Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Juklak Lomba KSN Tingkat SD Tahun 2020 Lengkap Soal Terbaru

Juklak Lomba KSN Tingkat SD Tahun 2020 Lengkap Soal Terbaru

Tujuan umum KSN-SD Tahun 2020 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, mandiri dan gotong royong. 
Juklak Lomba KSN Tingkat SD Tahun 2020 Lengkap Soal Terbaru
Juklak Lomba KSN Tingkat SD Tahun 2020 Lengkap Soal Terbaru

Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuh kembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Tujuan khusus KSN-SD Tahun 2020 adalah sebagai berikut:
  1. Menyediakan wahana bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya;
  2. Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik;
  3. Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari;
  4. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika dan IPA di SD dan atau yang sederajat;
  5. Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan. 
  6. Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.


Bidang yang dilombakan dalam KSN-SD Tahun 2020 adalah:

Bidang yang dilombakan dalam KSN-SD Tahun 2020 adalah Mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPS). Dengan tema “Kompetisi Sains Nasional Mewujudkan Generasi Cerdas, Berkarakter, Tangguh dan Adaptif terhadap Perubahan”


PESERTA KSN-SD TINGKAT NASIONAL

Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI). 

Peserta adalah peserta didik SD dan atau yang sederajat serta telah lolos seleksi KSN-SD tingkat provinsi dan dibuktikan dengan Surat Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Dasar.

Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada KSN-SD tingkat nasional tahun sebelumnya baik pada bidang yang sama maupun bidang yang berbeda. 

Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya. 

Peserta KSN-SD tingkat nasional berjumlah 136 peserta didik untuk bidang Matematika dan 136 peserta didik untuk bidang IPA berdasarkan ketentuan sebagai berikut:
  • Sejumlah 68 peserta didik berdasarkan peringkat nasional hasil seleksi tingkat provinsi dengan jumlah maksimal setiap provinsi sebanyak 3 peserta didik. 
  • Sejumlah 2 peserta didik wakil masing-masing provinsi diambil dari peringkat tertinggi provinsi.

Oleh karena itu, setiap provinsi dapat diwakili oleh minimal 2 peserta didik dan maksimal 5 peserta didik untuk masing-masing bidang studi berdasarkan hasil penilaian seleksi tingkat provinsi.

PENDAMPING

Pendamping KSN-SD tingkat nasional berjumlah 3 orang terdiri atas: 

a  Ketua tim berjumlah 1 orang, yaitu berasal dari unsur dinas pendidikan provinsi. Ketua tim bertanggung jawab terhadap seluruh anggota tim yang dipimpinnya dan bertindak sebagai penghubung antara panitia pelaksana dan anggota tim. 

b  Pembina berjumlah 2 orang, yaitu 1 orang pembina bidang Matematika dan 1 orang pembina bidang IPA yang ditunjuk oleh kepala dinas pendidikan provinsi. Pembina yang dimaksud adalah mereka yang terlibat dalam pembinaan peserta KSN-SD di tingkat provinsi dan mampu melakukan moderasi dengan tim juri.

Prosedur Seleksi 

Seleksi dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi. 

Seleksi tingkat Kecamatan 

Seleksi dilaksanakan oleh koordinator wilayah kecamatan/ UPTD/satuan pelayanan yang menangani bidang pendidikan pada tingkat kecamatan.
Rekomendasi Juga: Juknis FLS2 N SD/SMP Secara Daring Tahun 2020
Peserta seleksi tingkat kecamatan adalah peserta didik kelas IV atau V SD dan atau yang sederajat dengan usia maksimal 13 tahun pada 31 Juli 2020 dan memenuhi persyaratan sebagai berikut: 
  1. Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI); 
  2. Peserta memiliki kompetensi di bidang Matematika atau IPA; 
  3. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada KSN – SD tingkat nasional tahun sebelumnya baik pada bidang yang sama maupun bidang yang berbeda. 
  4. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya. 
  5. Peserta diusulkan oleh sekolah untuk mengikuti proses seleksi di tingkat kecamatan. Sekolah hanya mengirimkan 1 (satu) peserta untuk bidang Matematika dan/atau 1 (satu) peserta untuk bidang IPA.

