Contoh SK Operator (OPS) Dapodikdasmen Terbaru

Contoh SK Operator Dapodikdasmen Terbaru

Surat Keputusan (SK) Operator Dapodikdasmen ini disusun dan diterbitkan oleh Kepala Sekolah guna memperkuat seorang guru atau yang diberi tugas tambahan sebagai operator sekolah dalam melaksanakan pendataan sekolah.
Contoh SK Operator (OPS) Dapodikdasmen Terbaru
Contoh SK Operator (OPS) Dapodikdasmen Terbaru
Dalam menetapkan Surat keputusan (SK) OPS sudah dipastikan telah terpilih guru yang telah menguasai pengoperasian Komputer atau laptop.

Hal ini disebabkan bahwa keberadaan Operator sekolah merupakan pegawai yang amat sangat vital untuk mendata sekolah tersebut, sehingga pekerjaan operator sekolah merupakan pekerjaan yang tidak dapat digantikan oleh siapapun juga.

Operator sekolah yang akan melakukan segala tugas sekolah yang berhubungan dengan data, dan data tersebut memang paling urgen adalah pengisian data di aplikasi dapodikdasmen dengan demikian semua data sekolah didata dan dikirim ke Kemdikbud melalui server resminya.

Karena begitu pentingnya peran operator sekolah, maka seharusnya keberadaan operator lebih diperhatikan oleh kepala sekolah, serta guru serta karyawan di satuan pendidikan.

Operator ini juga pegawai yang selalu dibalik layar komputer/laptop tanpa mengenal lelah dan upah, dan tanpa mengenal batas waktu dan bahkan sampai begadang larut malam dikarenakan data segera dikirim.

Oleh sebab itulah seorang kepala sekolah dan rekan-rekan guru tenaga kependidikan wajib mengetahui tugas dan fungsi seorang operator sekolah.

Data yang biasa dikerjakan oleh Operator Sekolah antara lain:

1. Data pokok Pendidikan (Dapodik)

Dapodik saat ini adalah satu-satunya aplikasi handal yang dimiliki oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menerima berbagai data pendidikan di seluruh sekolah baik sekolah negeri maupun sekolah swasta.

2. Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP)

Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) merupakan aplikasi yang dirilis sejak tahun 2016, dan sampai saat ini masih selalu dikembangkan guna mendapatkan data yang optimal berkaitan dengan mutu sebuah satuan pendidikan.

3. Ketatausahaan Sekolah

Khususnya satuan pendidikan dasar sampai saat ini tidak mempunyai tenaga khusus administrasi atau tata usaha (TU), sehingga berkat jasa seorang operator sekolah juga dimanfaatkan sebagai tenaga administrasi.

4 Standar Pelayanan Minimal (SPM)

Dengan berbagai alasan aplikasi yang satu ini memang perlu dikerjakan oleh operator pula, padahal; apabila dibaca secara kronologinya bahwa dapodik merupakan sumber data utama, namun SPM masih juga harus diisikan pula. Dan aplikasi SPm ini dikasih paraf SIAPP SPM Dikdas.

5. Data di verval peserta didik (PD)

Verval PD merupakan tangan panjang dari dapodik, sehingga aplikasi ini berfungsi untuk verifikasi dan validasi peserta didik dengan situs resmi di: https://sdm.data.kemdikbud.go.id

6. Pendataan Asset Daerah (SIMDA)

Salah satu pengembangan daerah untuk mendapatkan data-data di satuan pendidikan telah dikembangkan aplikasi SIMDA, dan aplikasi model yang satu ini akan berbeda antar daerah satu dengan yang lain, sehingga pekerjaan ini juga memerlukan kerja keras seorang operator.

Sekiranya masih banyak lagi tugas-tugas yang perlu dikerjakan oleh seorang Operator Sekolah, untuk itu silahkan dilengkapi sendiri dari beberapa penjelasan yang telah kami paparkan di atas.
Berikut sebuah file yang telah kami susun dan kami gunakan pada satuan pendidikan kami, sehingga file ini dapat dipergunakan sebagai materi rujukan. Silahkan download filenya di bawah ini.

[ Review SK Operator Dapodik Terbaru ]  


Demikian penjelasan singkat materi tentang SK Operator (OPS) Dapodikdasmen Terbaru semoga bermanfaat, dan apabila materi ini bermanfaat silahkan dibagikan kepada rekan yang membutuhkan melalui media yang bapak/ibu gunakan saat ini.

Keterangan:
  1. Materi ini selain kami gunakan sendiri juga kami bagikan secara gratis
  2. Apabila berkenan kami menunggu kritik, saran serta masukan, sehingga kami akan dapat meningkatkan kuwalitas media ini.

Salam hormat dari semua Guru dan Karyawan SD Negeri 3 Asemrudung, Koordinator Wilayah Kecamatan Geyer, Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan - Jawa Tengah.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh SK Operator (OPS) Dapodikdasmen Terbaru"

Post a Comment

MERUPAKAN KEBAHAGIAAN BAGI DIRI KAMI , apabila anda berkomentar sesuai dengan topik pembahasan artikel langsung di bawah ini atau untuk berlangganan artikel silahkan tulis email anda !
Kritik, saran, serta masukan senantiasa kami nantikan