KI dan KD K-2013 SMK Semua Mata Pelajaran

KI dan KD K-2013 SMK Semua Mata Pelajaran

KI dan KD K-2013 SMK Semua Mata Pelajaran - Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 330/D.D5/KEP/KR/2017 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3).
KI dan KD K-2013 SMK Semua Mata Pelajaran

Sedangkan Berdasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah bahwasannya Kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah mencakup Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).

Pada Pelaksanaan pembelajaran pada Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) dilakukan dengan pendekatan pembelajaran sebagai mata pelajaran (mapel) yang berdiri sendiri.

Kompetensi inti (KI) pada Kurikulum 2013 merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas. Kompetensi dasar merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti.

Download: Bukti Fisik PKKS Terbaru

Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.

Kompetensi Inti (KI) Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik SD/MI pada setiap tingkat kelas.

Kompetensi Inti dirancang untuk setiap kelas/usia tertentu. Melalui Kompetensi Inti, sinkronisasi horisontal berbagai Kompetensi Dasar antar mata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai Kompetensi Dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda dapat dijaga pula.

Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar.Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar.Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa. Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.

Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4).Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif.Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).

Rumusan Kompetensi Inti menggunakan notasi sebagai berikut:

1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk Kompetensi Inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk Kompetensi Inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk Kompetensi Inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk Kompetensi Inti keterampilan.

Kompetensi Dasar (KD) merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran. Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran;

Kompetensi Dasar (KD) merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti.

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu ;

(1) kompetensi sikap spiritual,
(2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan.

Masing-masing kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Di dalam kompetensi sikap spiritual dan kompetensi sikap sosial terkandung lima nilai utama karakter yaitu religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. Proses pembelajaran dengan menumbuhkan dan mengembangkan kompetensi sikap dapat diintegrasikan dengan lima nilai utama penguatan pendidikan karakter yaitu nilai Religiusitas, Nasionalisme, Kemandirian, Gotong Royong Dan Integritas.
Download juga: Administrasi Mulok Bahasa Jawa K13 Kelas 3 Lengkap
Indikator pencapaian kompetensi, Indikator pencapaian kompetensi adalah perilaku yang menunjukkan ketercapaiankompetensi dasar tertentu. Kata-kata yang digunakan untuk merumuskan indikator harusdapat diukur dan/atau diobservasi pada akhir pelajaran. Oleh sebab itu indicator pencapaian kompetensi dalam sebuah RPP akan menjadi acuan pada saat guru menilaihasil belajar. Kata kerja yang digunakan untuk merumuskan indikator pencapaiankompetensi adalah kata kerja operasional, artinya kata tersebut mencerminkan perilaku(pengetahuan, sikap, dan keterampilan) yang dapat diamati dan diukur dengan alat ukuryang jelas.

Penulisan indikator menggunakan persyaratan kondisi dan terdapat kriteria yang menunjukkan siswa telah kompeten atau belum secara individual.Penulisan indikator pencapaian kompetensi mengikuti aturan penulisan kalimat baku yang terdiri dari unsur SPOK (subjek, predikat, objek dan keterangan).

Uraian penjelasan penulisan Indikator SPOK sebagai berikut:


  • Penulisan Subjek pada penulisan indikator yaitu dengan menyebutkan  “siswa” 
  • Penulisan Predikat pada indikator menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur dan diamati,
  • Istilah Objek pada indikator berupa perilaku/kompetensi yang diharapkan akan dicapai, dan
  • Keterangan diperlukan jika ada persyaratan kondisi atau kriteria khusus dari perilaku dikehendaki seperti waktu penyelesaian, tempat pengerjaan, jumlah yang harus diselesaikan, alat yang digunakan, dll).

