungsi Buku Siswa

Buku Siswa dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.

Buku Siswa diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antar teman maupun dengan gurunya. Guru  dapat mengembangkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Di bawah ini dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswa yang dapat dirinci sebagai berikut.

a. Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran

Setiap subtema pada masing-masing buku memiliki beberapa pembelajaran sesuai dengan tema. Untuk berbagai kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa dibuat ikon-ikon yang melambangkannya, misalnya

b. Penghubung antara  Guru, Sekolah, dan Orang Tua

Pada setiap akhir pembelajaran ada bagian yang membutuhkan keterlibatan orang tua untuk membimbing anak dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Bagian ini bisa dilihat pada Buku Siswa dengan ikon tulisan“Kerjasama dengan Orang Tua”. Diharapkan  orang tua  berperan aktif mendukung siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

c. Lembar Kerja Siswa

Buku Siswa dapat berfungsi sebagai lembar kerja siswa, misalnya pada Buku Siswa terdapat kegiatan menulis maka siswa dapat mengerjakan langsung pada Buku Siswa.

d. Penilaian dan Portofolio

Di dalam Buku Siswa terdapat halaman-halaman berisi format yang dapat digunakan sebagai lembar kerja untuk dihimpun sebagai bahan portofolio yang dapat dijadikan sumber penilaian hasil pembelajaran.

e. Media Komunikasi antara Guru dan Siswa

Melalui proses pembelajaran dengan menggunakan Buku Siswa, guru dapat mengenal siswa lebih baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran. Guru dapat melihat perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.

f. Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa

Semua hasil pekerjaan yang dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran akan tertuang dalam Buku Siswa sehingga guru dan orang tua dapat melihat jejak belajar dan perkembangan kompetensi selama mengikuti proses pembelajaran pada masing-masing jenjang. Bagi siswa semua rekam jejak belajar tersebut berguna sebagai kenang-kenangan di kemudian hari.

g. Sebagai alat/instrumen pembantu bagi siswa dalam melakukan kegiatan refleksi diri terhadap kegiatan pembelajaran harian yang telah dilakukan.

  1. Buku Siswa Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 [ Download ]
  2. Buku Siswa Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 [ Download ]
  3. Buku Siswa Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 [ Download ]
  4. Buku Siswa Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 [ Download ]
  5. Buku Siswa Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017 [ Download ]
  6. Buku Siswa Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 [ Download ]

Demikian semoga materi Buku Guru Buku Siswa SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru ini sangat bermanfaat.

Post a Comment for "Buku Guru Buku Siswa SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru"