Makalah Penggunaan Media Video Rekam Layar / Screen Recording Dalam Pembelajaran Pandemi Covid-19

Makalah Penggunaan Media Video Rekam Layar / Screen Recording Dalam Pembelajaran Pandemi Covid-19 

Disela-sela kegiatan pembelajaran pada situasi peristiwa virus corona (Covid-19) ini masa pembelajaran tetap dilaksanakan dalam bentuk daring atau juga luring, hal itu berlaku dari jajaran apapun yang melaksanakan kegiatan.
Makalah Penggunaan Media Video Rekam Layar / Screen Recording Dalam Pembelajaran Pandemi Covid-19
Makalah Penggunaan Media Video Rekam Layar / Screen Recording Dalam Pembelajaran Pandemi Covid-19
Dan pada kesempatan baik ini, bagi rekan-rekan yang masih melanjutkan kuliah nya pada Strata 2 (S2) terdapat tugas berat yang harus disusun untuk memenuhi ketercapaian kegiatannya, berikut kami paparkan sebagian dari keseluruhan file yang file dapat dibaca dan atau langsung didownload pada sela-sela file review yang telah kami sisipkan file download nya.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Tahun 2020 ini dunia digemparkan dengan merebaknya coronavirus jenis baru yaitu  (SARS-CoV – 2) atau lebih dikenal dengan sebutan COVID 19,hampir seluruh negara didunia terjangkit virus ini,termasuk Indonesia juga tak luput dari wabah virus COVID 19.

Bermacam- macam upaya yang telah dilakukan Negara untuk mencegah penyebaran virus COVID 19, karena sangat berpengaruh di bidang kesehatan, ekonomi bahkan pendidikan juga terkena imbas dari virus ini.Negara harus melakukan Sosial distancing (Menjaga jarak social ) sebagai upaya untuk memutus ratai penyebaran virus,sehingga mengakibatkan hampir semua sekolah mengubah aktifitas  pembelajaran yang dulu melalui tatap muka atau langsung di sekolahan harus menggunakan pembelajaran jarak jauh secara Online( Daring) guna memutus rantai penyebaran virus COVID 19.
Dasar Kebijakan ini adalah surat edaran  (SE) Mendikbud No.4 tahun 2020 tentang kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus COVID 19,Sekolah dihimbau untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau daring dari rumah.

B. Tujuan
Adapun tujuan makalah ini yaitu :
  1. Untuk mengatasi masalah siswa pada saat pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (Daring)
  2. Membuat pembelajaran jarak jauh lebih efektif dan menyenangkan.



BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Media Pembelajaran

Media pembelajaran menurut beberapa ahli berasal dari bahasa lati yaitu medium  yang artinya sebagai perantara.dalam bahasa arab diartiakan sebagai penyampai pesan dari pengirim ke penerima  (medoe).

Hamidjojo dan Latuheru (Azhar Arsyad, 2011: 4) mengemukakan bahwa media sebagai bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide, gagasan, atau pendapat sehingga ide, gagasan atau pendapat yang dikemukakan itu sampai pada penerima yang dituju. Hal ini diperkuat dengan pendapat dari Romiszowski (Basuki Wibawa dan Farida Mukti, 1991: 8) media adalah pembawa pesan yang berasal dari suatu sumber pesan (yang dapat berupa orang atau benda) kepada penerima pesan. Berdasarkan beberapa pengertian media di atas, dapat dirumuskan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa. Media pembelajaran sebagai suatu alat bantu dalam proses belajar dan pembelajaran adalah suatu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri keberadaannya. Guru sadar bahwa tanpa bantuan media, maka materi pembelajaran sukar untuk dimengerti dan dipahami oleh siswa, terutama pembelajaran yang rumit dan kompleks.

