Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun 2020 Excel

Download Aplikasi Pelaporan BOS Reguler 2020 Excel

 Aplikasi Pelaporan BOS Reguler 2020 Excel - Bapak/ibu Kepala Sekolah, Bendahara BOS atau yang mengelola keuangan sekolah, bahkan serta Operator Sekolah, maupun operator di bagian asset sekolah yang dibeli dari dana BOS reguler tahun 2020.
Download Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun 2020 Excel
Download Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun 2020 Excel
Sulit rasanya kita dalam pelaporan dana BOS apabila kita tidak segera menggunakan berbagai metode dalam mengerjakannya, yach minimal kita memahami berbagai rumus excel yang dapat kita gunakan dalam pengoperasiannya, apabila bapak/ibu menggunakan office wods insya alloh akan sedikit kesulitan.

Namun sedikit kami singgung bahwa sebelum kita menggunakan dana BOS Reguler sejak awal yang kita persiapkan adalah Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS), karena dengan rencana yang maksimal, maka akan mempermudah pula kita dalam menyusun pelaporannya. Dan apakah anda juga belum mempunyai atau menyusun RKAS yang pada tahun 2020 dana BOS Reguler ditransfer langsung dari kementerian keuangan ke masing-masing rekening sekolah.
Download: RKAS Tahun 2020 Versi Triwulan
Dan, baiklah mari kita lanjutkan pembahasan tentang materi ini yaitu Aplikasi Pelaporan BOS Reguler 2020 Excel dan perlu diketahui bahwa aplikasi ini sengaja kami kembangkan sendiri secara sederhana, mengingat situasi dan kondisi kemampuan kami pribadi tentang pengoperasian aplikasi excel, namun insya alloh dalam hal ini akan sedikit membantu bapak/ibu dalam menyusun laporan pertanggungjawaban dana BOS yang dilaporkan setiap bulan. 
Download: Aplikasi Proses Cetak Raport K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/MI Semester 2
Daftar menu dan cara Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun 2020 Excel pengerjaannya:

1. Home
Menu home ini hanya menampilkan bagian-bagian aplikasi yang perlu diisi (lihat Gambar)
Download Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun 2020 Excel

 2. Sheet Data isian yang wajib diisi, karena data isian di sini akan muncul secara otomatis pada masing-masing pelaporan
 Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun 2020 Excel


3. Sheet Cover Laporan

Pada sheet cover laporan ini apabila tidak terpaksa jangan diubah, namun apabila masih membutuhkan perubahan silahkan diubah sendiri. (cukup jelas)

4. Sheet Buku Kas Umum (BKU) Lihat gambar berikut
  • Pada menu ini yang perlu dipahami adalah kode BT (Buku Tunai), BB (Buku Bank), BP (Buku Pajak) kode tersebut nantinya akan memasukkan pembukuan ke masing-masing kode, sehingga perlu diperhatikan secara seksama.
  • Yang harus wajib diisi lagi adalah misalnya kode 5.1.7 dst; kode tersebut diambil dari sheet K7 (ingat cukup copas kodenya) sesuai pembelanjaan kode tersebut nantinya akan secara otomatis masuk pada sheet K7a yang dipergunakan pada pelaporan BOS online.
  • Kode misalnya 5.2.2.01.01 cara mendapatkan kode tersebut berasal dari sheet 144 belanja (yang dulu 44 belanja), dan perlu diingat nantinya pada sheet 144 belanja otomatis akan terisi.
5. Menu Sheet Buku Kas Tunai (BT)
Ingat ! untuk Buku Kas Tunai ini cukup hanya dikontrol apabila terjadi selisih dengan BKU, dan apabila terdapat selisih dapat disesuaikan,

Mengapa terjadi selisih?

Dalam hal pengisian Buku Kas Umum terutama pada saldo itu terdiri dari; Kas Tunai. Bank, Pajak.

6. Buku Bank (BB)
Pada pengisian buku bank ini dapat diisi secara manual ataupun langsung mengambil pada Sheet Buku Kas Umum (BKU) dengan rumus ( = ring (...) mudah bukan ?

7. Buku Pajak (BP)
Dalam buku pajak ini sebenarnya dapat dibuat rumus, namun karena mungkin pengguna tidak sama kemampuan untuk mengoperasikan IT (maaf), sehingga tetap cukup gunakan rumus (= ambil dari BKU).

