Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP 1 Lembar K13 Kelas 5 Semester 2 Lengkap

RPP 1 Lembar K13 Kelas 5 Semester 2 Lengkap

Seringkali kebijakan baru dalam bidang pendidikan dimaknai telah terjadi perubahan kurikulum, kenyatanya ini adalah suatu hal yang biasa terjadi. Karena kebijakan baru semata-mata bertujuan agar praktik pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan menjadi lebih efektif, baik, dan efisien. Atau dalam arti luasnya pendidik tidah hanya disibukkan dengan adanya melengkapi administrasinya.

RPP 1 Lembar K13 Kelas 5 Semester 2 Lengkap


Begitu juga dengan adanya inisiatif oleh Pak Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan "Merdeka Belajar", kebijakan penyusunan RPP 1 Lembar mempunyai maksud untuk membantu mengurangi beban guru dalam melengkapi bidang adminitrasi pembelajaran.


Pertimbangan dalam penyederhanaan RPP 1 lembar juga bertujuan agar guru bisa lebih fokus untuk mempersiapkan dan mengevalusai proses pembelajaran yang dilaksanakannya.


Intinya adalah RPP yang dulunya dapat mencapai berlembar-lembar dapat diringkas (diabstraksi) menjadi 1 (satu) lembar saja dengan memilah sesuai komponen RPP Inti (komponen yang harus ada). Adapun komponen lain dapat dilampirkan atau ditiadakan, karena bisa saja telah tersirat dan tersurat dalam komponen inti tersebut.

Hal itu juga telah dipertegas pada Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP menjelaskan bahwa RPP cukup 1 lembar saja atau satu halaman. Akan tetapi, bukan berarti tidak boleh lebih dari satu lembar. Jadi, komponen inti harus termuat dalam Lesson Plan atau rencana pelaksanaan pembelajaran. 


RPP versi terdahulu terdiri dari 13 komponen, tetapi sekarang RPP 1 Lembar hanya terdiri dari 3 (tiga) komponen, yaitu:

1. Komponen menentukan tujuan pembelajaran, 

2. Komponen proses pembelajaran (kegiatan), dan 

3. Komponen asesmen atau penilaian. 


Sedangkan komponen lainnya hanya sebagai pelengkap, tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk kepada kurikulum dan kebutuhan belajar peserta didik. 

Hal tersebut juga dapat Dilansir dari situs kemdikbud.go.id, RPP 1 Lembar bisa dibuat dengan singkat misalnya hanya satu halaman saja, dan tidak ada persyaratan jumlah halaman. Akan tetapi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) harus sesuai dengan prinsip penyederhanaan komponen. 


Penyederhanaan komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memiliki 3 (tiga) prinsip utama, yaitu:

1. efisien, 

Efisien mempunyai arti bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan tepat dan tidak memakan banyak waktu dan tenaga. 


2. efektif, dan 

Efektif berarti menulis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan maksud untuk mencapai tujuan pembelajaran. 


3. beriorientasi pada peserta didik. 

Berorientasi kepada peserta didik punya makna bahwa penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar peserta didik di kelas.

Dalam menulis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 Lembar tidak terdapat standar baku untuk format penulisan RPP, guru bebas memilih, membuat, mengembangkan, dan mempergunakan RPP sesuai tiga prinsip utama (efisien, efektif dan berorientasi pada murid) tersebut.

Namun, sebaiknya bagi guru pemula tetap mempelajari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan versi komponen lengkap, kemudian baru belajar meringkas menjadi RPP 1 Lembar.


Pengertian RPP 1 Lembar

Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 Lembar adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan pengembangan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.


Jenis RPP 1 (Satu) Lembar

Ada 3 jenis contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 (satu) lembar, yaitu :

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Daring, 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Luring, dan 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kombinasi (gabungan RPP daring dan luring). 


Berikut saya jelaskan jenis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar:


RPP Daring 1 Lembar

Daring merupakan singkatan dari kata "Dalam Jaringan". RPP 1 Lembar Daring adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran secara daring (online). Pelaksanaan pembelajaran secara daring membutuhkan koneksi internet agar dapat saling terhubung antara siswa dengan guru.

Contoh aktivitas pembelajaran daring (online) antara lain; siswa dan guru melakukan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran daring atau bantuan aplikasi Zoom, WhatsApp, Google Clasroom, Microsoft Teams, Google Meet.


RPP Luring 1 Lembar

RPP 1 Lembar Luring (Luar Jaringan) adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran secara luring (offline). Artinya, kegiatan pembelajaran luring dilaksanakan secara tatap muka atau pertemuan fisik secara langsung tanpa dengan bantuan teknologi jaringan internet.

Contoh kegiatan belajar secara luring seperti; Guru melakukan ulangan harian secara langsung kepada siswa di kelas; Guru memberikan materi pembelajaran secara tatap muka langsung.


RPP Kombinasi 1 Lembar

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 Lembar Kombinasi ialah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang merupakan gabungan dari daring dengan luring.


Cara Membuat RPP 1 Lembar

Ada tiga tahapan untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 (satu) lembar, adapun tiga tahapan tersebut antara lain sebagai berikut ini:


Mempersiapkan Bahan Pembelajaran

Tahapan pertama untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 Lembar adalah dengan menyiapkan Buku Guru Tematik, Buku Siswa Tematik, KKO (Kata Kerja Operasional).


Menyusun Kerangka RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 Lembar dibuat dengan mengacu pada Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yaitu:

• Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisiensi, efektif, dan berorientasi pada murid.

• Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkankomponen lainnya bersifat pelengkap.

• Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru (KKG)/ Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya bagi keberhasilan belajar murid.

• Adapun RPP yang telah dibuat guru dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan sesuai poin 1, 2, dan 3.


Dengan demikian, kerangka RPP harus termuat 3 komponen yakni tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, dan asesmen atau penilaian.


Pada kesempatan kali ini saya bagikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar intuk pembelajaran di satuan pendidikan masing-masing. 


Berikut tautan download RPP 1 Lembar K13 Kelas 5 Semester 2 Lengkap:

RPP 1 Lembar K13 Kelas 5 Tema 6 Lengkap

RPP 1 Lembar K13 Kelas 5 Tema 7 Lengkap

RPP 1 Lembar K13 Kelas 5 Tema 8 Lengkap

RPP 1 Lembar K13 Kelas 5 Tema 9 Lengkap

Demikian ulasan dan penjelasan singkat materi RPP 1 Lembar K13 Kelas 5 Semester 2 Lengkap semoga membawa kemudahan rekan-rekan pendidik, minimal dapat dipergunakan sebagai tembahan referensi. Mohon maaf apabila materi ini kurang sesuai, sehingga dapat disesuaikan sendiri.


Download materi terkait:

Post a Comment for "RPP 1 Lembar K13 Kelas 5 Semester 2 Lengkap"