Terbitnya Surat Edaran (SE) mendikbud  No 4 Tahun 2020 tentang kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus COVID 19,sehingga sekolah menerapkan pembelajaran jarak jauh (Daring) melalui berbagai Media cotohnya WhatShapp web,Google zoom,Google Meet,atau media social lainya,yang bertujuan agar guru bisa menyampaikan materi kepada siswa pada setiap pertemuan,Periapan yang dilakukan guru menyiapkan materi pelajaran yang dikirim melalui salah satu media yang digunakan.tanpa menggunakan media pembelajaran yang efektif pada saat pelaksanaan daring siswa kesulitan untuk memahami materi yang disamaikan guru di karenakan setiap materi mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda sehingga menuntut guru untuk menyajikan materi dengan baik dan seefektif mungkin.

Pada masa Pendemi seperti ini pembelajaran daring merupakan satu-satu pilihan agar guru tetap dapat melaksanakan pembelajaran,sehinggga guru dituntut untuk berinovasi dalam pembuatan media pembelajaran yang menarik dan efisien.Media pembelajaran Rekam Layar / video recording dirasa efektif digunakan dalam pembelajaran daring.Guru bisa membuat video tutorial dengan efektif dengan ukuran file yang cukup kecil sehingga siswa dengan mudah dapat mendownlod walaupun menggunakan HP android yang mempunyai kualitas kurang bagus.

B. Problematika

Pembelajaran jarak jauh (daring) tidak mudah dilaksanakan terutama di sekolah-sekolah pedesaaan, banyak masalah-masalah yang dihadapi baik dari sarana prasarana atau pun sumber daya manusia ( SDM ) baik Guru,Orang Tua dan juga ,Siswa itu sendiri.Berbagai macam kendala yang dihadapi misalnya:
  1. Tidak semua  guru menguasai IT ataupun pengoprasian laptop maupun handphone.
  2. Tidak semua Siswa mempunyai HP Android,ada juga yang mempunyai HP android namun tidak mampu menambahkan aplikasi google zoom atau google meet karena keterbatasan RAM atau memori HP,karena didesa bagi siswa kurang mampu HP Android menjadi barang mewah sehingga di kalangan siswa kurang mampu banyak yanag tidak memiliki.
  3. Jaringan Seluller yang kurang setabil sehingga pelaksaan Daring kurang maksimal karena letak geografis rumah siswa yang berbeda-beda
  4. Kuota Internet yang cukup mahal bagi kalangan ekonomi kurang mampu.


BAB III
PENUTUP

A.Kesimpulan

Penggunaaan Media pembelajaran rekam layar /screen recording merupakan salah satu solusi mengatasi masalah yang timbul dalam pembelajaran daring antara lain masalah Handphone yang kurang canggih ,kendala jaringan atau sinyal dan terutama untuk lebih menghemat kuoata internet karena hasil video rekam layar / atau screen reecording relative kecil dan guru juga bisa menambahan penjelasan dengan suara maupun dengan teks sehingga siswa dengan mudah mendowlod ataupun dikirim lewat Wathsapp web grup kelas.Pembelajaran daring akan lebih efektif dan siswa lebih jelas dalam menerima materi yang diajarkan.Seorang guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menyiapakan bahan pelajaran,media pembelajaran dimana kita sekarang dalam keadaan pendemi COVID 19 serta pelaksanaan KBM dilaksanakan secara Daring.

File review kami bagi menjadi 2 (dua) yaitu review file format PDF dan format file format Wods Review file PDF berikut ini:

Download File Makalah Penggunaan Media Video Rekam Layar / Screen Recording Dalam Pembelajaran Pandemi Covid-19 dalam format PDF DI SINI

Review file Format Wods berikut ini:



Download File Makalah Penggunaan Media Video Rekam Layar / Screen Recording Dalam Pembelajaran Pandemi Covid-19 dalam format Words DI SINI


Demikian semoga materi Makalah Penggunaan Media Video Rekam Layar / Screen Recording Dalam Pembelajaran Pandemi Covid-19 dapat bermanfaat. Mohon maaf atas segala kekurangannya

Post a Comment for "Makalah Penggunaan Media Video Rekam Layar / Screen Recording Dalam Pembelajaran Pandemi Covid-19"