8. Sheet K7

  • Ingat bahwa dalam menyusun laporan pertanggungjawaban dana BOS juga kita mempunyai tanggungjawab kepada menteri dalam negeri, sehingga pada sheet K7 ini merupakan pelaporan format yang dibutuhkan Mendagri.
  • Untuk sheet K7 tidak usah dikerjakan, karena secara otomatis sudah terisi dari Buku Kas Tunai (BT) karena kita cukup mengambil kodenya tadi.
9, Sheet K7a
  • Pada format K7a secara otmatis sudah terisi dari sheet K7, namun perlu juga dikontrol tingkat kebenarannya, karena saya juga manusia masih punya kesalahan. (intinya cukup dikontrol saja) dan apabila menghendaki perubahan, maka kode pada Buku Kas Tunai (BT) yang diubah dan juga mengambil dari sheet K7 tadi.
  • Waspada karena pada format K7a ini nantinya akan dilaporkan secara online pada laman https://bos.kemdikbud.go.id/
10. Format K7b
Pada format K7b ini cukup mengisi .... lembar uang kertas maupun logam sesuai dengan jumlah saldonya, dan apabila terdapat selisih di bawah nilai 100 sudah berbunyi sendri kalimatnya (lihat berikut)
Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun 2020 Excel
Download: Aplikasi PKG PKKS TK,SD Dan SMP Versi Terbaru Saat Ini
11. Format K7c
Pada format pengisian K7c ini bapak/ibu tidak usah mengisi, karena sudah terisi secara otomatis, namun apabila menginginkan perubahan silahkan diubah sendiri (Lihat gambar)
Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun 2020 Excel

Download; Aplikasi LPJ Dana BOS Reguler 2020 Format Excel
Download saya revisi: Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun 2020 Excel

12. Format 144 Belanja BOS

  • Format ini kalau pada pelaporan tahun 2019 adalah cukup 44 belanja, dan pelaporan ini merupakan kebijakan dari pemerintah daerah.
  • Format 144 belanja dana BOS pada aplikasi yang kami buat ini tidak usah diisi, karena sudah terisi dari Buku Kas Tunai (BT), oleh sebab itu kata kunci adalah kode K7, dan kode pada sheet 144 belanja

13. Format 3 Belanja BOS

Yang dimaksud dengan format ini adalah:

  • Belanja Pegawai
  • Belanja Barang dan Jasa
  • Belanja Modal

Dan secara kebetulan format ini sudah terisi secara otmatis dari sheet 144 belanja.

14. Berita Acara Pemeriksaan pelaporan (cukup jelas)

15. Cetak kuitansi khusus Honor woyata bakti (cukup jelas)

16. Rekap data kuitansi pelaporan yang bersumber dari Buku Kas Tunai (BT), dan hanya nama transaksi yang perlu diisin

17. Cetak Kuitansi

Terakhir adalah sheet untuk mencetak kuitansi pelaporan BOS.

Perlu diingat bahwa dalam mencetak kwitansi ini buku kwitansi yang digunakan adalah buku kuitansi merk gelatik kembar (lihat gambar)

Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun 2020 Excel

Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun 2020 Excel

Artinya bahwa pada saat kita belanja wajib membawa atau minta kwitansi dari toko/stempel toko bersamaan dengan nota belanja, yang nantinya pada saat akan menyusun Laporan, maka kuitansi tersebut masukkan pada print langsung cetak. Mantaap kan ???


Tutorial pengerjaan LPJ BOS Reguler dengan durasi 8 menit Update;

Demikian kiranya penjelasan lengkap tentang Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun 2020 Excel semoga membawa manfaat.
Download Tutorial Penggunaan secara lengkap DI SINI
Ingat Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun 2020 Excel ini secara resmi saya pribadi yang membuatnya, sehingga apabila terdapat aplikasi ini yang beredar di media lain itu berarti "Copas", sehingga kami juga butuh kerja sama (silahkan serta sumber ini)

Jangan lupa apabila materi kami ini bermanfaat silahkan bagikan kepada yang membutuhkannya

6 comments for "Download Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun 2020 Excel"

Akhdiyat May 4, 2020 at 4:09 AM Delete Comment
Gratis atau berbayar mas?
Cucu sumarnu May 4, 2020 at 5:47 PM Delete Comment
Buat SMK ada ga pak?
meiry susanti May 28, 2020 at 8:50 AM Delete Comment
mantap pak, kerenn..teruslah berkarya
Sugiyanto June 11, 2020 at 7:39 PM Delete Comment
Gratis pak tinggal download aja
Suyonoblog.com March 17, 2021 at 10:04 PM Delete Comment
suwun sdh bisa berbagi semoga jd amal jairiyah Amiin
[email protected] May 25, 2021 at 7:09 PM Delete Comment
Cara downloadnya gmn pak?