Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lampiran KI dan KD K-2013 SMP/MTs

Lampiran KI dan KD K-2013 SMP/MTs

Lampiran KI dan KD K-2013 SMP/MTs - Kompetensi Inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada setiap tingkat, kelas atau program. Dan pada prinsipnya penggnaan Ki dan KD pada Kurikulum 2013 mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan menengah sama saja.
Lampiran KI dan KD K-2013 SMP/MTs
Lampiran KI dan KD K-2013 SMP/MTs
Kompetensi Dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh oleh peserta didik melalui pembelajaran. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.

Rumusan Kompetensi Inti Kurikulum 2013 menggunakan notasi sebagai berikut:
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk Kompetensi Inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk Kompetensi Inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk Kompetensi Inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk Kompetensi Inti keterampilan.

Kompetensi Dasar (KD) merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti.
Baca Tentang: Aplikasi Excel KKM K13 SMP/MTs Kelas 7-8-9 Semua Mapel
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu 
(1) kompetensi sikap spiritual, 
(2) sikap sosial, 
(3) pengetahuan, dan 
(4) keterampilan. 

Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. Di dalam kompetensi sikap spiritual dan kompetensi sikap sosial terkandung lima nilai utama karakter yaitu religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”.

Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”.
Baca tentang: KKM Mata Pelajaran Akidah Akhlak MTs Kelas 7,8,9 K13
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. Proses pembelajaran dengan menumbuhkan dan mengembangkan kompetensi sikap dapat diintegrasikan dengan lima nilai utama penguatan pendidikan karakter yaitu nilai Religiusitas, Nasionalisme, Kemandirian, Gotong Royong Dan Integritas.
Baca juga: KKM/KBM K13 Untuk jenjang SD/MI Kelas 1 s/d Kelas 6
Dari sekilas uraian di atas oleh sebab itulah akhirnya di bawah ini telah kami siapkan file daftar Kompentensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) untuk jenjang SD/MI:

Semoga dengan kami bagikan materi ini yaitu tentang Lampiran KI dan KD K-2013 SMP/MTs dapat bermanfaat dan akhir dapat mempermudah anda dalam menyusun berbagai bentuk administrasi pembelajaran Kurikulum 2013.

Post a Comment for "Lampiran KI dan KD K-2013 SMP/MTs"