Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Program Tahunan Kurikulum 2013 Bahasa Inggris SD/MI

Program Tahunan Kurikulum 2013 Bahasa Inggris SD/MI

Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh Kompetensi Dasar (KD) yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa.

Program Tahunan Kurikulum 2013 Bahasa Inggris SD/MI

Program Tahunan dipersiapkan dan dikembangkan sebelum tahun pelajaran karena Program Tahunan merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, seperti Program Semester (Promes), Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.

Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, berisi tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran.

Dan yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian.

Program tahunan memuat penjabaran alokasi waktu tiap-tiap standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk tiap semester dan tiap kelas selama satu tahun pelajaran. Program tahunan selanjutnya dijabarkan secara rinci pada program semester (Promes).


Langkah-langkah perancangan Program Tahunan:

  1. Menelaah jumlah tema dan subtema pada suatu kelas. 
  2. Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif pada kalender akademik. Hari-hari libur meliputi: jeda tengah semester, jeda akhir semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, hari libur khusus, kegiatan khusus satuan pendidikan.
  3. Menghitung jumlah Minggu Belajar Efektif (MBE) dalam satu tahun. 
  4. Mendistribusikan alokasi waktu Minggu Belajar Efektif (MBE) ke dalam subtema.


Komponen-komponen dalam menyusun Program Tahunan (Prota):

  • Identitas (antara lain Muatan/Mata Pelajaran, kelas, tahun pelajaran) 
  • Format isian (antara lain tema, subtema, dan alokasi waktu)

Dalam perkembangan dan pengkajian penyusunan Program Tahunan, terdapat beragam alternatif format program tahunan. Dengan demikian pendidik memiliki kebebasan dalam menentukan format program tahunan. 

Untuk melengkapi penjelasan di atas pada kesempatan kali ini telah kami siapkan materi Program Tahunan Kurikulum 2013 Bahasa Inggris SD/MI yang dapat dipergunakan sebagai tambahan referensi bagi bapak/ibu pendidik semua, dan berikut materi selengkapnya:

Demikian ulasan singkat materi Program Tahunan Kurikulum 2013 Bahasa Inggris SD/MI semoga menambah referensi materi terutama dalam melengkapi administrasi pembelajaran di satuan pendidikan bapak/ibu semuanya.


Mohon maaf atas berbagai kekurangan, kesalahan, serta ketidak lengkapnya penjelasan dari kami.


Materi penting lainnya:

Program Semester Mulok Bahasa Inggris K13 SD/MI

RPP Bahasa Inggris Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD Kurikulum 2013

KKM K-13 Kondisi Khusus Kelas 1 S/D Kelas 6 SD/MI Terbaru 21

KI dan KD Mulok Bahasa Inggris SD/MI

KKM Mulok Bahasa Inggris Kelas 1 s-d Kelas 6 SD/MI

Post a Comment for "Program Tahunan Kurikulum 2013 Bahasa Inggris SD/MI"

close