Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terbaru Aplikasi PKG Guru PAUD Versi 360 Derajad Revisi Terbaru

Terbaru Aplikasi PKG Guru PAUD Versi 360 Derajad Revisi Terbaru

Berdasarkan pembinaan dan pengembangan profesi guru yang telah tertuang dalam pedoman pengelolaan penilaian kinerja guru pada buku 2 yang terbit tahun 2016.

Terbaru Aplikasi PKG Guru PAUD Versi 360 Derajad Revisi Terbaru

Pada buku 2 pedoman pengelolaan penilaian kinerja guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Guru Kelas dan guru Mata Pelajaran, Guru Bimbingan Konseling, Guru Tehnologi Informasi dan Komunikasi/Guru Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan informasi, dan guru Pendidikan Khusus.

Dalam pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru dilakukan selama 2 kali dalam waktu 1 (satu) tahun, yaitu PKG Formatif yang dilaksanakan pada awal Semester ganjil pada tahun pelajaran, dan PKG Sumatif yang dilaksanakan pada semester 2 (genap) pada tahun pelajaran berjalan.

Pada kata pengantar buku 2 juga tertulis bahwa Profesi guru harus dihargai dan dikembangkan sebagai profesi yang berkualitas dan bermartabat. Profesi guru mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai Visi Kemdikbud 2025, yaitu “Menghasilkan Insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif.”

Proses pengelolaan kinerja guru terdiri atas tiga kegiatan utama, yaitu UKG (Uji Kompetensi Guru), Penilaian Kinerja Guru (PK Guru), dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Sehingga buku 2 pedoman penilaian Kinerja guru Buku ini sebagai pedoman bagi pengelolaan dan pelaksanaan PK Guru di sekolah.

Dengan berbekal pedoman buku inilah akhirnya saya sedikit berpikir untuk membuat sebuah Aplikasi sederhana, sehingga besar kemungkinan aplikasi yang saya kembangkan secara sederhana ini akan membawa manfaat bagi yang menggunakannya.

Aplikasi ini murni saya buat atas kesadaran saya dengan memanfaatkan office excel yang saya gunakan dengan kombinasi rumus-rumus sederhana pula, sehingga aplikasi ini dapat dengan mudah dipergunakan oleh pemula pengguna IT pula.

Dengan ditambah dukungan para pejabat pendidikan Kabupaten Grobogan, dan didukung oleh tiem PAK yang telah berpengalaman, maka aplikasi ini telah mendapat rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan untuk dipakai oleh kalangan guru PAUD, Kepala PAUD, Kepala Sekolah SD/MI (PKKS), Guru Mata Pelajaran di SD/di SLTP, Guru Sekolah Dasar, maupun kalangan satuan pendidikan setingkatnya (menengah ke atas) dan seterusnya.

Dengan bantuan pula oleh teman yang bernama Bp. Soeprapto, S.Pd.M.Pd. aplikasi ini telah dapat dipakai secara umum, pada kesempatan kali ini saya awali dengan membagikan file Aplikasi PKG Guru PAUD versi 360 derajad tahun 2020.

Rincian masing-masing menu/submenu marilah kita simak bersama-sama.

1.Menu utama 

Pada menu utama yang berisikan beberapa submenu dengan fungsi masing-masing, sehingga dengan bantuan menu tersebut memudahkan pengguna untuk mengerjakannya. (lihat gambar berikut)

2.Menu Data PKG

Pengisian data ini terdapat beberapa dokumen untuk melengkapi data yang dibutuhkan dalam penilaian PKG, sehingga sangat berhati-hati dalam mengisi data pegawai yang akan dinilai, serta gunakan sell yang berwarna putih saja yang diisi.

3.Submenu petunjuk penggunaan Aplikasi

Penggunaan aplikasi ini kata kuncinya pada sheet petunjuk penggunaan, karena dalam sheet ini adalah bagian-bagian yang wajib diisi, sehingga untuk sheet yang lain dapat diabaikan saja. Hal itu untuk memudahkan pengguna dalam menyusunnya dan untuk menggunakan banyaknya sheet yang ada.

4.Submenu cover PKG

Cover merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam menyusun PKG, namun jangan kuatir, karena sheet ini cukup diisi dari pengisian data.

