RPPH Kelompok Bermain Usia 3-4 Tahun Semester 1 Minggu 1 s.d 8

RPPH Kelompok Bermain  Usia 3-4 Tahun Semester 1 Minggu 1 s.d 8

RPPH Kelompok Bermain  Usia 3-4 Tahun Semester 1 Minggu 1 s.d 8 ini dikembangkan dari kegiatan semester, namun disajikan lebih lengkap dan lebih terarah.

Perencanaan mingguan juga merupakan rencana kegiatan yang disusun untuk pembelajaran selama satu minggu dan bentuknya dapat berupa jaringan tema (web).
RPPH Kelompok Bermain  Usia 3-4 Tahun Semester 1 Minggu 1 s.d 8
RPPH Kelompok Bermain  Usia 3-4 Tahun Semester 1 Minggu 1 s.d 8
Jaringan tema berisi projek-projek yang nantinya dikembangkan menjadi kegiatan-kegiatan pembelajaran. Pada akhir satu atau beberapa tema dapat dilaksanakan kegiatan pada puncak tema yang merupakan prestasi peserta didik. Dan puncak tema ini dapat berupa kegiatan misalnya membuat kue/makanan, makan secara bersama-sama, pameran hasil karya anak, pertunjukan, panen tanaman dan atau mengadakan sebuah kunjungan/rekreasi sederhana.

Download juga:

Sedangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) adalah unit perencanaan terkecil yang disusun untuk dipergunakan dalam memandu/panduan kegiatan dalam kegiatan satu hari.

RPPH disusun berdasarkan RPP Mingguan (RPPM) yang berisikan kegiatan-kegiatan yang dipilih dari indikator yang direncanakan untuk satu hari sesuai dengan tema dan subtema.

Penulisan RPPH juga disesuaikan dengan model atau pendekatan pembelajaran bermain yang telah ditentukan serta disesuaikan dengan jenis kegiatan atau metode pada saat pembuatan rencana kegiatan mingguan.

Dalam menyusun RPPH memuat identitas lembaga, tema/subtema, kelompok usia, alokasi waktu, kegiatan pembelajaran (pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup), indikator pencapaian, perkembangan, media, dan sumber belajar.

Tata cara penyusunan RPPH

  • Memilih beberapa kegiatan yang terdapat pada RPPM
  • Menentukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan lembaganya
  • Kegiatan harian berisi (pembukaan, inti, dan penutup)
  • Kegiatan harian disesuaikan kondisi dan potensi yang dimiliki lembaga
  • Dapat disusun melalui perorangan maupun kelompok

Kegiatan yang berupa rutinitas dapat dijadikan Standar Operasional Prosedur (SOP) jika Kompetensi Dasar atau muatan pembelajaran belum didapatkan oleh anak pada tema yang dirancang, maka Kompetensi Dasar tersebut dapat diteruskan dan dikembangkan pada tema yang lain dengan bentuk kegiatan yang berbeda.

Sebenarnya dan pada hakekatnya anak pada usia 3-4 tahun dalam hubungan pertemanan anak sudah mulai meningkat, karena berkembangnya aspek sosiologi pada anak. Dan anak mulai mengenal mana yang benar/tidak benar, mengenal berbohong dan mengapa tidak boleh berbohong. Serta perkembangan moralitas ini menjadikan anak anak dapat bermain bersama dengan teman-temannya (bermain kooperatif).

Sedangkan apabila ditinjau dari penetapan indikator dalam RPPH harus bertahap dan berkelanjutan dengan dimulai dari indikator yang paling sederhana, kongkret menuju yang lebih rumit. Jumlah indikator yang ditetapkan pun harus pula dibatasi sesuai dengan kemampuan.

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah tujuan harus jelas dan dapat dilaksanakan, artinya dalam menyusun RPPH setelah disusun dan dilaksanakan juga sesuai dengan susunan perencanaan tersebut.

Download secara keseluruhan filenya berikut ini:

  1. RPPH KB-B SMT1 Minggu_00 - Orientasi.docx
  2. RPPH KB-B SMT1 Minggu_01 - Identitas Diri.docx
  3. RPPH KB-B SMT1 Minggu_02 - Anggota Tubuh.docx
  4. RPPH KB-B SMT1 Minggu_03 - Panca Indera.docx
  5. RPPH KB-B SMT1 Minggu_04 - Sekolahku.docx
  6. RPPH KB-B SMT1 Minggu_05 - Alat Main.docx
  7. RPPH KB-B SMT1 Minggu_06 - Guru dan Teman.docx
  8. RPPH KB-B SMT1 Minggu_07 - Bangunan Rumah.docx
  9. RPPH KB-B SMT1 Minggu_08 - Ruangan Rumah.docx

Demikian informasi materi tentang  RPPH Kelompok Bermain  Usia 3-4 Tahun Semester 1 Minggu 1 s.d 8 semoga ada manfaatnya. Terima Kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPH Kelompok Bermain Usia 3-4 Tahun Semester 1 Minggu 1 s.d 8"

Post a Comment

MERUPAKAN KEBAHAGIAAN BAGI DIRI KAMI , apabila anda berkomentar sesuai dengan topik pembahasan artikel langsung di bawah ini atau untuk berlangganan artikel silahkan tulis email anda !
Kritik, saran, serta masukan senantiasa kami nantikan