Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Mulok Bahasa Jawa Kelas 3 K-2013

RPP Mulok Bahasa Jawa Kelas 3 K-2013

Pada dasarnya muatan pelajaran maupun mata pelajaran yang tertuang pada Kurikulum 2013 selain mata pelajaran/muatan pelajaran pokok, juga terdapat mata pelajaran muatan lokal yang sering disebut (Mulok).

RPP Mulok Bahasa Jawa Kelas 3 K-2013

Muatan Lokal (Mulok) ini merupakan salah satu materi pelajaran disajikan sesuai dengan kaidah di masing-masing daerah, sehingga dapat dibilang bahwa muatan pelajaran/mata pelajaran muatan Lokal di masing-masing daerah dipastikan berbeda-beda.

Selain itu muatan lokal ini mencakup lokal provinsi dan ditambah dengan ketentuan-ketentuan di masing-masing kabupaten, bahkan sampai dengan tingkat kecamatan.

RPP adalah Suatu program yang ditulis maupun diketik oleh guru sebelum melaksanakan proses pembelajaran di kelas dan berguna sebagai acuan dalam kegiatan proses belajar mengajar, sehingga RPP ini wajib dibuat sebelum guru tersebut masuk ke kelas dan memberikan pelajaran ataupun materi pelajaran kepada siswa siswinya.

Namun dikarenakan kesibukan guru yang dibebani administrasi yang lumayan banyak maka, para tenaga pendidik ini mencari celah cepat, yaitu dengan cara mencari dan cukup mendownload administrasi dari berbagai media elektronik (internet) agar tugas administrasi selesai dengan cepat tepat dan selanjutnya bisa memikirkan tugas lainnya yaitu mendidik para peserta didiknya.

Dalam RPP bahasa jawa kurtilas atau K13 ini memuat banyak hal, berbeda dengan kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2006, perlu diketahui bahwa kurikulum nasional ada 2 macam yang masih dipakai di negeri ini, yaitu kurikulum 2013 ( K13 ) dan Kurikulum 2006 (KTSP) ke duanya berbeda dalam hal materi maupun metode pengajarannya, karena di kurtilas ada buku guru dan buku siswa yang memang sudah diseragamkan oleh pemerintah agar pendidikan lebih merata, berbeda dengan kurikulum 2006 ( KTSP ) yang masih tidak begitu terarah.

Meskipun sampai dengan tahun pelajaran 2021/2022 ini sudah hampir semua satuan pendidikan telah melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013 (kurtilas).

Begitu juga muatan lokal yang berada di daerah juga wajib hukumnya menyesuaikan dengan penerapan kurikulum 2013, meskipun pada suatu daerah pemerintah belum mematenkan buku pegangan guru maupun siswa secara permanen. Al hasil guru cukup menggunakan buku pegangan ala kadarnya.

Sebagai kelengkapan penjelasan yang berkaitan dengan mata pelajaran muatan lokal bahasa jawa, maka di kesempatan yang baik ini telah kami persiapkan administrasi pembelajaran yang bernama Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Muatan Lokal Bahasa Jawa.

Download RPP Mulok Bahasa Jawa Kelas 3 K-2013 Untuk Semester Ganjil

Download RPP Mulok Bahasa Jawa Kelas 3 K-13 Untuk Semester Genap 

Jangan terlupakan juga:

RPP Muatan Lokal Bahasa Jawa Kelas 1 Kurikulum 2013

RPP Muatan Lokal Bahasa Jawa Kelas 2 Kurikulum 2013

Demikian semoga penjelasan ini akan dapat menambah wawasan bagi bapak/ibu guru khususnya yang mengajar di satuan pendidikan dasar. Mohon maaf atas segala kekurangan.


Post a Comment for "RPP Mulok Bahasa Jawa Kelas 3 K-2013"