Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Versi pdf dan Doc Daftar KI dan KD K13 SMP/MTs

Daftar KI dan KD K13 SMP/MTs

Daftar KI dan KD K13 SMP/MTs - Dengan diberlakukannya Permendikbud No. 24 Tahun  2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 ini maka ketentuan yang mengatur tentang Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Muatan Pembelajaran dalam Struktur Kurikulum, Silabus, Pedoman Mata Pelajaran, dan Pembelajaran Tematik Terpadu.
Daftar KI dan KD K13 SMP/MTs
Daftar KI dan KD K13 SMP/MTs
Dalam kurikulum 2013 tentu kita sering melihat dan mendengar tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar atau disingkat KI, KD. Nah tahukah anda sebenarnya apa itu ki, kd? nah pada kesempatan kali ini kita akan mengulas pengertiannya.

Sebelumnya kita tahu bersama bahwa kurikulum sekarang yang banyak digunakan dan berlaku adalah kurikulum 2013 revisi 2017 yang artinya sudah ada penyempurnaan dari tahun - tahun sebelumnya. Meskipun demikian, tak bisa dipungkiri bahwa masih juga banyak sekolah yang memakai kurikulum lama seperti KTSP.

Nah apa perbedaan mendasar antara KTSP dan Kurikulum 2013 atau K13? Secara sedeharana jika di KTSP yang menjadi pusat dalam pembelajaran adalah Guru, sedangkan di K13 adalah Siswa. Jadi seperti ini, di KTSP guru dianggap sebagai sentral pembelajaran jadi semua sumber pembelajaran berasal dari guru dan dalam prakteknya kebanyakan siswa hanya pasif mendengarkan materi yang disampaikan guru. Sedangkan di K13 sebaliknya, siswa dituntut lebih aktif dalam pembelajaran, bisa mencari materi selain dari guru dan juga tidak hanya pasif mendengarkan artinya siswa diharapkan terus aktif dalam kegiatan pembelajaran tersebut.

Kompetensi Inti adalah tingkat kemampuan siswa untuk mencapai suatu Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat, kelas atau program. Sedangkan, Kompetensi Dasar adalah kemampuan siswa untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. KD terdiri dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotorik ). 

Atau dengan istilah lain bahwa Kompetensi Dasar adalah kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar merupakan konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhati-kan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran, mengingat standar kompetensi lulusan harus dicapai pada akhir jenjang.

Rumusan Kompetensi Inti dalam buku ini menggunakan notasi: 1) KI-1 untuk Kompetensi Inti sikap spiritual, 2) KI-2 untuk Kompetensi Inti sikap sosial, 3) KI-3 untuk Kompetensi Inti pengetahuan (pemahaman konsep), 4) KI-4 untuk kompetensi inti keterampilan. Urutan tersebut mengacu pada urutan yang disebutkan dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa kompetensi terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Berikut ini adalah link download materi Daftar KI dan KD K13 SMP/MTs
Demikian penjelasan singkat materi Daftar KI dan KD K13 SMP/MTs semoga dengan penjelasan ini dapat menambah sedikit referensi rekan-rekan pendidik, dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan kami dalam menjelaskan. Kami siap menerima kritikan, saran serta masukan dari berbagai pihak dengan cara berkomentar yang sesuai dengan materi serta dengan kata sopan serta membangun.

Post a Comment for "Versi pdf dan Doc Daftar KI dan KD K13 SMP/MTs"