Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Unduh RPPM Kelompok Belajar B Usia 3-4 Tahun K-2013 Semester 2

RPPM Kelompok Belajar B Usia 3-4 Tahun K-2013 Semester 2

RPPM Kelompok Belajar B Usia 3-4 Tahun K-2013 Semester 2 -  RPPM atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan ini disusun oleh pendidik khususnya KB/PAUD/TK/RA atau yang sejenisnya/sederajad guna pelaksanaan pembelajaran selama satu minggu. 
RPPM Kelompok Belajar B Usia 3-4 Tahun K-2013 Semester 2
RPPM Kelompok Belajar B Usia 3-4 Tahun K-2013 Semester 2
Perencanaan dan kegiatannya dapat berupa jaringan tema, atau dalam format tabel, atau juga dapat pula berbentuk kotak. Namun untuk kali ini kami telah persiapkan RPPM dalam bentuk tabel

Pada dasarnya untuk menentukan materi yang kan diajarkan dan model pembelajaran yang dipergunakan telah tertulis pula pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan tersebut. 
Sehingga untuk satuan setingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus telah mempersiapkan susunan dan merancang cakupan materi pembelajaran pada setiap Kompetensi Dasar (KD). Dan materi yang akan disampaikan kepada siswa selama satu tahun dengan melalui kegiatan bermain tersebut.
Dengan mengetahui cara penyusunan dan untuk mengembangkan materi pembelajaran tersebut dapat dipelajari pada buku pedoman penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

RPPM atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan setelah selesai disusun guna memenuhi rencana pembelajaran selama satu minggu, maka disebut RPPM.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) ini merupakan penjabaran dari Program Semester (Promes) dengan urutan penyusunannya terdiri atas:
1) Identitas satuan Layanan, 
2) Kompetensi Dasar (KD) yang dipilih, 
3) Materi yang akan diajarkan, dan 
4) Rencana Kegiatan.

Sehingga bagaimanapun format dan bentuk susunan RPPM, di manapun daerah yang menyusun dan menggunakannya tetap harus memuat 4 (empat) komponen.

Sedangkan untuk bentuk atau format RPPM dapat disesuaikan siapa, kapan dan di mana RPPM itu disusun, atau dengan pendek kata format beda, namun komponennya tetap sama.

Setelah akhir pelaksanaan yang telah mencapai satu atau dapat beberapa tema segera dilaksanakan kegiatan yang disebut “Puncak Tema”.

Puncak Tema ini merupakan bagian kegiatan untuk mendapatkan kesimpulan beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa dan untuk mendapatkan daya evaluasi berkelanjutan atau berlangsung.
Aktivitas yang dilaksanakan sepanjang kegiatan pembelajaran selama satu minggu tersebut akhirnya dievaluasi untuk mengukur tingkat ketercapaian perkembangan anak sesuai kompetensi yang diharapkan.

Kegiatan puncak tema dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan; pameran hasil karya anak, kunjungan wisata, kegiatan bersama orang tua, panen raya bersama, sosiodrama, atau diadakan bazar.

Perlu disadari bersama dengan adanya daya imajinasi, keterampilan seseorang dalam menyusun RPPM, tentu saja sudah dipastikan terdapat berbagai perbedaan, namun jangan sampai dilupakan bahwa 4 komponen utama dalam menyusun RPPM harus tetap dipatuhi.

Hal ini karena dengan buku panduan penyusunan RPPM PAUD/TK/RA tersebut telah diterbitkan oleh direktorat PPAUD.


 


Demikian ulasan singkat materi tentang RPPM PAUD/TK Usia 3-4 Tahun K-2013 Semester 2 dengan harapan bunda, yahnda dapat mengembangkan daya kreasi dan imajinasi, sehingga akan membawa lebih baik di masa mendatang satuan atau lembaga kita.

Sekali lagi saya ingatkan apabila materi ini bermanfaat silahkan bagikan kepada rekan-rekan yang membutuhkan.

Keterangan:
Selalu berusaha untuk mencerna bacaan secara penuh, sehingga kebiasaan literasi kita semua akan terarah dan terbiasa.

Post a Comment for "Unduh RPPM Kelompok Belajar B Usia 3-4 Tahun K-2013 Semester 2"