Buku Guru Mata Pelajaran Matematika K13 Kelas 4,5,6 SD/MI

Buku Guru Mata Pelajaran Matematika K13 Kelas 4,5,6 SD/MI

Buku Guru Mata Pelajaran Matematika K13 Kelas 4,5,6 SD/MI - Tujuan penyusunan Buku Guru pada kurikulum 2013 ini adalah memberikan acuan atau pedoman bagi guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran matematika di SD/MI kelas IV. Dalam buku ada bagian penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu kegiatan pembelajaran, penilaian, pengayaan dan remedial, serta interaksi guru dengan orang tua peserta didik.
Buku Guru Mata Pelajaran Matematika K13 Kelas 4,5,6 SD/MI
Buku Guru Mata Pelajaran Matematika K13 Kelas 4,5,6 SD/MI
Untuk memudahkan dalam penggunaan, seperti di buku siswanya buku ini terbagi ke dalam enam pelajaran sebagai berikut.

Materi Pelajaran 1 Pecahan

Pelajaran ini memuat materi pecahan, yang meliputi pengertian pecahan, pecahan senilai, pecahan sederhana, membandingkan dan mengurutkan pecahan, berbagai bentuk pecahan, pembulatan bilangan, dan menaksir operasi hitung dua bilangan.

Materi Pelajaran 2  Konsep Faktor dan Kelipatan Bilangan

Pelajaran ini memuat materi konsep faktor dan kelipatan bilangan, yang meliputi faktor dan kelipatan bilangan, bilangan prima, FPB dan KPK, dan permasalahan yang berkaitan dengan FPB dan KPK.

Materi Pelajaran 3 Pengukuran Panjang dan Berat 

Pelajaran ini memuat materi pengukuran panjang dan berat. Materi pengukuran panjang meliputi satuan baku panjang, operasi hitung yang melibatkan satuan panjang, dan pembulatan dan menaksir hasil pengukuran panjang ke satuan terdekat. Adapun materi pengukuran berat meliputi satuan baku berat, operasi hitung yang melibatkan satuan berat, dan pembulatan dan penaksiran hasil pengukuran berat ke satuan terdekat.

Materi Pelajaran 4 Keliling dan Luas Bangun Datar

Pelajaran ini memuat materi keliling dan luas bangun datar, yang meliputi segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan, keliling dan luas bangun datar (persegi, persegi panjang, dan segitiga), dan hubungan antargaris.

Materi Pelajaran 5  Statistika

Pelajaran ini memuat materi statistika, yang meliputi mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan menafsirkan sajian data.

Materi Pelajaran 6 Pengukuran Sudut

Pelajaran ini memuat materi pengukuran sudut yang meliputi mengenal, membandingkan dan mengukur sudut, selanjutnya mengukur sudut pada bangun datar dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengukuran sudut.
Download: Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4.pdf 
Sedangkan buku Pelajaran Matematika untuk kelas 5 SD sendiri sebenarnya  sudah terpisah dari tematik sejak keluarnya Permendikbud nomor 24 tahun 2016. Kemudian materi matematika pada tahun pelajaran berikutnya sudah terpisah dari tematik. Namun seiring berjalannya waktu, penyempurnaan-penyempurnaan untuk buku tematik pun dilakukan. Materi Matematika resmi dihapus dan berdiri sendiri sebagai mapel yang harus dipelajari di SD.

Hingga saat ini, buku yang beredar sudah murni pelajaran Matematika untuk kelas 5 SD. Adapun untuk materinya, lebih padat dibandingkan pada saat masih bersatu di-jus dengan pelajaran lain. Sebut saja untuk Materi Matematika awal pembelajaran ini, peserta didik diajarkan oprasi hitung pecahan. Operasi ini merupakan salah satu pelajaran yang berjenjang.

Baik pada KTSP maupun K13 materi pecahan menjadi salah satu dari materi yang diajarkan berjenjang. Hampir setiap tingkatan mengalami perkembangan. Mulai dari menyederhanakan pecahan, membandingkan, mengoperasikan, dan yang terakhir tentunyamenyelesaikan persoalan yang berhubungan dengan pecahan.