File Download Sebagai Berikut:
  1. 1_1_1_KIKD_Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan.pdf 
  2. 1_1_2_KIKD_Konstruksi Jalan, Irigasi dan Jembatan.pdf 
  3. 1_1_3_KIKD_Bisnis Konstruksi dan Properti.pdf 
  4. 1_1_4_KIKD_Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan.pdf 
  5. 1_2_1_KIKD_Teknik Geomatika.pdf 
  6. 1_2_2_KIKD_Informasi Geospasial.pdf 
  7. 1_3_1_KIKD_Teknik Pembangkit Tenaga Listrik.pdf 
  8. 1_3_2_KIKD_Teknik Jaringan Tenaga Listrik.pdf 
  9. 1_3_3_KIKD_Teknik Instalasi Tenaga Listrik.pdf 
  10. 1_3_4_KIKD_Teknik Otomasi Industri.pdf 
  11. 1_3_5_KIKD_Teknik Pendinginan dan Tata Udara.pdf 
  12. 1_3_6_KIKD_Teknik Tenaga Listrik.pdf 
  13. 1_4_1_KIKD_Teknik Pemesinan.pdf 
  14. 1_4_2_KIKD_Teknik Pengelasan.pdf 
  15. 1_4_3_KIKD_Teknik Pengecoran logam.pdf 
  16. 1_4_4_KIKD_Teknik Mekanik Industri.pdf 
  17. 1_4_5_KIKD_Teknik Perancangan dan Gambar Mesin.pdf 
  18. 1_4_6_KIKD_Teknik Fabrikasi Logam dan manufaktur.pdf 
  19. 1_5_1_KIKD_Airframe Power Plant.pdf 
  20. 1_5_2_KIKD_Aircraft Machining.pdf 
  21. 1_5_3_KIKD_Aircraft Sheet Metal Forming.pdf 
  22. 1_5_4_KIKD_Airframe Mechanic.pdf 
  23. 1_5_5_KIKD_Aircraft Electricity.pdf 
  24. 1_5_6_KIKD_Aviation Electronics.pdf 
  25. 1_5_7_KIKD_Electrical Avionics.pdf 
  26. 1_6_1_KIKD_Desain Grafika.pdf 
  27. 1_6_2_KIKD_Produksi Grafika.pdf 
  28. 1_7_1_KIKD_Teknik Instrumentasi Logam.pdf 
  29. 1_7_2_KIKD_Instrumentasi dan Otomatisasi Proses.pdf 
  30. 1_8_1_KIKD_Teknik Pengendalian Produksi.pdf 
  31. 1_8_2_KIKD_Teknik Tata Kelola Logistik.pdf 
  32. 1_9_1_KIKD_Teknik Pemintalan Serat Buatan.pdf 
  33. 1_9_2_KIKD_Teknik Pembuatan Benang.pdf 
  34. 1_9_3_KIKD_Teknik Pembuatan Kain.pdf 
  35. 1_9_4_KIKD_Teknik Penyempurnaan Tekstil.pdf 
  36. 1_10_1_KIKD_Analisis Pengujian laboratorium.pdf 
  37. 1_10_2_KIKD_Kimia Industri.pdf 
  38. 1_10_3_KIKD_Kimia Analisis.pdf 
  39. 1_10_4_KIKD_Kimia Tekstil.pdf 
  40. 1_11_1_KIKD_Teknik Kendaraan Ringan Otomotif.pdf 
  41. 1_11_2_KIKD_Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.pdf 
  42. 1_11_3_KIKD_Teknik Alat Berat.pdf 
  43. 1_11_4_KIKD_Teknik Bodi Otomotif.pdf 
  44. 1_11_5_KIKD_Teknik Ototronik.pdf 
  45. 1_11_6_KIKD_Teknik dan Manajemen Perawatan Otomotif.pdf 
  46. 1_11_7_KIKD_Otomotif Daya dan Konversi energi.pdf 
  47. 1_12_1_KIKD_Konstruksi Kapal Baja.pdf 
  48. 1_12_2_KIKD_Konstruksi Kapal Non Baja.pdf 
  49. 1_12_3_KIKD_Teknik Pemesinan Kapal.pdf 
