Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Isian Akreditasi (DIA) Terkini

Daftar Isian Akreditasi (DIA) Terkini

Sispena 2.0 adalah sesuatu yang harus diketahui oleh sekolah sasaran akreditasi saat ini. Web ini digunakan sebagai sarana akreditasi untuk jenjang SD,SMP, SMA, SMK dan Madrasah. Sebelum para penilai atau asesor dari Kemdikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) melakukan visitasi dan verifikasi, maka sekolah wajib memahami, melakukan dan mengisi SISPENA 2.0 sebagai prasyarat mutlak.

Daftar Isian Akreditasi (DIA) Terkini

Khusus pada penjelasan kali ini saya jelaskan cara mengisi Sispena dan daftar menu dokumen (bukti Fisik) yang diopload jenjang sekolah dasar (SD), yakni dengan mengunggah dokumen yang diperlukan, melakukan penskoran secara mandiri serta menghitung skor sementara sebagai gambaran sebelum kedatangan asesor.

Sebelum mengunggah Bukti Fisik pada menu-menu Sispena 2.0 kita pahami terlebih dahulu sebagai persiapan untuk membagi tugas di masing-masing kompetensi Akreditasi tahun ini.

Adapun alur pelaksanaan akreditasi secara umum adalah sebagai berikut : 

1 Pihak sekolah mengajukan diri untuk mengikuti akreditasi.

2 Login SISPENA S/M 2.0 

3 Memahami dokumen dan segala prasyaratan 

4 Mengisi SISPENA dengan cara mengunggah data ke DIA

5 Melakukan penilaian secara mandiri

6 Menunggu visitasi dari asesor

7 Proses verifikasi, termasuk observasi dan penilaian dari asesor secara onsite berupa visitasi langsung

Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas cara login sispena 2.0, silahkan dibaca dahulu jika belum memahaminya. Selanjutnya akan disajikan tutorial melengkapi dan unggah dokumen melalui fitur DIA.

Pedoman Memahami Butir Kinerja Inti dalam SISPENA 2.0

Apa saja yang perlu disiapkan untuk menghadapi akreditasi sebelum kedatangan petugas penilai dari BAN-SM (Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan? Dalam proses akreditasi terbaru, sekolah harus melengkapi 4 butir kinerja inti yang ada, yakni : 

  • Mutu Lulusan
  • Proses Pembelajaran
  • Mutu Guru
  • Manajemen Sekolah/Madrasah

Itulah keempat butir yang harus dipahami dan dilengkapi. Setiap butir kinerja inti tersebut terdiri dari beberapa butir yang mana masing-masing memerlukan data untuk diunggah ke sistem.

Misal dalam butir kinerja inti Mutu Lulusan, terdapat 11 butir, yakni nomor 1 sampai 11 yang antara lain contohnya adalah : siswa menunjukkan perilaku disiplin dalam berbagai situasi (butir 1), siswa menunjukkan perilaku religius dalam aktivitas di sekolah (butir 2), dan seterusnya hingga butir ke 11.

Pada butir ke 12 akan masuk ke klasifikasi butir kinerja inti yang kedua, yakni Proses Pembelajaran. Begitu seterusnya hingga butir kinerja inti yang keempat. Untuk jenjang SD, dalam DIA SISPENA S/M 2.0 total ada 36 butir.

Lalu setiap butir terdiri dari : 

Capaian Kinerja, dimana nantinya akan terbagi menjadi 4 level dengan level empat sebagai yang tertingi (skor sempurna). 

Bagian Capaian Kinerja ini berbentuk kolom. Setiap butir memiliki definisi skor yang berbeda. Misal untuk butir 1, isi dari Capaian Kinerja yang sudah ditetapkan adalah 


Level Definisi Capaian Kinerja

4 Siswa menunjukkan perilaku disiplin yang membudaya berdasarkan tata tertib sekolah/madrasah dan mendapat pengakuan atas prestasi kedisiplinan.

3 Siswa menunjukkan perilaku disiplin berdasarkan tata tertib sekolah/madrasah dan mendapat pengakuan atas prestasi kedisiplinan.

2 Siswa menunjukkan perilaku disiplin berdasarkan tata tertib sekolah/madrasah namun terbatas di sekolah/madrasah.

1 Siswa menunjukkan perilaku disiplin berdasarkan tata tertib sekolah/madrasah namun terbatas di kelas.

Usahakan untuk memenuhi definisi capaian kinerja level 4 agar nilai akreditasi bisa bagus. Perlu diketahui juga meski pihak sekolah yang mengisi atau menilai, nanti pihak asesor yang akan mencocokan apakah kondisi di lapangan sesuai dengan penilian tersebut. 

Selanjutnya juga ada Petunjuk Teknis untuk masing-masing butir yang berisi penjelasan spesifik apa yang harus disiapkan dan nantinya dinilai oleh petugas yang sudah ditunjuk Kemdikbud Republik Indonesia.

Dalam bagian Petunjuk Teknis terdiri dari tiga bagian, yakni : 

  • Definisi
  • Pembuktian Kinerja
  • Kesimpulan Penilaian

Definisi terdiri atas penjelasan terperinci mengenai aspek, istilah, elemen atau hal yang dinilai. Misalkan dalam butir satu, poin definisi menjelaskan pengertian istilah disiplin dan membudaya. Memahami bagian ini sangat penting agar ada kesamaan visi dan pengertian antara semua pihak.

Bagian Pembuktian Kinerja berisi 3 hal yakni : 

Observasi :  yang berisikan tabel tentang aspek dan indikator observasi serta hasil observasi.

Telaah Dokumen : berisi aspek yang ditelaah, nama dokumen dan hasil pencocokan antara dokumen yang diunggah dan bentuk fisik dari dokumen tersebut.

Wawancara : berisi tabel yang akan digunakan oleh asesor untuk menentukan subyek wawancara dan pokok bahasan penilaian dalam wawancara.

Download: Daftar Isian Akreditasi (DIA) Terkini

Bagian terakhir adalah Kesimpulan Penilaian yang terdiri dari narasi hasil penilaian dan nilai (skor) untuk menetapkan capaian dari butir yang ditelaah, apakah masuk kategori 1,2,3 atau 4. Semua ini adalah gambaran dari apa yang akan dikerjakan oleh asesor. 


Post a Comment for "Daftar Isian Akreditasi (DIA) Terkini"