Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Excel Cetak Anggota KKG 2022-2023

Aplikasi Excel Cetak Anggota KKG 2022-2023

Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan   Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 dan SK Dirjen Dikdasmen No.070/C/Kep/I/93 tanggal, 7 April 1993 tentang Pengelolaan Gugus Sekolah, oleh karena dengan berdasarkan peraturan tersebut dapat dijelaskan, bahwa kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) memang sangat diperlukan.

Aplikasi Excel Cetak Anggota KKG 2022-2023

Kelompok Kerja Guru (KKG) merupakan wadah atau forum kegiatan profesional bagi para guru Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah di tingkat gugus atau kecamatan yang terdiri dari beberapa sekolah.1Kelompok Kerja Guru (KKG) adalah wadah kegiatan profesional bagi guru SD/MI/SDLB di tingkat kecamatan yang terdiri dari sejumlah guru dari sejumlah sekolah.2Menurut Mulyasa, Kelompok Kerja Guru (KKG) adalah forum komunikasi kerja guru, dari guru, oleh guru, dan untuk guru. Forum ini memiliki tugas dan fungsi untuk membahas masalah-masalah yang dihadapi dalam pembelajaran dengan menciptakan iklim yang kondusif agar para guru dapat berekreasi didalamnya.


Sehingga untuk mengakomodir berbagai kegiatan di masing-masing daerah Binaan (DABIN) dibentuk sebuah Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) yang dipandu oleh seorang Pengawas TK/SD. Sedangkan dalam pelaksanaan Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) materi dapat juga disampaikan oleh guru yang mempunyai kompetensi lebih, bahkan juga dapat mendatangkan nara sumber dari pihak lain apabila diperlukan.


Jadi dari pernyataan diatas dapat disimpulkan, KKG merupakan suatu organisasi atau wadah bagi guru yang bergabung dalam organisasi gugus sekolah yang bertujuan guru menjadi lebih profesional dalam upaya peningkatan pendidikan Agama Islam di SD melalui pendekatan sistem pembinaan profesional dan kegiatan belajar aktif. Salah satu bentuk peningkatan mutu tersebut adalah melalui wadah Kelompok Kerja Guru di tingkat kecamatan. Sehingga keberadaan guru Pendidikan Agama Islam disebut sekolah menghasilkan kinerja yang dapat diperhitungkan prestasinya di banding guru yang lain.


Salah satu sistem pembinaan profesional guru sesuai dengan keputusan Dirjen Dikdasmen melalui keputusan No. 079/C/Kep/I/1993, tanggal 7 April 1993 menetapkan bahwa pedoman pelaksanaan sistem pembinaan profesionalitas guru melalui KKG (Kelompok Kerja Guru) bidang studi di SD sebagai wahana peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru SD.


Fungsi dan tujuan KKG


Fungsi KKG antara lain yaitu: 1) Fungsi silaturrahmi, yaitu wadah bertemunya guru- guru PAI disetiap kecamatan. 2) Fungsi informasi, yaitu KKG menyediakan berbagai informasi kedinasan yang dibutuhkan anggotanya. 3) Fungsi produksi yaitu KKG mampu menyediakan kebutuhan pembelajaran bagi anggotanya. 4) Fungsi pengembangan profesi yaitu KKG bisa memfasilitasi dan memberikan bimbingan kepada anggotanya dalam pengembangan profesi guru. Misalnya: kenaikan pangkat, angka kredit yang dibutuhkan, melakukan pendampingan dalam penulis PTK.


Dapat disimpulkan bahwa organisasi KKG merupakan kelompok kerja yang dibentuk melalui SK dan di sahkan oleh pejabat yang berwenang yaitu Dinas Pendidikan Setempat.


Bukti seorang guru telah mengikuti kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) adalah sebuah surat keterangan atau sejenis piagam yang dapat menambah nilai angka kredit dengan bukti telah menyusun resume serta dilengkapi dengan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan nilai angka kreditnya.


Untuk memudahkan mencetak “Surat Keterangan” Aktif mengikuti kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) kami telah membuat sebuah aplikasi sederhana yang berfungsi untuk mencetaknya dan dapat dipergunakan dengan amat sangat muudah.


Apabila menghendaki Aplikasi Cetak Surat Aktif KKG langsung saja silahkan unduh filenya pada tautan berikut ini:

Demikian ulasan singkat materi tentang Aplikasi Excel Cetak Anggota KKG 2022-2023 semoga membawa manfaat, khususnya bagi pengurus Kelompok Kerja Guru (KKG) di masing-masing Daeran Binaan. Mohon maaf atas berbagai kekurangan kami dalam membagikan, menjelaskan serta membuat aplikasi tersebut. Dan senantiasa kami selalu menunggu kritik, saran serta masukan demi pembelajaran kami berikutnya.

Post a Comment for "Aplikasi Excel Cetak Anggota KKG 2022-2023"