Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KI dan KD Mulok Bahasa Inggris SD/MI Terlengkap

KI dan KD Mulok Bahasa Inggris SD/MI Terlengkap

Bahasa Inggris terintegrasi dengan PLBJ merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis tentang lingkungan sosial, lingkungan alam dan lingkungan budaya Jakarta. Berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya. 

KI dan KD Mulok Bahasa Inggris SD/MI Terlengkap

Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan bermasyarakat. 

Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterarnpilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu berkomunikasi dan berwacana dalam Bahasa Inggris pada tingkat literasi tertentu.

Tingkat literasi mencakup performative, functional, informational, dan epistemic. Pada tingkat performative, orang mampu membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan. Pada tingkat functional, orang mampu menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk.

Sehubungan dengan hal tersebut, perlu ditetapkan kompetensi Inti dan kompetensi dasar bahasa Inggris bagi SD/MI yang menyelenggarakan mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai Muatan Lokal. Kompetensi lulusan  SD/MI tersebut selayaknya merupakan kemampuan yang bermanfaat dalam rangka menyiapkan lulusan untuk belajar Bahasa Inggris di tingkat SMP/MTs. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan berinteraksi dalam Bahasa Inggris untuk menunja.ng kegiatan kelas dan sekolah.

Pendidikan Bahasa Inggris yang terintegrasi dengan mata pelajaran PLBJ di SD/MI dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa yang digunakan untuk menyertai tindakan atau language accompanying action yang diintergarasikan dengan PLBJ. Bahasa Inggris digunakan untuk interaksi dan bersifat "here and noun'. Topik pembicarannya berkisar pada hal-hal yang ada dalam konteks situasi seperti my classroom, my friend and I, home, animal dll. 

Untuk mencapai kompetensi ini, peserta didik perlu diajarkan dan dibiasakan dengan berbagai ragam pasangan bersanding (adjacency pairs) yang merupakan dasar menuju kemampuan berinteraksi yang lebih kompleks. Dalam pelajaran bahasa Inggris ini siswa diharapkan dapat menyampaikan hal-hal yang berkaitan.

Download Juga: Aplikasi KKM Bahasa Inggris SD/MI Lengkap

Selengkapnya dan untuk memperjelas berkaitan dengan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) mata Pelajaran Bahasa Inggris berikut kami bagikan secara lengkap mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 SD/MI.

KI dan KD Mulok Bahasa Inggris Kelas 1 SD/MI

KI dan KD Mulok Bahasa Inggris Kelas 2 SD/MI

KI dan KD Mulok Bahasa Inggris Kelas 3 SD/MI

KI dan KD Mulok Bahasa Inggris Kelas 4 SD/MI

KI dan KD Mulok Bahasa Inggris Kelas 5 SD/MI

KI dan KD Mulok Bahasa Inggris Kelas 6 SD/MI

Demikian ulasan singkat materi KI dan KD Mulok Bahasa Inggris SD/MI Terlengkap semoga bermanfaat.

Post a Comment for "KI dan KD Mulok Bahasa Inggris SD/MI Terlengkap"

close