Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Daring Dan Luring K13 SD/MI Lengkap

RPP Daring Dan Luring K13 SD/MI Lengkap

Sebenarnya arti daring dan luring adalah tatanan kata yang dibuat untuk mengartikan online dan offline dalam bahasa Indonesia. Jadi daring adalah online, luring berarti offline. Jika dimasukkan ke dalam konteks dunia pendidikan, artinya merupakan belajar online dan offline.

RPP Daring Dan Luring K13 SD/MI Lengkap

Daring adalah istilah yang sangat populer baru-baru ini. Istilah ini sering digunakan dalam sistem pembelajaran, yang dilakukan secara online atau menggunakan internet.

Arti daring adalah akronim dari dalam jaringan, yang terhubung melalui jaringan komputer, internet dan lain sebagainya. Arti daring juga sering disamakan dengan suatu keadaan komputer yang dapat saling bertukar informasi, yang dihubungkan melalui internet.

Selain daring, terdapat istilah luring yang juga dikenal sebagai penerapan sistem pembelajaran. Luring adalah akronim dari luar jaringan yang terputus dari jejaring komputer, atau bisa juga disebut dengan pembelajaran dalam sistem offline.

Pembelajaran adalah proses belajar yang dibangun untuk mengembangkan kreatifitas berpikir peserta didik.

Demi menjaga keselamatan dan kesehatan para siswa, sejumlah satuan pendidikan menerapkan sistem pembelajaran online atau virtual tanpa tatap muka langsung di kelas. Sistem pembelajaran seperti ini dikenal dengan istilah sistem pembelajaran daring. 

Pembelajaran daring adalah metode belajar yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS). Seperti menggunakan Zoom, Google Meet, dan lainnya. 

sistem pembelajaran luring merupakan sistem pembelajaran yang memerlukan tatap muka. Menurut KBBI Kemendukbud, luring adalah singkatan dari luar jaringan; terputus dari jejaring komputer. Misalnya, saat siswa belajar melalui buku pegangan siswa dan tenaga pengajarnya.

Belajar secara daring tentu memiliki tantangannya sendiri. Berbeda dengan luring, kamu bukan hanya membutuhkan suasana di rumah yang mendukung untuk belajar, tetapi juga koneksi internet yang memadai. Namun, proses pembelajaran yang efektif juga tak kalah penting. 

Pembelajaran perlu didesain dengan baik, karena melibatkan interaksi peserta didik, pendidik (guru) dan sumber belajar pada sebuah lingkungan belajar.

Perbedaan pemahaman mengenai istilah daring dan luring ini memang perlu diluruskan. Karena sebagian orang mengklasifikasikan daring sebagai online yang terhubung ke internet dan luring dianggap sebagai kegiatan yang terhubung melalui intranet.

Intranet sendiri merupakan terminologi dalam dunia informatika yang merujuk pada sebuah kondisi saling terhubung dalam jaringan dalam cakupan terbatas.

Jadi intinya dalam aktivitas luring, sama sekali tidak melibatkan jaringan internet. Secara sederhana, misalnya peserta didik melakukan chat di Whatsapp artinya mereka melakukan aktivitas daring.

Akan tetapi, jika peserta didik menulis artikel atau mengerjakan tugas di Microsoft Word dan tidak menyambungkannya dengan jaringan internet, maka itu adalah contoh aktivitas luring.

Kegiatan pembelajaran daring dan luring ini memang baru saja digenjot pelaksanaannya, dikarenakan dengan adanya peristiwa terjadinya virus corona covid-19 yang masih juga belum reda.

Oleh sebab itulah pada saat ini satuan pendidikan tetap melaksanakan pembelajaran dengan pilihan model pembelajaran daring, Luring atau kombinasi daring dan luring.

Dari beberapa model kegiatan pembelajaran tersebut memang terdapat kelemahan dan kekuatannya, namun perlu kita sadari, bahwa dalam situasi apa pun proses pembelajaran harus tetap berjalan, sehingga tahun pelajaran 2020/2021 tetap dimulai pada tanggal 13 Juli 2020.

Untuk mempersiapkan proses pembelajaran Luar Jaringan tersebut guru juga perlu mempersiapkan strategi dan model pembelajaran yang pasti, tak lupa pula pelaksanaan proses pembelajaran dikemas dalam sebuah administrasi pembelajaran khususnya RPP.

Berikut ini file download materi RPP Daring Dan Luring K13 SD/MI Lengkap

Sekelompok RPP Luring K13 Kelas 1 s.d Kelas 6 SD/MI

RPP Luring K13 Kelas 1 SD/MI

RPP Luring K13 Kelas 2 SD/MI

RPP Luring K13 Kelas 3 SD/MI

RPP Luring K13 Kelas 4 SD/MI

RPP Luring K13 Kelas 5 SD/MI

RPP Luring K13 Kelas 6 SD/MI

Sekelompok RPP Daring K13 Kelas 1 s.d Kelas 6 SD/MI

RPP Daring K13 Kelas 1 SD/MI

RPP Daring K13 Kelas 2 SD/MI

RPP Daring K13 Kelas 3 SD/MI

RPP Daring K13 Kelas 4 SD/MI

RPP Daring K13 Kelas 5 SD/MI

RPP Daring K13 Kelas 6 SD/MI

Demikian ulasan singkat materi RPP Daring Dan Luring K13 SD/MI Lengkap Semoga ada manfaatnya, mohon maaf atas segala kekurangannya.


Post a Comment for "RPP Daring Dan Luring K13 SD/MI Lengkap"