  50. 1_12_4_KIKD_Teknik Pengelasan Kapal.pdf 
  51. 1_12_5_KIKD_Teknik Kelistrikan Kapal.pdf 
  52. 1_12_6_KIKD_Desain dan Rancang Bangun Kapal.pdf 
  53. 1_12_7_KIKD_Interior Kapal.pdf 
  54. 1_13_1_KIKD_Teknik Audio Video.pdf 
  55. 1_13_2_KIKD_Teknik Elektronika Industri.pdf 
  56. 1_13_3_KIKD_Teknik Mekatronika.pdf 
  57. 1_13_4_KIKD_Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi.pdf 
  58. 1_13_5_KIKD_Instrumentasi Medik.pdf 
  59. 2_1_1_KIKD_Teknik Produksi Minyak dan Gas.pdf 
  60. 2_1_2_KIKD_Teknik Pemboran Minyak dan Gas.pdf 
  61. 2_1_3_KIKD_Teknik Pengolahan Minyak, Gas dan Petrokimia.pdf 
  62. 2_2_1_KIKD_Geologi Pertambangan.pdf 
  63. 2_3_1_KIKD_Teknik Energi Surya, Hidro dan Angin.pdf 
  64. 2_3_2_KIKD_Teknik Energi Biomassa.pdf 
  65. 3_1_1_KIKD_Rekayasa Perangkat Lunak.pdf 
  66. 3_1_2_KIKD_Teknik Komputer dan Jaringan.pdf 
  67. 3_1_3_KIKD_Multimedia.pdf 
  68. 3_1_4_KIKD_Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi.pdf 
  69. 3_2_1_KIKD_Teknik Transmisi Telekomunikasi.pdf 
  70. 3_2_2_KIKD_Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi.pdf 
  71. 4_1_1_KIKD_Asisten Keperawatan.pdf 
  72. 4_2_1_KIKD_Dental Asisten.pdf 
  73. 4_3_1_KIKD_Teknologi Laboratorium Medik.pdf 
  74. 4_4_1_KIKD_Farmasi Klinis dan Komunitas.pdf 
  75. 4_4_2_KIKD_Farmasi Industri.pdf 
  76. 4_5_1_KIKD_Social Care Keperawatan Sosial.pdf 
  77. 4_5_2_KIKD_Caregiver.pdf 
  78. 5_1_1_KIKD_Agribisnis Tanaman pangan dan Holtikultura.pdf 
  79. 5_1_2_KIKD_Agribisnis Tanaman Perkebunan.pdf 
  80. 5_1_3_KIKD_Pemuliaan dan Perbenihan Tanaman.pdf 
  81. 5_1_4_KIKD_Lanskap dan Pertamanan.pdf 
  82. 5_1_5_KIKD_Produksi dan Pengelolaan Perkebunan.pdf 
  83. 5_1_6_KIKD_Agribisnis Organik Ekologi.pdf 
  84. 5_2_1_KIKD_Agribisnis Ternak Ruminansia.pdf 
  85. 5_2_2_KIKD_Agribisnis Ternak Unggas.pdf 
  86. 5_2_3_KIKD_Industri Peternakan.pdf 
  87. 5_3_1_KIKD_Keperawatan Hewan.pdf 
  88. 5_3_2_KIKD_Kesehatan dan Reproduksi Hewan.pdf 
  89. 5_4_1_KIKD_Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian.pdf 
  90. 5_4_2_KIKD_Pengawasan Mutu Hasil Pertanian.pdf 
  91. 5_4_3_KIKD_Agroindustri.pdf 
  92. 5_5_1_KIKD_Alat Mesin Pertanian.pdf 
  93. 5_5_2_KIKD_Otomatisasi Pertanian.pdf 
  94. 5_6_1_KIKD_Teknik Inventarisasi dan Pemetaan Hutan.pdf 
  95. 5_6_2_KIKD_Teknik Konservasi Sumber Daya Hutan.pdf 
  96. 5_6_3_KIKD_Teknik Rehabilitasi dan Reklamasi Hutan.pdf 
