Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari Guru Nasional 2022

Hari Guru Nasional 2022

Hari Guru Nasional 2022 diperingati pada tanggal 25 November 2022 yang bertepatan pada hari Jumat. Peringatan Hari Guru Nasional adalah hari besar nasional ini bertujuan untuk memperingati peran serta jasa para guru di Indonesia.

Hari Guru Nasional 2022

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. (UU Nomor 14 Tahun 2005).


Sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan tanggal 25 November selain sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional. Untuk memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2022, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) telah memberikan berbagai apresiasi terhadap dedikasi guru termasuk dalam menyelenggarakan peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022.


Untuk mengetahui lebih lanjut tentang peringatan Hari Guru Nasional 2022, simak informasi lengkapnya mulai dari tema dan logo hingga pedoman pelaksanaan upacara yang telah dibagikan Kemdikbud berikut ini.


Tema dan Logo Hari Guru Nasional tahun 2022


Pemerintah melalui Kemdikbud telah merilis informasi tema dan logo peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022. Seperti dilansir situs resminya, Kemdikbud mengusung tema Hari Guru Nasional Tahun 2022 adalah "Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar".

Logo dapat diunduh melalui laman www.kemdikbud.go.id


Selain logo dan tema Hari Guru Nasional 2022, dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional tahun 2022, Kemdikbud juga telah menyampaikan pedoman peringatan Hari Guru Nasional 2022. Upacara Hari Guru Nasional 2022 diselenggarakan pada tanggal 25 November 2022.


Berikut informasi lengkapnya:


Ketentuan Pelaksanaan Upacara Hari Guru Nasional 2022


Upacara bendera diselenggarakan di kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di tingkat pusat, Kantor Kementerian Agama pusat, instansi dan satuan pendidikan di daerah dan kantor perwakilan Indonesia di luar negeri serta satuan pendidikan di luar negeri.


Waktu dan Tempat Upacara Hari Guru Nasional tahun 2022


  • Hari, Tanggal: Jumat, 25 November 2022
  • Pukul: 08.00 waktu setempat
  • Tempat: Halaman kantor/lapangan/tempat lain yang telah disepakati oleh panitia setempat.


Aturan Pakaian Upacara Hari Guru Nasional 2022


  • Pakaian adat tradisional sesuai dengan norma bagi tamu undangan pejabat, undangan pria dan wanita, dan guru.
  • Pakaian seragam organisasi bagi tamu undangan organisasi profesi.
  • Pakaian adat tradisional sesuai dengan norma kepantasan bagi barisan pegawai.


Materi selengkapnya langsung dapat didownload berikut ini:

👉 Pedoman Hari Guru Nasional Tahun 2022

Demikian ulasan singkat materi Pedoman Hari Guru Nasional Tahun 2022 semoga membawa manfaat.


Post a Comment for "Hari Guru Nasional 2022"