Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Instrumen Akreditasi Ssatuan Pendidikan 2022

Instrumen Akreditasi Ssatuan Pendidikan 2022

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) menetapkan slogan: Akreditasi Bermutu untuk Pendidikan Bermutu. Slogan tersebut dimaksudkan untuk memperkuat dan mengaktualisasikan moto BAN-S/M: profesional, tepercaya, dan terbuka.

Instrumen Akreditasi Ssatuan Pendidikan 2022

Akreditasi bermutu untuk pendidikan bermutu memiliki empat pilar. Pertama, perangkat yang bermutu. BAN-S/M berusaha mengembangkan Perangkat Akreditasi sebagai alat penilaian mutu pendidikan yang valid dan reliabel dengan mengacu pada hasil-hasil riset dari berbagai pakar, baik Nasional maupun Internasional tentang sekolah efektif, benchmarking akreditasi Internasional, Standar Nasional Pendidikan, dan Peraturan- peraturan yang terkait. Perangkat yang bermutu terdiri atas Instrumen, Petunjuk Teknis, Data dan Informasi Pendukung, Kesimpulan Penilaian, dan Teknik Penskoran. Perangkat Akreditasi disusun dengan bahasa yang mudah dan sederhana sehingga tidak menimbulkan salah pengertian dan perbedaan pendapat antara sekolah/madrasah dengan asesor, dan memudahkan sekolah/madrasah dalam mempersiapkan akreditasi dan pada saat visitasi. Perangkat Akreditasi dapat diakses melalui situs web BAN-S/M, Dinas Pendidikan, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) RI, dan media lainnya.


Pilar kedua adalah asesor yang bermutu. Dalam rangka meningkatkan profesionalisme asesor, BAN-S/M diantaranya mensyaratkan pendidikan sekurang-kurangnya S1, memiliki pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan yang relevan, dan mahir mengoperasikan komputer. Asesor juga harus memiliki kecakapan sosial dan berkepribadian luhur. Asesor adalah salah satu pelaku utama Akreditasi yang berhubungan langsung dengan masyarakat sehingga kepribadian mereka menentukan citra BAN-S/M dan hal- hal lain yang terkait dengan Akreditasi.


Pilar ketiga adalah manajemen yang bermutu. BAN-S/M berusaha memperbaiki sistem manajemen baik yang terkait dengan perencanaan, pelaksanaan kegiatan monitoring dan evaluasi. Proses penetapan kuota dan sekolah/madrasah diperbaiki sehingga lebih cepat, adil, dan objektif. Usaha penyempurnaan manajemen dapat dilihat dari perubahan Prosedur Operasional Standar (POS) Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah. Melalui POS Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah, pihak-pihak yang terkait dengan Akreditasi khususnya BAN-S/M Provinsi, Asesor dan Kepala sekolah/madrasah dapat melaksanakan kegiatan dengan benar. Termasuk ke dalam pilar ketiga adalah pertanggungjawaban keuangan yang benar, kinerja, dan komunikasi yang semakin baik.


Pilar keempat adalah hasil-hasil yang bermutu. BAN-S/M mulai mengembangkan Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena) untuk menyederhanaan proses pelaksanaan akreditasi dan sebagai sistem basis data yang memuat hasil dan peringkat Akreditasi. Hasil-hasil Akreditasi terintegrasi dengan data pokok Pendidikan Kemendikbud dan data Pendidikan Madrasah (Education Management Information System) Kementerian Agama, dan memuat data tentang keadaan sekolah/madrasah sehingga menjadi dasar dalam pembuatan kebijakan dan pengambilan keputusan. BAN-S/M mencatat beberapa Daerah mulai menjadikan hasil Akreditasi sebagai bagian dari program peningkatan mutu pendidikan. BAN-S/M senantiasa memberikan data-data yang lengkap dan mutakhir (available), mudah diakses (accessible), dan bermanfaat (beneficial). Berbagai pihak dapat mengolah dan memanfaatkan hasil Akreditasi untuk kepentingan studi, pemetaan mutu pendidikan, dan perencanaan pembangunan.

Download juga: Pedoman Khusus Akreditasi 2022

Saat ini Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) telah menentukan arah dan tujuan baru pada pelaksanaan Akreditasi dengan melakukan pergeseran paradigma penilaian akreditasi dari penilaian administrasi (compliance) menuju penilaian kinerja (performance). Hal tersebut guna peningkatan mutu pendidikan dengan pergeseran dunia digital saat ini. 


Selain itu pula dengan menitikberatkan pada mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, dan manajemen Sekolah/Madrasah. Perubahan ini sejalan dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang menitikberatkan pada substansi mutu pendidikan, melalui kemerdekaan belajar bagi siswa. Dalam implementasinya, proses pengembangan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2022 telah melewati proses perancangan yang begitu panjang.

Download: POS Akreditasi Sekolah Madrasah 2022

Arah dan tujuan baru pada penilaian akreditasi melalui Instrumen Akreditasi Tahun dapat menghadirkan tantangan baru pula yang tentu saja tidak mudah dilaksanakan oleh  khususnya bagi asesor.


Jika selama ini isu yang menjadi momok adalah masalah integritas, maka dengan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2022 pekerjaan rumah asesor bertambah, yakni harus memiliki kompetensi dan pengetahuan yang memadai dalam melakukan penilaian terhadap kinerja sekolah, yang tidak lagi berbasis dokumen/administrasi.


Asesor dituntut untuk mampu menggali data dan informasi secara benar, obyektif, dan terukur sesuai dengan tujuan yang diharapkan dari setiap butir instrumen tersebut.


Melalui penerapan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Tahun 2022 (IASP SD/MI Tahun 2022, IASP SLB/MLB Tahun 2022, IASP SMP/MTs Tahun 2022 dan IASP SMA/MA Tahun 2022, IASP SMK/MAK Tahun Tahun 2022). BAN-S/M mengoptimalkan teknologi informasi untuk sistem penilaian akreditasi secara daring, penguatan asesor melalui uji kompetensi dan e-training. Teknologi tidak akan menggantikan kedudukan asesor, namun asesor yang tidak dapat menggunakan teknologi dalam pelaksanaan akreditasi akan tergantikan.


Berikut materi Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) SD/MI, SLB/MLB, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK


Instrumen Akreditasi Ssatuan Pendidikan 2022 Format Excel terdiri dari:

Download Intrumen Akreditasi Format Excel

Download Instrumen Pengumpulan Data Akreditasi Format Excel

Download Skoring Nilai Akreditasi Format Excel

Download Data Pendukung Akreditasi Format Excel

Download Data Sarana dan Prasarana Format Excel

Instrumen Akreditasi Ssatuan Pendidikan 2022 Format PDF berikut ini:

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) SD-MI

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) SLB-MLB

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) SMP-MTs

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) SMA-MA

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) SMK-MAK


Demikian ulasan singkat materi Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) SD/MI, SLB/MLB, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK semoga bermanfaat.


Mohon maaf bagi yang memerlukan bukti fisik Akreditasi secara lengkap mohon bersabar, karena terbatasnya waktu kami untuk membagikan, sedangkan materinya insya alloh sudah siap semuanya


Post a Comment for "Instrumen Akreditasi Ssatuan Pendidikan 2022"

close