Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lengkap Modul Ajar PAUD Kurikulum Merdeka

Lengkap Modul Ajar PAUD Kurikulum Merdeka

Salah satu perangkat ajar pada kurikulum merdeka adalah modul ajar. Modul ajar adalah dokumen berupa proses pembelajaran yang terdiri dari tujuan, langkah, dan  media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu  unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran.

Lengkap Modul Ajar PAUD Kurikulum Merdeka

Dan kita sebagai guru diberikan kebebasan untuk membuat sendiri, berinovasi, memilih, memilah serta memodifikasi modul ajar yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan peserta didiknya masing-masing.

Modul banyak digunakan oleh tenaga pengajar karena materi yang akan disampaikan akan lebih mudah dipahami. Selain itu, modul pembelajaran juga bersifat membantu para peserta didik atau pembacanya untuk dapat belajar sendiri tanpa bergantung dengan orang maupun media lainnya.


Fungsi Modul Pembelajaran

1. Pengganti Tenaga Pengajar

Seperti yang telah dijelaskan bahwa modul pembelajaran akan memberikan pembelajaran yang sudah terstruktur rapi seperti apa yang disampaikan oleh tenaga pengajar. Sehingga sudah tidak dibutuhkan bantuan langsung dari pengajar. 

2. Bahan Ajar Mandiri

Berdasarkan pengertiannya, modul pembelajaran berfungsi supaya para peserta didik dapat belajar secara mandiri. 

3. Alat Evaluasi

Selain untuk mengajar, modul juga dapat digunakan untuk melakukan evaluasi terhadap pemahaman siswa. Maksudnya adalah tenaga didik dapat melihat apakah para peserta didik sudah meningkat pemahamannya dengan menggunakan modul pembelajaran. 

4. Bahan Rujukan

Modul juga dapat dijadikan bahan rujukan karena di dalamnya terdapat penjelasan rinci dan juga keterangan-keterangan tambahan. Selain itu, sifat dari modul itu sendiri yang harus berkualitas dan kredibel karena dibuat berdasarkan literatur yang terpercaya. 

Cara Membuat Modul Pembelajaran

Seperti yang telah dijelaskan bahwa contoh modul pembelajaran harus mengandung sistem yang rapi sehingga dapat membantu peserta didik dalam memahami materi yang ingin disampaikan. Namun, sebelum berbicara mengenai isi, pembuatan modul dimulai.

Membuat cover modul pembelajaran

Cover modul pembelajaran umumnya mencakup nama mata pelajaran, identitas penulis, target pembaca, sampai instansi yang merilis modul tersebut. 

Kerangka Menyusun Modul Khusus PAUD/TK

1. Kerangka modul ini berisi tentang: 

2. Tujuan instruksional umum dan khusus

3. Soal evaluasi

4. Pokok penting materi pelajaran.

5. Langkah belajar siswa

6. Langkah pembelajaran

7. Alat-alat yang mendukung kegiatan belajar. 

Menulis program pembelajaran 

Pada saat kita menentukan program pembelajaran yang perlu diperhatikan terdiri dari: 

1. Petunjuk guru

2. Kegiatan siswa

3. Lembar kerja siswa

4. Lembar jawaban

5. Lembar tes

6. Lembar jawaban tes

Secara lengkap khususnya materi Modul Ajar PAUD Kurikulum Merdeka dapat langsung dapat didownload pada tautan download berikut ini:

Modul Ajar PAUD Buku Dama Melaut tambah ragam pilihan kegiatan

Modul Ajar PAUD Dokter Hewan Sudah Besar Jadi Apa

Modul Ajar PAUD Kicau Burung Ketilang

Modul Ajar PAUD Materi Roda

Modul Ajar PAUD Pohon (Harian Mingguan)

Modul Ajar PAUD Projek Pohon

Modul Ajar PAUD Sirong Pergi ke sekolah

Modul Ajar PAUD Angin dan Cahaya

Modul Ajar PAUD Banjir dan Hujan

Modul Ajar PAUD Keluarga di Indonesia

Demikian ulasan dan penjelasan singkat materi Lengkap Modul Ajar PAUD Kurikulum Merdeka Semoga membawa manfaat, serta mempermudah dalam menemukan materi yang selama ini banyak dicari untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran. Mohon maaf barangkali penjelasan yang saya sampaikan masih banyak terdapat kekurangannya.

Post a Comment for "Lengkap Modul Ajar PAUD Kurikulum Merdeka"