Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Absensi Siswa Versi Aplikasi Excel

Absensi Siswa Versi Aplikasi Excel

Absensi Siswa Versi Aplikasi Excel

Meskipun aplikasi absensi siswa sebenarnya sudah tersedia di dalam aplikasi – aplikasi lain, seperti terkoneksi dengan dapodik. Tetapi yang menjadi masalahnya apakah aplikasi tersebut dapat dikerjakan oleh masing-masing guru kelas di saat proses pembelajaran dan akhirnya banyak Sekolah/Madrasah menggunakan excel manual sehingga lebih efektif. Oleh karena itu diperlukan alternatif aplikasi membantu merekap kehadiran siswa yang bersifat harian agar bisa mencetak daftar hadir siswa di hari – hari pembelajarannya.

Absensi Siswa Versi Aplikasi Excel

Gambar Menu Awal Absensi Siswa Versi Aplikasi Excel

Demi kelancaran proses belajar mengajar dalam kelas maka kehadiran siswa merupakan hal yang sangat penting yang harus di catat oleh seorang guru dan setiap guru sebelum dimulai proses pembelajaran seringkali mengabsen siswanya terlebih dahulu.

Karena dengan menggunakan data absen inilah yang akan menjadi acuan penilaian. Namun dengan semakin berkembangnya kemajuan zaman aktifitas absensi sekarang lebih canggih jika dibandingkan dengan pada masa-masa terdahulu.

Absensi sekarang sudah menggunakan aplikasi tertentu yang nanti di dalamnya akan merekam semua data secara lengkap baik itu menggunakan aplikasi online ataupun ofline serta berbagai jeis absen yang dapat dipergunakan, tergantung kreatifikas masing-masing guru pula.

Salah satu aplikasi yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan absensi di kelas anda bisa menggunakan Aplikasi Absensi Siswa versi Excel ini dan atau absen manual secara tersusun pada buku absen.

Dengan menggunakan aplikasi ini di pastikan data dan rekapitulasi dari absensi akan lebih efektif dan kridibel. Bahkan di dalam aplikasi absensi ini sudah sudah dilengkapi dengan fitur-fitur lainnya seperti grafik kehadiran siswa.

Kebutuhan itu pun jelas harus terpenuhi guna melengkapi salah satu syarat Administrasi Guru Kelas maupun Guru Mata Pelajaran, dengan tujuan hasil akumulasi dari data kehadiran tersebut nantinya bisa dijadikan nilai tambah di raport siswa.

Saat ini memang banyak aplikasi absensi siswa offline, aplikasi absensi siswa online gratis, dan format absen siswa yang beragam. Tetapi, untuk aplikasi absensi siswa yang dapat digunakan dengan format abesensi siswa sesuai kebutuhan.

Banyaknya aplikasi absensi siswa excel gratis dan para guru dapat download aplikasi absensi siswa dengan format absensi siswa yang berbeda-beda, maka disarankan tetap menggunakan absensi (ketidakhadiran) yang paling dimengerti dan mudah dioperasikan oleh guru.

jika absensi siswa ini offline, maka guru bisa mengerjakan saat laptop offline pula. Beberapa aplikasi yang juga sudah banyak beredar, misalnya Absenku Profesional, Aplikasi Absen Android dan IOS, Aplikasi presensi online, Aplikasi daftar hadir online dan aplikasi absensi lainnya.

Sampai saat ini saya telah mencoba mengembangkan aplikasi dari versi excel guna memudahkan guru-guru kelas maupun mata pelajaran di sekolah yang saya ampu, sehingga aplikasi absensi ini dapat pula digunakan oleh sekolah yang membutuhkan secara gratis pula. Sebagai pertanggungjawaban dan legalitas pembuatan aplikasi absensi tersebut telah saya sertakan nomor telephone yang dapat dipergunakan bagi pengguna yang merasa butuh bantuan.

Jadi, Bapak/Ibu bisa memilih sesuai yang diinginkan dan yang mudah di operasikan dalam merekap kehadiran siswa ini menggunakan aplikasi excel. Aplikasi ini dapat dipergunakan untuk semua jenjang sekolah mulai dari PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK.

Aplikasi ini saya bagi menjadi 2 bagian yang terdiri dari absensi siswa pada semester I (Ganjil) dan absensi pada semester II (Genap). Oleh sebab itu silahkan download pada tautan berikut ini:

Aplikasi Absensi Kehadiran Harian Siswa Semester Ganjil [download]

Aplikasi Absensi Kehadiran Harian Siswa Semester Genap [download]

Demikian ulasan penjelasan singkat materi Absensi Siswa Versi Aplikasi Excel semoga bermanfaat, dan apabila tidak keberatan serta materi ini bermanfaat dipersilakan untuk membagikan pada media sosial yang bapak/ibu pergunakan. Terima kasih atas partisipasi dan kunjungannya.

Tag Khusus:

Post a Comment for "Absensi Siswa Versi Aplikasi Excel"