Model Penilaian Karakter Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA

Model Penilaian Karakter Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA

Pembangunan karakter bangsa merupakan sebuah kebutuhan dalam proses berbangsa, karena hanya bangsa yang memiliki karakter dan jati diri yang kuat akan menjadi bangsa yang besar dan bermartabat. Oleh sebab itu pembangunan karakter bangsa yang diimplementasikan di sekolah dalam bentuk pendidikan karakter merupakan upaya untuk membantu peserta didik mengenal, menyadari dan menghayati aspek-aspek sosial, moral, etika, yang dapat dijadikan acuan dalam bersikap dan berperilaku.
Model Penilaian Karakter Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA
Model Penilaian Karakter Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA
Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan nasional untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. 

Pemerintah telah menetapkan implementasi pendidikan karakter sejak tahun 2011, yang terus diintensifkan dengan terbitnya Perpres No. 87 Tahun 2017, tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Sejalan dengan pelaksanaan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di sekolah, diperlukan bahan yang memberi wawasan kepada pendidik dan sekolah dalam melakukan penilaian karakter. 

Buku Penilaian Karakter disusun untuk membantu pendidik dan sekolah dalam melakukan penilaian karakter peserta didik dengan tujuan memantau, mengembangkan dan menguatkan karakter. Oleh karena lingkup karakter yang luas, dalam buku ini diberikan contoh bagaimana suatu karakter dapat dinilai dengan menggunakan indikator perilaku. Buku ini diharapkan memberi inspirasi bagaimana penilaian karakter yang bermanfaat dapat dilakukan. 
Sekolah dapat menggunakan contoh yang diberikan buku ini atau mengembangkan dan menyusun pedoman penilaian karakter yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan situasi sekolah.

Sesuai daftar isi yang terdapat pada materi ini meliputi:
• Pendidikan Karakter
• Penilaian Karakter
• Tujuan dan Ruang Lingkup Penilaian Karakter 
• Pengertian Karakter 
• Prinsip Penilaian Karakter  
• Komponen Karakter : Aspek/Nilai Utama dan Indikator Perilaku  
• Penilaian Karakter Secara Umum  
• Penilaian Karakter yang Ditentukan Sekolah  
• Pelaporan Penilaian Karakter  

Contoh Rubrik Karakter 

• Jenjang SD/MI Kelas 1 – 3  
• Jenjang SD/MI Kelas 4 – 6  
• Jenjang SMP/MTs Kelas 7 – 9  
• Jenjang SMA/SMK/MA Kelas 10 – 12

Program PPK didasari oleh filosofi pendidikan karakter Ki Hajar Dewantara, yang berkaitan dengan olahhati (etik), olah pikir (literasi), olah rasa (estetik), dan olahraga (kinestetik). Olah hati meliputi kerohanian mendalam; olah pikir meliputi keunggulan akademis sebagai hasil pembelajaran dan pembelajar sepanjang hayat; olah rasa meliputi integritas moral, rasa berkesenian, dan berkebudayaan; dan olahraga meliputi sehat dan mampu berpartisipasi aktif sebagai warga negara. 
Download juga: LKS Paket 1,2,3 Pendukung Belajar Di Rumah Kelas 1-2-3 SD-MI
Penguatan Pendidikan Karakter dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter terutama meliputi nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggungjawab. Delapan belas nilai tersebut dapat dikristalisasi menjadi lima nilai utama karakter yaitu: (1) religius, (2) nasionalis, (3) mandiri, (4) integritas, dan (5) gotong royong.

Selengkapnya silahkan dibaca-baca terlebih dahulu pada review filenya berikut ini.



Demikian ulasan singkat materi Model Penilaian Karakter Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA semoga bermanfaat.

Keterangan khusus:

Sekali lagi kami ingatkan bahwa untuk mempermudah pencarian materi pada media yang kami kelola ini adalah gunakan fasilitas menu navigasi pada bagian atas artikel atau menggunakan menu label yang telah kami persiapkan di sebelah kanan artikel ini. Atau lanjutkan untuk menyimak berikut ini:

1.Menu Surat Dinas

Pada menu surat Dinas ini merupakan bagian menu untuk pencarian materi yang berhubungan dengan surat menyurat di satuan pendidikan.

2. Administrasi PMB

Menu Administrasi PBM ini kami bagi menjadi, Adm PAUD/TK, Adm SD/MI, Adm SLTP, Adm SLTA

3. Menu Soal

Pada menu soal ini terdiri dari Soal SD/MI, Soal SLTP, Soal SLTA, Soal Lainnya

4. Menu navigasi Buku

Menu ini merupakan menu untuk menemukan materi yang berkaitan dengan buku-buku pelajaran atau buku pengayaan lainnya.

5. Menu Navigasi juknis

Menu juknis ini dikandung maksud sebagai materi pencarian yang berhubungan dengan juknis-juknis.

6. Menu Navigasi Aplikasi

Pada menu navigasi aplikasi ini merupakan lokasi materi yang berhubungan dengan aplikasi-aplikasi

7. Menu navigasi download

Pada menu tersebut merupakan bagian menu untuk materi alternatif, artinya barangkali materi yang kami bagikan bukan merupakan materi-materi yang ada pada navigasi-navigasi tersebut di atas.

Terima kasih telah berkunjung semoga anda nyaman, serta dapat mendapatkan materi yang anda inginkan.



Post a Comment for "Model Penilaian Karakter Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA"