Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kupas Tuntas Aplikasi Pelaporan BOS Reguler 21

Kupas Tuntas Aplikasi Pelaporan BOS Reguler 21

Banyak orang mengatakan bahwa menyusun pelaporan keuangan memang sulit, namun hal itu karena barangkali yang belum pasti memahami tingkat kecanggihan teknologi saat ini.

Kupas Tuntas Aplikasi Pelaporan BOS Reguler 21


Karena yang terpenting dalam menyusun pelaporan keuangan kita perlu belajar lebih detail office excel yang di dalamnya terdapat beberapa fitur yang sangat bermanfaat untuk menyusun pelaporan juga.

Dalam hal penyusunan Pelaporan BOS Reguler telah kami persiapkan aplikasi yang sederhana, namun setelah kami pergunakan ternyata hasilnya sangat lumayan, karena hanya cukup mengisi pada sheet Buku Kas Umum (BKU) serta sedikit klik nominal pungutan pajaknya.

Aplikasi yang saya buat telah mengacu pada Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021 - Juknis BOS Reguler. Namun beberapa pelaporan BOS Reguler tahun 2021 ini berpedoman pada 3 (tiga) dasar hukum; 1) Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021 - Juknis BOS Reguler, 2) Peraturan Menteri Dalam Negeri, serta Peraturan daerah (Perda).

Yang menjadi titik permasalahan adalah adanya Peraturan Daerah (Perda), sehingga di masing-masing daerah telah menerbitkan Kode Rekening Belanja, oleh sebab itulah kendala pada penyusun Aplikasi Pelaporan BOS tidak dapat secara maksimal dipergunakan di seluruh wilayah/daerah.

Sahabat setia, serta bapak/ibu Kepala Sekolah, Bendahara Sekolah, sampai dengan Operator yang biasanya disusun sebelum menyusun Pelaporan Penggunaan dana BOS adalah Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) dan RKAS ini sebagian menggunakan Aplikasi Online ARKAS, dan ada pula yang masih menggunakan RKAS manual.


Download: Aplikasi RKAS Manual Tahun Anggaran 2021


Setelah mengetahui macam belanja yang akan dibelai dengan membaca RKAS, maka langkah berikutnya menyusun pelaporan penggunaan dana dengan sebuah aplikasi yang sampai saat ini juga belum ada kesamaan dari seluruh wilayah Indonesia, sehingga langkah yang paling tepat adalah membuat aplikasi sendiri bahkan dapat dipergunakan oleh orang lain, sembari menunggu aplikasi yang resmi dirilis oleh Kementerian (kalau dibuatkan).

Download: Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Tahun 2021

Dari beberapa penjelasan di atas semoga dapat mengingatkan kita semua, bahwa dalam menyusun pelaporan tersebut menggunakan aplikasi, sehingga akan lebih mudah. 


Materi Penyusunan Pelaporan BOS Reguler yang kami tuangkan dalam sebuah aplikasi format excel sederhana tersebut telah kami rilis beberapa waktu, namun bagi yang masih penasaran berkaitan dengan tutorial manualnya dapat unduh di sini

Download: Kupas Tuntas Aplikasi Pelaporan BOS Reguler 21

Sekian ulasan singkat penjelasan Kupas Tuntas Aplikasi Pelaporan BOS Reguler 21 semoga bermanfaat.



Post a Comment for "Kupas Tuntas Aplikasi Pelaporan BOS Reguler 21"