Ringkasan KI dan KD Bahasa Indonesia K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD-MI Kondisi Khusus

KI dan KD Bahasa Indonesia K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD-MI Kondisi Khusus

Keputusan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Nomor 018/H/KR/2020 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah Berbentuk Sekolah Menengah Atas Untuk Kondisi Khusus.
Ringkasan KI dan KD Bahasa Indonesia K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD-MI Kondisi Khusus
Ringkasan KI dan KD Bahasa Indonesia K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD-MI Kondisi Khusus
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”.

Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Inti (KI) adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar.

Kompetensi inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki oleh peserta didik yang dinyatakan telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu.

Kompetensi Inti mencakup empat dimensi yang mencerminkan : (1) sikap spiritual; (2) sikap sosial; (3) pengetahuan; (4) dan keterampilan.

Keempat dimensi tersebut dirancang sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran, atau program dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.

Kompetensi yang berkaitan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching), yaitu pada saat peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan atau keterampilan (kompetensi Inti kelompok 4).

Kompetensi Dasar (KD) adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran.

Kompetensi dasar berisi sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu, sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.
Di dalam setiap rumusan Kompetensi Dasar, terdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja dan materi.

Kompetensi Dasar berisi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik.

Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, dan ciri suatu mata pelajaran

Materi yang kami bagikan ini merupakan rangkaian materi Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Penelitian Pengembangan dan Perbukuan Nomor 018/H/KR/2020 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Berbentuk Menengah Atas Untuk Kondisi Khusus Download disini

Namun karena banyaknya materi yang campuran, maka dengan sedikit kami edit akhirnya kami pisah-pisah menjadi masing-masing mata pelajaran.
Download Juga: RPP BDR K-2013 Kelas 1 Tema 1 Lengkap
KI dan KD Bahasa Indonesia K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD-MI Kondisi Darurat format Words sebagai berikut:
KI dan KD Bhs Indonesia Kondisi Khusus Kelas 1 SD-MI.docx
KI dan KD Bhs Indonesia Kondisi Khusus Kelas 2 SD-MI.docx
KI dan KD Bhs Indonesia Kondisi Khusus Kelas 3 SD-MI.docx
KI dan KD Bhs Indonesia Kondisi Khusus Kelas 4 SD-MI.docx
KI dan KD Bhs Indonesia Kondisi Khusus Kelas 5 SD-MI.docx
KI dan KD Bhs Indonesia Kondisi Khusus Kelas 6 SD-MI.docx

KI dan KD Bahasa Indonesia K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD-MI Kondisi Darurat format PDF sebagai berikut:
KI dan KD Bhs Indonesia Kondisi Khusus Kelas 1 SD-MI.pdf
KI dan KD Bhs Indonesia Kondisi Khusus Kelas 2 SD-MI.pdf
KI dan KD Bhs Indonesia Kondisi Khusus Kelas 3 SD-MI.pdf
KI dan KD Bhs Indonesia Kondisi Khusus Kelas 4 SD-MI.pdf
KI dan KD Bhs Indonesia Kondisi Khusus Kelas 5 SD-MI.pdf
KI dan KD Bhs Indonesia Kondisi Khusus Kelas 6 SD-MI.pdf

Terima kasih atas waktunya untuk mempelajari materi KI dan KD Bahasa Indonesia K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD-MI Kondisi Darurat semoga bermanfaat.

Keterangan khusus:

Sekali lagi kami ingatkan bahwa untuk mempermudah pencarian materi pada media yang kami kelola ini adalah gunakan fasilitas menu navigasi pada bagian atas artikel atau menggunakan menu label yang telah kami persiapkan di sebelah kanan artikel ini. Atau lanjutkan untuk menyimak berikut ini:

1.Menu Surat Dinas

Pada menu surat Dinas ini merupakan bagian menu untuk pencarian materi yang berhubungan dengan surat menyurat di satuan pendidikan.

2. Administrasi PBM

Menu Administrasi PBM ini kami bagi menjadi, Adm PAUD/TK, Adm SD/MI, Adm SLTP, Adm SLTA

3. Menu Soal

Pada menu soal ini terdiri dari Soal SD/MI, Soal SLTP, Soal SLTA, Soal Lainnya

4. Menu navigasi Buku

Menu ini merupakan menu untuk menemukan materi yang berkaitan dengan buku-buku pelajaran atau buku pengayaan lainnya.

5. Menu Navigasi juknis

Menu juknis ini dikandung maksud sebagai materi pencarian yang berhubungan dengan juknis-juknis.

6. Menu Navigasi Aplikasi

Pada menu navigasi aplikasi ini merupakan lokasi materi yang berhubungan dengan aplikasi-aplikasi

7. Menu navigasi download

Pada menu tersebut merupakan bagian menu untuk materi alternatif, artinya barangkali materi yang kami bagikan bukan merupakan materi-materi yang ada pada navigasi-navigasi tersebut di atas.

Terima kasih telah berkunjung semoga anda nyaman, serta dapat mendapatkan materi yang anda inginkan.


Post a Comment for "Ringkasan KI dan KD Bahasa Indonesia K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD-MI Kondisi Khusus"