Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Aneka Macam SOP PAUD-TK-RA-TPA Terbaru

Aneka Macam SOP PAUD-TK-RA-TPA Terbaru

Pada setiap satuan pendidikan diwajibkan untuk menyusun Standar Operasional Prosedur yang dipergunakan sebagai pengendali pelaksanaan Kurikulum.
Aneka Macam SOP PAUD-TK-RA-TPA Terbaru
Aneka Macam SOP PAUD-TK-RA-TPA Terbaru
SOP ditujukan agar keseluruhan praktek pembelajaran di setiap satuan pendidikan PAUD/TK dalam dilaksanakan secara optimal serta berkualitas.

Apa itu SOP ?

SOP merupakan sebuah layanan dengan singkatan dari Standar Operasional Prosedur yang merupakan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menjalankan suatu pekerjaan dengan berpedoman pada tujuan yang hendak dicapainya.

Apakah SOP Layanan PAUD?

SOP layanan PAUD adalah langkah-langkah yang harus diikuti oleh pendidik, tenaga kependidikan, dan serta peserta didik dalam melaksanakan proses belajar mengajar atau kegiatan bermain anak yang berpedoman pada tujuan yang hendak dicapai.
SOP dapat dibilang pokok sistem yang terdiri dari pedoman kerja, kapan, di mana, oleh siapa, bagaimana dengan cara bagaimana pembelajaran akan dijalankan terutama dalam mengatur program pembelajaran yang bersifat rutin dan habituasi.

Kegiatan rutin dan terus berulang dilakukan guru ini biasanya merupakan kegiatan pembiasaan dan keteladanan dalam mencapai sikap spiritual dan sikap sosial anak.

Pada SOP pembelajaran PAUD ditujukan untuk mewujudkan pencapaian kompetensi yang terkait dengan kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial. SOP akan menjadikan panduan pembelajaran mulai dari awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran, sehingga proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dari awal hingga berakhirnya pembelajaran dapat dijalankan secara runtut, teratur dan produktif.

SOP dapat berkembang sesuai dengan kemampuan satuan pendidikan, semakin banyak program yang dijalankan satuan pendidikan, maka satuan pendidikan tersebut semakin banyak pula SOP yang harus dipersiapkan/disusunnya.
Dengan adanya SOP diharapkan sebuah lembaga dapat memperlancar tim dalam melaksanakan tugasnya, serta mempermudah pengaturan personil dalam menjalankan tugasnya pula. Selain itu juga dapat dipergunakan mempermudah mengetahui hambatan yang mungkin muncul dalam pelaksanaan tugas, baik hambatan tersebut datang dari dalam lembaga sendiri maupun dari luar lembaga.
Terdapat 15 macam SOP layanan PAUD yang dapat pula dipergunakan oleh sekolah lain yang sederajad berikut ini:


Selanjutnya dengan SOP kita dapat membiasakan semua pendidik, peserta didik dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugas masing-masing, dan akhirnya semua kegiatan dapat segera dievaluasi dalam bentuk perbaikan serta dalam bentuk penambahan atau pengayaan dan penambahan.

Demikian ulasan singkat tentang SOP semoga dapat menambah materi kita dalam beroganisasi dan menjalankan tugas dengan lancar.

Post a Comment for "Aneka Macam SOP PAUD-TK-RA-TPA Terbaru"