Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PTS Matematika Semester 2 Kelas 4-5-6 SD/MI

Soal PTS Matematika Semester 2 Kelas 4-5-6 SD/MI

Kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) adalah proses evaluasi untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran, memantau kemajuan, melakukan perbaikan pembelajaran dan menentukan keberhasilan belajar peserta didik dalam bidang akademik.

Soal PTS Matematika Semester 2 Kelas 4-5-6 SD/MI

Tujuan diadakan Penilaian Tengah Semester yaitu untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan dan kemampuan yang telah dicapai oleh peserta didik, mendorong agar peserta didik lebih giat belajar, mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi kegiatan belajar mengajar berikutnya serta mendorong dan memacu peningkatan profesi guru.


Sekolah sebagai lembaga pendidikan sudah tidak asing lagi melakukan evaluasi. Evaluasi dapat dilakukan setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar atau lebih. Evaluasi di madrasah/sekolah dikenal dengan istilah ulangan harian, Ulangan Tengah Semester (UTS) sekarang istilahnya Penilaian Tengah Semester (PTS), kemudian ada Penilaian Akhir Semester (PAS) saat semester ganjil, sedangkan ketika semester genap istilahnya disebut Ujian Kenaikan Kelas (UKK), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Sebagaimana dimadrasah tempat saya bertugas, hari ini melaksanakan kegiatan PTS. Saat pagi siswa/i sudah menunjukkan semangat yang tinggi untuk mengikuti PTS.

Mereka mencari ruangan tempat ujian berdasarkan kartu peserta yang mereka miliki. Seperti biasa PTS setiap ruangan ada dua kelas yang berbeda tingkat dan jurusan. Sehingga siswa dapat diminimalisasi saling bertanya atau berbagi jawaban.

Sebenarnya evaluasi merupakan hal biasa. Tujuannya untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi oleh siswa. Evaluasi membedakan mana siswa yang telah mencapai kompetensi mana yang belum. Bagi siswa yang belum mencapai kompetensi harus mengikuti remedial supaya nilai minimum tercapai.

Sebenarnya banyak faktor penentu siswa telah mencapai kompetensi seperti kualitas guru, sarana dan prasarana belajar, serta tingkat kesukaran materi. Selain itu perlu motivasi dari diri siswa sendiri maupun dari keluarga di rumah, untuk terus berupaya melakukan yang terbaik saat belajar.

Tujuan dari Penilaian Tengah Semester ini meliputi:

1. Mengukur hasil pembelajaran yang peserta didik selama setengah semester

2. Mengukur apakah materi pelajaran yang dari para guru pada setiap mata pelajaran selama setengah semester melalui Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sudah mampu dipahami oleh pelajar

3. Mempertanggungjawabkan penyelenggaraan pendidikan

4. Sebagai sarana pembangun motivasi belajar untuk pelajar


Sementara itu, fungsi dari  Penilaian Tengah Semester yaitu:

1. Sebagai pendorong peningkatan mutu belajar

2. Bentuk evaluasi bagi para guru

3. Alat pengendali mutu pendidikan secara umum

Menyikapi ujian anak zaman sekarang berbeda dengan zaman dulu kita dulu. Siswa sekarang kurang gigih dalam belajar. Biasanya inginnya serba instan. Ingin dapat nilai tinggi tetapi tidak mau belajar. Walaupun kita tidak dapat menggeneralisasinya.

Idealnya siswa dalam menghadapi ujian apapun. Sudah seharusnya mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Tentunya cara yang dilakukan sesuai aturan, jujur, dan tidak mencontek.

Bukan nilai sebenarnya tujuan akhirnya, akan tetapi proses belajar dan evaluasi yang dilakukan dengan benar. Sehingga sekolah berfungsi sebagai sarana pembelajaran hidup.

Penilaian Tengah Semester (PTS) berlaku pada Kurikulum 2013 yang dulunya diberikan istilah Ulangan Tengah Semester (UTS) atau Mid Semester. Hal ini berlaku untuk semua jenjang sekolah.

Bagi pengunjung yang kebetulan mengajar di jenjang SD/MI untuk mempersiapkan materi soal Penilaian Tengah Semester Mata pelajaran Matematika semester genap kelas 4-5-6 berikut kami siapkan soalnya.

Kisi-kisi PTS Matematika Kelas 4 Semester 2

Soal PTS Matematika Kelas 4 Semester 2

Soal PTS Matematika Kelas 5 Semester 2

Kisi-kisi PTS Matematika Kelas 6 Semester 2

Soal PTS Matematika Kelas 6 Semester 2

Demikian ulasan singkat materi Soal PTS Matematika Semester 2 Kelas 4-5-6 SD/MI semoga bermanfaat.

Materi terkait lainnya:

Soal PTS Semester 2 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/MI

Soal PTS PPKn SMP Kelas 7-8-9 Semester 2

Soal PTS PPKn IPS Kelas 7-8-9 Semester 2

Soal PTS PPKn IPA Kelas 7-8-9 Semester 2

Post a Comment for "Soal PTS Matematika Semester 2 Kelas 4-5-6 SD/MI"