Pada materi mata pelajaran Matematika K13 kelas 5 tertuang sebagai berikut:

Bab I Penjumlahan  dan Pengurangan Pecahan
Bab II Perkalian dan Pembagian Pecahan
Bab III Perbandingan
Bab IV Skala
Bab V Bangun Ruang
Bab VI Jaring-Jaring Bangun Ruang
Bab VII Data

Dalam kelas 5, pecahan juga diajarkan di awal. Pada materi Matematika kelas 5 peserta didik diajari mengoperasikan pecahan. Ada dua operasi yang bakal diajarkan yakni operasi penjumlahan dan perngurangan, dan operasi perkalian dan pembagian pecahan.

Selain operasi pecahan, untuk Materi Matematika SD kelas 5 berikutnya adalah pangkat dan akar. Materi ini juga materi yang terus akan diajarkan hingga SMP maupun SMA. Dengan kata lain, sangat penting untuk peserta didik benar-benar memahami materi ini.

Selain operasi pecahan, untuk Materi Matematika SD kelas 5 berikutnya adalah pangkat dan akar. Materi ini juga materi yang terus akan diajarkan hingga SMP maupun SMA. Dengan kata lain, sangat penting untuk peserta didik benar-benar memahami materi ini.
Download: Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas 5.pdf 
Dengan berdasarkan revisi tahun 2017 terhadap Kurikulum 2013, mata pelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) dipisahkan dari Buku Tematik Terpadu. Kedua mapel tersebut dikeluarkan dari pembelajaran tematik terpadu di kelas atas SD/MI (Kelas IV s.d VI). Dan tentunya memiliki buku tersendiri untuk mata pelajaran Matematika dan PJOK.

Dengan Pemisahan mata pelajaran Matematika dari buku Tematik Terpadu dikarenakan siswa tidak akan mendapatkan konsep matematika secara mendalam jika masih terintegrasi dalam mapel Tematik Terpadu. Pada mata pelajaran PJOK yang memiliki karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dibandingkan mapel lainnya. 

Objek kajian mata pelajaran PJOK berupa gerak dengan pembelajaran yang banyak dilakukan melalui observasi, mencontoh atau menirukan, serta melatihkan secara berulang.

Matematika pada tingkat SD/MI kurikulum 2013 sudah berdiri sendiri (tidak termasuk tematik terpadu). Begitu juga buku guru dan buku siswa untuk pelajaran matematika SD/MI sudah terpisah dengan buku tematik terpadu. Pada jenjang SD/MI kurikulum 2013, alokasi waktu mata pelajaran matematika untuk kelas tinggi adalah 6 jam pelajaran per minggu bagi para pendidik yang mencari buku matematika untuk kelas 6 SD/MI, barangkali artikel yang kami bagikan ini dapat menjadi salah satu refrensi bapak/ibu guru kelas SD/MI daam mencari materinya. 

Adapun materi yang terkandung pada buku matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:
Bab I Bilangan Bulat
Bab II Operasi Hitung Campuran
Bab III Lingkaran
Bab IV Geometri Ruang
Bab V Statistika

Di dalam materi 5 bab tersebut telah dirangkum dalam sebuah buku matematika kelas 6 Kurikulum 2013 dengan link download/unduhan di bawah ini:
Download: Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas 6.pdf
Demikian dan terima kasih telah berkunjung semoga materi Buku Guru Mata Pelajaran Matematika K13 Kelas 4,5,6 SD/MI dapat bermanfaat, sedangkan untuk materi kelanjutnya silahkan ikuti terus update kami berikutnya. Atau dapat dengan mudah mendapatkan update tinggalkan email di kotak tersedia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buku Guru Mata Pelajaran Matematika K13 Kelas 4,5,6 SD/MI"

Post a Comment

MERUPAKAN KEBAHAGIAAN BAGI DIRI KAMI , apabila anda berkomentar sesuai dengan topik pembahasan artikel langsung di bawah ini atau untuk berlangganan artikel silahkan tulis email anda !
Kritik, saran, serta masukan senantiasa kami nantikan