Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Unduh Aplikasi RKAS Penetapan versi 22

Unduh Aplikasi RKAS Penetapan versi 22

Dalam rangka meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan Dana BOS Reguler oleh Satuan Pendidikan yang sesuai dengan Lampiran I Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2021 Tentang Petunjuk teknis pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah Reguler bahwa salah satu tugas dan tanggung jawab tim BOS Sekolah adalah melakukan penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS).

Unduh Aplikasi RKAS Penetapan versi 22

Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang selanjutnya disingkat RKAS adalah rencana biaya dan pendanaan program atau kegiatan untuk 1 (satu) tahun anggaran baik yang bersifat strategis ataupun rutin yang diterima dan dikelola langsung oleh sekolah.

Sekolah sebagai organisasi penyedia layanan pendidikan kepada masyarakat senantiasa dihadapkan dengan tantangan dalam mencapai tujuan atau cita-citanya. Pengelolaan sekolah dilakukan dengan menggunakan kerangka pikir manajemen, yang tergambar dari rangkaian kegiatan yang terdiri atas merencanakan, mengorganisasikan, menempatkan staf, memberikan arahan, mengkoordinasikan, dan mengendalikan kegiatan dan staf. Sebagai salah satu fungsi manajemen, perencanaan memegang peranan mendasar karena membantu pengelola organisasi memperkirakan hambatan/tantangan pencapaian tujuan dan menentukan tindakan sebagai upaya mengatasi hambatan tersebut.

Masa RKAS hanya berlaku untuk satu tahun ajaran yang akan datang, terdiri atas pendapatan dan belanja (pengeluaran). Pendanaan yang dicantumkan dalam RKAS hanya mencakup pengeluaran dalam bentuk uang yang akan diterima dan dikelola sekolah.

Setelah memahami pentingnya menyusun RKAS, pertanyaan berikutnya yang boleh jadi muncul adalah bagaimana cara menyusunnya. Namun sebelum lebih jauh ke langkah operasional penyusunan RKAS, perlu diingatkan kembali bahwa RKAS adalah bagian dari RPS. 

Bagian lainnya RPS (Rencana Pengembangan Sekolah/rencana jangka panjang) adalah RKS (Rencana Kegiatan Sekolah/rencana jangka menengah), yakni rencana pengembangan sekolah yang menggambarkan program-program sekolah dalam kurun waktu empat tahun. Cakupan program-program tersebut lebih bersifat umum atau garis besar, dan mengacu kepada standar nasional pendidikan. 

Adapun RKAS adalah penjabaran operasional dari RKS, artinya isi program RKAS lebih detil dan lebih berjangka waktu pendek (satu tahun). Bila RKS dibuat pada awal tahun untuk empat tahun ke depan, maka RKAS dibuat pada setiap awal tahun pertama, kedua, ketiga dan keempat.

Mengenai sumber dana, umumnya dapat diprediksi sebelumnya karena penyusunan RKAS pada prakteknya lebih menggunakan alokasi historis. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan penggalian dana yang berasal dari hibah.

Dalam perkembangan penyusunan Laporan Pertanggungjawaban dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler disesuaikan dengan RKAS yang telah disusunnya, namun apabila dalam perjalanan transaksi belanja terjadi perubahan, maka RKAS diperlukan pergeseran belanja dengan nominal sama dan kesamaan unsur yang dibelanjakan.

Sehingga dalam hal pembahasan RKAS dapt terbagi menjadi 3 kelompok/bagian; 1) RKAS Penetapan; 2) RKAS Perubahan; dan 3) RKAS Pergeseran atau dalam arti luasnya terutama RKAS pergeseran dapat diubah sewaktu-waktu dengan melampirkan berita Acara yang diketahui oleh Komite Sekolah.

Pada kesempatan kali ini sengaja kami hadirkan sebuah materi Aplikasi RKAS Penetapan yang nantinya dipakai pada tahun 2022. Hal itu karena saat ini telah melakukan perubahan.


Download: APLIKASI RKAS PENETAPAN 2022

Atau yang paling mudah

Unduh Aplikasi RKAS Penetapan versi 22

Demikian penjelasan sesingkat ini semoga akan membawa manfaat, dan kemudahan bagi rekan-rekan yang mungkin memerlukan tambahan referensi dalam menyusun RKAS.


Mohon maaf atas berbagai kekurangan kami.


Post a Comment for "Unduh Aplikasi RKAS Penetapan versi 22"