5.Submenu identitas Pegawai yang dinilai

Identitas pegawai dalam penyusunan PKG merupakan bagian kedua setelah cover, dan dalam pengisiannya diabaikan saja, karena telah terisi pula dari sheet data.

Untuk selengkapnya dapat dipelajari setelah didownload filenya pada akhir penjelasan ini.

6.Submenu lampiran 1A

7.Submenu lampiran 1B

8.Submenu lampiran 1C

9.Submenu lampiran 1D

10.Submenu Daftar kehadiran Pegawai

11.Submenu verifikasi data PKG

12.Submenu catatan fakta PKG

13.Submenu penilaian PKG Kompetensi 1 (K-1)

14.Submenu penilaian PKG Kompetensi 2 (K-2)

15.Submenu penilaian PKG Kompetensi 3 (K-3)

16.Submenu penilaian PKG Kompetensi 4 (K-4)

17.Submenu penilaian PKG Kompetensi 5 (K-5)

18.Submenu penilaian PKG Kompetensi 6 (K-6)

19.Submenu penilaian PKG Kompetensi 7 (K-7)

20.Submenu penilaian PKG Kompetensi 8 (K-8)

21.Submenu penilaian PKG Kompetensi 9 (K-9)

22.Submenu penilaian PKG Kompetensi 10 (K-10)

23.Submenu penilaian PKG Kompetensi 11 (K-11)

24.Submenu penilaian PKG Kompetensi 12 (K-12)

25.Submenu penilaian PKG Kompetensi 13 (K-13)

26.Submenu penilaian PKG Kompetensi 14 (K-14)

27.Submenu penilaian PKG Kompetensi 15 (K-15)

28.Submenu responden Guru/Teman sejawat

29.Submenu responden orangtua peserta didik

Responden orangtua peserta didik diisi cukup menuliskan scor 0, 1, dan 2 untuk mendapat nilai tertentu dan terdiri dari 10 lembar file printout

30.Submenu rekapitulasi responden

Rekap responden ini terdiri dari:

  • Responden guru/teman sejawat
  • Reponden orangtua peserta didik yang terdiri dari 10 responden 

31.Submenu resume pelaksanaan PKG

Resume PKG merupakan hasil rangkuman pelaksanaan kegiatan penilaian kinerja guru berlangsung.

32.Komposisi responden

Pada menu komposisi responden ini tercantum kebutuhan responden yang dibutuhkan, sehingga untuk responden PKG guru PAUD terdiri dari 1 responden guru/teman sejawat dan respopnden orangtua sebanyak 10 responden.

Download juga versi sebelum direvisi sebagai berikut:

Dari sejumlah 32 menu/submenu (sheet) tersebut yang paling utama diperhatikan adalah pada menu “PETUNJUK”, karena menu tersebut telah kami rangkum dari sekian banyak menu yang harus dikerjakan, sehingga apabila menu pada petunjuk tersebut telah valid, maka langkah terakhir adalah printout file tersebut.

Download Versi 1: Aplikasi PKG Guru PAUD Versi 360 Derajad Revisi Terbaru

Download Versi 2: Aplikasi PKG Guru PAUD Versi 360 Derajad Revisi Terbaru

Demikian sekilas penjelasan materi Aplikasi PKG Guru PAUD Versi 360 Derajad Revisi Terbaru dengan harapan aplikasi ini dapat bermanfaat. Mohon maaf apabila terdapat berbagai kekurangan, sehingga kritik, saran serta masukan senantiasa saya tunggu.

Keterangan: 

Aplikasi ini origional disusun oleh Haryono, S.Pd.SD. Kepala Sekolah Dasar Negeri 3 Asemrudung Korwilcam Geyer, kabupaten Grobogan, dengan colling yang dapat dihubungi 081326253055 (Telegram) 085229942750 (WA), serta tersimpan pada situs resmi di https://www.mayfile.com.

File ini boleh dishare ulang oleh rekan-rekan dengan wajib menyertakan link resmi. Terima kasih atas segala dukungannya.

Post a Comment for "Terbaru Aplikasi PKG Guru PAUD Versi 360 Derajad Revisi Terbaru"