Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silabus Mulok Bahasa Jawa K-13 Kelas 1-6 SD/MI

Silabus Mulok Bahasa Jawa K-13 Kelas 1-6 SD/MI

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Silabus Mulok Bahasa Jawa K-13 Kelas 1-6 SD/MI

Silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis yang memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan Kompetensi Dasar (KD).


Manfaat Silabus pada pembelajaran

1.Silabus bermanfaat sebagai pedoman pengembangan perangkat pembelajaran lebih lanjut, mulai dari perencanaan, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian.

2.Silabus bermanfaat sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan sistem penilaian. Silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, kaib rencana pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kompetensi Dasar.

3.Silabus juga bermanfaat sebagai pedoman untuk merencanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran, misalnya kegiatan belajar secara klasikal, kelompok kecil, atau pembelajaran secara individual. Demikian pula, silabus sangat bermanfaat untuk mengembangkan sistem penilaian.


Silabus pembelajaran berisi tentang:

1.Identitas mata pelajaran

2.Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas

3.Kompetensi Inti

4.Kompetensi Dasar

5.Tema (khusus SD/MI/SDLB/Paket A/dll)

6.Materi Pokok, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi;

7.Pembelajaran,yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan

8.Penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar

9.Alokasi Waktu

10.Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.


Prinsip Pengembangan Silabus pembelajaran

1.Ilmiah; Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

2.Relevan; Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.

3.Sistematis; Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

4.Konsistensi; Adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.

5.Kecukupan; Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

6.Aktual & Kontekstual; Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.

7.Fleksibel; Keseluruhan komponen silabus dapat mengako-modasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.

8.Menyeluruh; Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (Kognitif, afektif, Psikomotor) atu sesuai degan esensi mata pelajaran masing-masing.

Download juga: RPP Mulok Bhs Jawa K-13 Kelas 1-6 SD/MI

Hal tersebut berlaku secara umum tentang silabus pembelajaran, sehingga untuk meningkatkan kebutuhan rekan-rekan sejawat pada kesempatan kali ini telah saya persiapkan materi khusus silabus Mata Pelajaran Mulok Bahasa Jawa mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 SD/MI.

Silabus yang saya bagikan ini dapat dipergunakan pada semester ganjil dan genap dalam 1 (satu) dokumen. Dan sebagai bukti nyata berikut dokumen lengkapnya telah saya persiapkan tautan download berikut ini:

Silabus Mulok Bahasa Jawa Kurikulum 2013 Kelas 1

Silabus Mulok Bahasa Jawa Kurikulum 2013 Kelas 2

Silabus Mulok Bahasa Jawa Kurikulum 2013 Kelas 3

Silabus Mulok Bahasa Jawa Kurikulum 2013 Kelas 4

Silabus Mulok Bahasa Jawa Kurikulum 2013 Kelas 5

Silabus Mulok Bahasa Jawa Kurikulum 2013 Kelas 6

Demikian ulasan singkat materi Silabus Mulok Bahasa Jawa K-13 Kelas 1-6 SD/MI semoga membawa manfaat bagi rekan-rekan pendidik semuanya. Mohon maaf atas segala kekurangan. Silakan berkomentar atau memberi kritik, saran, serta masukan berkaitan dengan dokumen-dokumen pendidikan.

Post a Comment for "Silabus Mulok Bahasa Jawa K-13 Kelas 1-6 SD/MI"