Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Petunjuk Teknis (Juknis) Penyusunan Kurikulum MI MTs MA Tahun 2020

Petunjuk Teknis (Juknis) Penyusunan Kurikulum MI MTs MA Tahun 2020

Petunjuk Teknis (Juknis) Penyusunan Kurikulum MI MTs MA Tahun 2020 - Memasuki tahun pelajaran 2020/2021 tentu saja masing-masing satuan pendidikan khususnya pendidikan madrasah telah mempunya ancang-ancang untuk menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), sehingga dari 7 regulasi Juknis Penyusunan Kurikulum Madrasah ini tentu dapat dijadikan sebagai pedoman.
Petunjuk Teknis (Juknis) Penyusunan Kurikulum MI MTs MA Tahun 2020
Petunjuk Teknis (Juknis) Penyusunan Kurikulum MI MTs MA Tahun 2020
Setiap madrasah dapat mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) bersamaan dengan komite sekolah guna mewujudkan relevansi atau kesesuaian atas perkembangan kebutuhan kehidupan peserta didik di masa yang akan datang.

Dalam menyusun KTSP sekolah menyusun tim pengembang kurikulum yang beranggotakan perwakilan dari unsur kepala sekolah, komite sekolah, dewan guru, perwakilan alumni, tokok pendidikan dan atau pemangku kepentingan (stakholder).

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan tersebut disusun dan dikembangkan dan diterapkan melalui Keputusan Kepala Sekolah Madarasah, namun sebelumnya perlu mendapatkan pengesahan dari pihak yang berwenang yang akhirnya disosialisasikan kepada yang berkepentingan (warga sekolah/madarasah).

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip dan akan berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungan sekitar. Selain itu KTSP juga berprinsip pada belajar sepanjang hayat, dan KTSP juga berprinsip secara menyeluruh dan berkesinambungan.
Secara teknis penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (pada dokumen I) memuat komponen-komponen yang terdiri dari; 1) Pendahuluan, 2) Karakteristik Satuan Pendidikan, 3) Visi Sekolah, 4) misi Sekolah, 5) tujuan Sekolah, 6) Struktur dan muatan kurikulum, dan 7) Kalemder Pendidikan.

Sistematika Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) antara lain:

  • Halaman awal (cover), penetapan dan pengesahan Kurikulum, Rekomendasi dan validasi, Kata Pengantar, dan Daftar Isi.
  • Bab I yang terdiri dari Pendahuluan, dengan memuat Latar Belakang, Landasan Hukum, Tujuan Pengembangan KTSP, Prinsip Pengembangan KTSP.
  • Bab II terdiri dari; Tujuan, yang berisikan Visi, misi, dan Tujuan sekolah/Madarasah.
  • Bab III berisi; Struktur dan Muatan Kurikulum dengan rincian Struktur Kurikulum, Muatan Kurikulum (mata pelajaran dan alokasi waktu, beban belajar, serta muatan lokal), Ketuntasan Belajar (KKM/KBM), Kegiatan Pengembangan Diri, Kenaikan Kelas, dan kelulusan.
  • Bab IV berisi Kalender Pendidikan tahun pelajaran (Kaldik).
  • Bab V Penutup
  • Lampiran-lampiran
Oleh karena itu kurikulum yang berlaku pada satuan pendidikan dalam penyusunannya diserahkan di tingkat satuan pendidikan dalam bentuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Sedangkan untuk menjamin mutu minimal layanan pendidikan dengan KTSP yang variatif dapat mengacu pada 8 (delapan) standar nasional pendidikan; yaitu:
  1. Standar isi, 
  2. Standar Kompetensi Lulusan, 
  3. Standar Proses, 
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, 
  5. Standar Sarana dan Prasarana, 
  6. Standar Pengelolaan, 
  7. Standar Pembiayaan, dan 
  8. Standar Penilaian Pendidikan.
Download juga: Keputusan Mendikbud Nomor 582 /P/2020 Tentang Sekolah Penerima BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun Anggaran 2020

Perlu diketahui bahwa materi yang kami bagikan ini sudah kami convert dalam file winrarr dengan dikandungaksud memudahkan anda semua untuk sekali klik akan dapat mendapatkan seluruh file yang terdapat dalam folder ini:
  1. Juknis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MI
  2. Juknis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MTs
  3. Juknis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MA
  4. Juknis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MA Akademik
  5. Juknis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MAN PK
  6. Juknis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MA Plus Keterampilan
  7. Juknis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MA Kejuruan
Dari ke 7 (Tujuh) Juknis tersebut dapat secara keseluruhan didownload DI SINI
Demikian ulasan singkat materi tentang Petunjuk Teknis (Juknis) Penyusunan Kurikulum MI MTs MA Tahun 2020 dengan harapan dapat bermanfaat.

Jangan sampai dilupakan apabila materi ini bermanfaat silahkan dibagikan kepada rekan-rekan yang membutuhkan, dengan cara bagikan link downloadnya atas langsung dibagikan filenya.

Atas partisipasi dan kerja samanya kami ucapkan banyak terima kasih.


Post a Comment for "Petunjuk Teknis (Juknis) Penyusunan Kurikulum MI MTs MA Tahun 2020"