Seleksi tingkat kecamatan menentukan masing-masing 3 (tiga) orang peserta didik terbaik tiap bidang (Matematika dan IPA) untuk dikirim pada seleksi KSN tingkat kabupaten/ kota.

Membuat surat keputusan pemenang yang ditandatangani oleh: 
  • a Kepala UPTD, atau 
  • b Koordinator wilayah kecamatan/ satuan pelayanan yang menangani bidang pendidikan pada tingkat kecamatan dan diketahui oleh camat setempat, apabila satuan pelayanan UPTD tidak ada di daerah tersebut. 


Surat keputusan tersebut dikirimkan kepada kepala dinas pendidikan kabupaten/kota.

Seleksi Tingkat Kabupaten/Kota 

Seleksi tingkat kabupaten/kota dilaksanakan secara serentak pada bulan Februari 2020; 

Peserta seleksi tingkat kabupaten adalah wakil dari hasil seleksi tingkat kecamatan; 

Peserta seleksi tingkat kabupaten/kota adalah peserta didik SD dan atau yang sederajat yang masih duduk di kelas IV atau V dengan usia maksimal 13 tahun pada 31 Juli 2020 dan memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  1. Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI); 
  2. Peserta memiliki kompetensi di bidang Matematika atau IPA;
  3. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada KSN-SD tingkat nasional tahun sebelumnya baik pada bidang yang sama maupun bidang yang berbeda; 
  4. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya.

Peserta seleksi tingkat kabupaten/kota adalah tiga orang peserta terbaik bidang Matematika dan tiga orang peserta terbaik bidang IPA hasil seleksi tingkat kecamatan yang ditunjukkan dengan surat keputusan pemenang yang telah ditetapkan dan ditandatangani oleh pejabat terkait. 

Kegiatan seleksi KSN-SD tingkat kabupaten/kota dilaksanakan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota dengan menggunakan naskah soal seleksi yang disusun oleh tim pusat yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dinas pendidikan provinsi bertanggung jawab: 

a menerima dan menjaga kerahasiaan naskah soal dari tim pusat 
b berkoordinasi dengan dinas pendidikan kabupaten/ kota. 

Dinas pendidikan kabupaten/kota bertanggung jawab:
  1. mengambil naskah soal KSN dari dinas pendidikan provinsi, 
  2. menggandakan naskah soal sebanyak jumlah peserta, 
  3. menjaga kerahasiaan naskah soal selama proses seleksi, 
  4. menyelenggarakan seleksi KSN tingkat kabupaten/ kota sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan, 
  5. menetapkan tim korektor independen yang terdiri dari unsur MGMP/ Lembaga Pendidikan, 
  6. mendelegasikan proses koreksi dan penetapan ranking peserta pada tim korektor, 
  7. menetapkan 3 (tiga) peserta terbaik bidang Matematika dan tiga peserta terbaik bidang IPA yang ditunjukkan dengan surat keputusan kepala dinas pendidikan kabupaten/kota untuk mengikuti seleksi KSN tingkat provinsi. 
  8. mengirimkan rekap nilai hasil seleksi, hasil pindai (scan) lembar jawaban peserta, dan Surat Keputusan (SK) pemenang KSN tingkat kabupaten/kota ke dinas pendidikan provinsi. 


Seluruh pendanaan kegiatan seleksi dibebankan pada dana APBD kabupaten/kota;


Rambu-rambu tes seleksi untuk setiap bidang adalah:

1. Mata pelajaran Matematika dengan alokasi waktu 60 menit
   • Set soal Matematika disesuaikan dengan materi Matematika kelas IV, V, VI dan beberapa soal             pengembangan lainnya. Set tersebut memuat maksimal 25% soal berbahasa Inggris.
   • Soal Matematika terdiri dari 20 soal isian singkat (IS) 
   • Penilaian: Nilai total 100, yaitu: Jumlah 20 IS x 5 poin = 100

2. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan alokasi waktu 60 menit
  • Set soal IPA disesuaikan dengan materi IPA kelas IV, V, VI dan beberapa soal pengembangan lainnya. Set tersebut memuat maksimal 25% soal berbahasa Inggris.
  • Soal IPA terdiri dari 30 soal pilihan ganda (PG)
  • Penilaian : Nilai total 30, yaitu: Jumlah 30 PG x 1 poin = 30


Seleksi Tingkat Provinsi 

  • Seleksi tingkat provinsi dilaksanakan pada bulan April 2020, dengan ketentuan sebagai berikut: 
  • Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar menunjuk tim independen untuk menyiapkan naskah soal dan melakukan penilaian;
  • Pelaksanaan seleksi dilaksanakan oleh dinas pendidikan provinsi dan berkoordinasi dengan LPMP setempat; 
  • Setiap kabupaten/kota diwakili oleh 3 (tiga) orang peserta didik untuk bidang Matematika dan 3 (tiga) orang peserta didik untuk bidang IPA sebagai hasil seleksi tingkat kabupaten/kota yang dibuktikan dengan surat keputusan kepala dinas pendidikan kabupaten/kota; 
  • Setiap provinsi membuat Surat Keputusan peserta seleksi KSN-SD Tingkat Provinsi berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Kabupaten/Kota dan dikirim ke Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar paling lambat tanggal 15 Maret 2020. 

Peserta seleksi tingkat provinsi adalah peserta didik SD dan atau yang sederajat baik negeri maupun swasta yang masih duduk di kelas IV atau V dengan usia maksimal 13 tahun pada 31 Juli 2020 dan memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  • Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI); 
  • Peserta memiliki kompetensi di bidang Matematika atau IPA; 
  • Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada KSN – SD tingkat nasional tahun sebelumnya baik pada bidang yang sama maupun bidang yang berbeda. 
  • Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya.

Transportasi dan akomodasi peserta menuju ibu kota provinsi (lokasi seleksi) dibebankan kepada APBD kabupaten/kota atau APBD provinsi. 

Kepala dinas pendidikan provinsi membentuk panitia Seleksi KSN-SD Tingkat Provinsi dengan tugas sebagai berikut: 
  • Melakukan koordinasi dan kerjasama dengan panitia seleksi tingkat kabupaten/kota, dan panitia pusat. 
  • Menetapkan dan menyiapkan tempat penyelenggaraan seleksi tingkat provinsi. 
  • Membentuk tim pembina tingkat provinsi yang berasal dari perguruan tinggi, LPMP, pengawas atau guru untuk pembinaan peserta ke KSN tingkat nasional. 
  • Biaya seleksi di tingkat provinsi dibebankan kepada dana APBD provinsi.


Dst ......................

Terlebih dahulu silahkan download Juklah KSN Tahun 2020.pdf 

Contoh Soal KSN Mapel IPA Tingkat SD Tahun 2020

  1. Contoh Soal 1 KSN Mata Pelajaran IPA  Download
  2. Contoh Soal 2 KSN Mata Pelajaran IPA  Download
  3. Contoh Soal 3 KSN Mata Pelajaran IPA  Download
  4. Contoh Soal 4 KSN Mata Pelajaran IPA  Download


Contoh Soal KSN Mapel Matematika Tingkat SD Tahun 2020

  1. Contoh Soal 1 KSN Mata Pelajaran Matematika Download
  2. Contoh Soal 2 KSN Mata Pelajaran Matematika Download
  3. Contoh Soal 3 KSN Mata Pelajaran Matematika Download
  4. Contoh Soal 4 KSN Mata Pelajaran Matematika Download


Demikian penjelasan sebagian materi Juklak Lomba KSN Tingkat SD Tahun 2020 Lengkap Soal Terbaru semoga ada manfaatnya.

Mohon maaf atas kekurangan kami dalam menjelaskan, dan terima kasih atas kunjungan, serta dukungannya untuk mengembangkan media sosial kami ini.




Post a Comment for "Juklak Lomba KSN Tingkat SD Tahun 2020 Lengkap Soal Terbaru"