  97. 5_6_4_KIKD_Teknologi Produksi Hasil Hutan.pdf 
  98. 6_1_1_KIKD_Nautika Kapal Penangkap Ikan.pdf 
  99. 6_1_2_KIKD_Teknika Kapal Penangkap Ikan.pdf 
  100. 6_2_1_KIKD_Nautika Kapal Niaga.pdf 
  101. 6_2_2_KIKD_Teknika Kapal Niaga.pdf 
  102. 6_3_1_KIKD_Agribisnis Perikanan Air Tawar.pdf 
  103. 6_3_2_KIKD_Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut.pdf 
  104. 6_3_3_KIKD_Agribisnis Ikan Hias.pdf 
  105. 6_3_4_KIKD_Agribisnis Rumput Laut.pdf 
  106. 6_3_5_KIKD_Industri Perikanan Laut.pdf 
  107. 6_4_1_KIKD_Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan.pdf 
  108. 7_1_1_KIKD_Bisnis Daring dan Pemasaran.pdf 
  109. 7_2_1_KIKD_Otomasi TataKelola P'kantoran.pdf 
  110. 7_3_1_KIKD_Akuntansi dan Keuangan Lembaga.pdf 
  111. 7_3_2_KIKD_Perbankan dan Keuangan Mikro.pdf 
  112. 7_3_3_KIKD_Perbankan Syariah.pdf 
  113. 8_1_1_KIKD_Usaha Perjalanan Wisata.pdf 
  114. 8_1_2_KIKD_Perhotelan.pdf 
  115. 8_1_3_KIKD_Wisata Bahari dan Ekowisata.pdf 
  116. 8_2_1_KIKD_Tata Boga.pdf 
  117. 8_3_1_KIKD_Tata Kecantikan Kulit dan Rambut.pdf 
  118. 8_3_2_KIKD_Spa dan Beauty Therapy.pdf 
  119. 8_4_1_KIKD_Tata Busana.pdf 
  120. 8_4_2_KIKD_Desain Fesyen.pdf 
  121. 9_1_1_KIKD_Seni Lukis.pdf 
  122. 9_1_2_KIKD_Seni Patung.pdf 
  123. 9_1_3_KIKD_Desain Komunikasi Visual.pdf 
  124. 9_1_4_KIKD_Desain Interior dan Teknik Furnitur.pdf 
  125. 9_1_5_KIKD_Animasi.pdf 
  126. 9_2_1_KIKD_Kriya Kreatif Batik dan Tekstil.pdf 
  127. 9_2_2_KIKD_Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi.pdf 
  128. 9_2_3_KIKD_Kriya Kreatif Keramik.pdf 
  129. 9_2_4_KIKD_Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan.pdf 
  130. 9_2_5_KIKD_Kriya Kreatif kayu dan Rotan.pdf 
  131. 9_3_1_KIKD_Seni Musik Klasik.pdf 
  132. 9_3_2_KIKD_Seni Musik Populer.pdf 
  133. 9_4_1_KIKD_Seni Tari.pdf 
  134. 9_4_2_KIKD_Penataan Tari.pdf 
  135. 9_5_1_KIKD_Seni Karawitan.pdf 
  136. 9_5_2_KIKD_Penataan Karawitan.pdf 
  137. 9_6_1_KIKD_Seni Pedalangan.pdf 
  138. 9_7_1_KIKD_Pemeranan.pdf 
  139. 9_7_2_KIKD_Tata Artistik Teater.pdf 
  140. 9_8_1_KIKD_Produksi dan Siaran Program Radio.pdf 
  141. 9_8_2_KIKD_Produksi dan Siaran Program Televisi.pdf 
  142. 9_8_3_KIKD_Produksi Film dan Program Televisi.pdf

Semoga dengan ulasan singkat di atas minimal dapat menambah sedikit wawasan materi  KI dan KD K-2013 SMK Semua Mata Pelajaran  kurang dan lebihnya mohon maaf.

Post a Comment for "KI dan KD K-2013 SMK Semua Mata Pelajaran"