Program Semester Pembelajaran KB,PAUD,TKA,TKB K13 SMT 1 Dan 2

Program Semester Pembelajaran KB,PAUD,TKA,TKB K13 SMT 1 Dan 2

Program Semester Pembelajaran KB,PAUD,TKA,TKB K13 SMT 1 Dan 2 - Program Semester (PROMES) Kurikulum 2013 ini dapat dipergunakan secara full satu tahun, yang artinya Program Semester (PROMES) yang kami bagikan kali ini untuk semester Ganjil dan semester genap.
Program Semester Pembelajaran KB,PAUD,TKA,TKB K13 SMT 1 Dan 2
Program Semester Pembelajaran KB,PAUD,TKA,TKB K13 SMT 1 Dan 2
Perencanaan program Semester Kurikulum 2013 ini juga terdiri dari 16 minggu efektif untuk semester ganjil, dan 16 minggu efektif pada semester genap. Masing-masing minggu mengacu pada Tema dan Subtema yang sesuai dengan ketetapan.
Download Juga: Program Tahunan Pembelajaran PAUD/TK K2013 Terbaru

Dimanakan PROMES itu ditetapkan ?

Program Semester ditempatkan secara bersamaan PROTA, RPPM, dan RPPM ke dalam Dokumen II satuan pendidikan.

Perencanaan Program Semester berisi daftar tema satu semester yang dikembangkan menjadi subtema atau sub-subtema serta kompetensi yang ditetapkan untuk mencapai pada setiap tema, dan alokasi waktu di setiap tema. Dan selanjutnya Program Semester akan dipergunakan untuk membuat RPPM.

Di dalam menyusun Program Semester lembaga satuan pendidikan diberikan keleluasaan untuk menentukan formatnya, namun sudah dipastikan sesuai dengan kelayakan format.
Download juga: Indikator Pembelajaran PAUD K13 terbaru dan Lengkap
Langkah-Langkah menyusun Program Semester (PROMES) PAUD dan sejenisnya.


  1. Membuat daftar tema selama satu semester, pemilihan dan penentuan tema dilakukan guru sebelum awal semester kegiatan pembelajaran dimulai dengan memperhatikan prinsip pengembangan tema.
  2. Mengembangkan tema menjadi sub tema dan sub-sub tema. Sub tema dan sub-sub tema yang dikembangkan merupakan topik-topik yang lebih khusus dan lebih dalam. Hal itu dengan memperhatikan usia anak, kesiapan guru/pendidik, dan ketersediaan sumber belajar, serta sarana dan prasarana yang tersedia.
  3. Menentukan alokasi waktu untuk setiap tema, sub tema. Waktu pembahasan setiap tema/subtema disesuaikan dengan minat anak, keluasaan, kedalaman, serta sumber/media yang tersedia.
  4. Menetapkan KD di setiap tema. Penentuan KD memuat seluruh aspek perkembangan nilai agama dan moral (nam), Motorik (motr), kognitif (kog), sosial-emosional (sosem), bahasa (bah), dan seni.
  5. Penulisan KD dapat ditulis lengkap atau dapat dituliskan cukup kodenya saja.
  6. KD dapat diulang-ulang di tiap tema/subtema yang berbeda.
  7. Tema/subtema yang sudah ditentukan di awal dapat berubah bila ada kondisi tertentu dengan melibatkan anak tanpa harus merubah KD yang sudah ditetapkan.

Untuk mewujudkan rasa penasaran rekan-rekan atau ayah bunda semuanya berikut telah kami siapkan file/dokumen yang dapat dipergunakan sebagai bahan minimal perbandingan.



Demikian ulasan singkat materi <marquee> Program Semester Pembelajaran KB,PAUD,TKA,TKB K13 SMT 1 Dan 2</marquee> semoga bermanfaat.

Dan apabila materi ini bermanfaat silahkan dibagikan kepada rekan yang membutuhkan, atau apabila anda semua akan selalu mendapatkan update materi dari kami yang secara otomatis masuk di email anda silahkan konfirmasi email anda silahkan tinggalkan email pada kotak yang kami sediakan,

Sampai dengan kali ini kami masih membutuhkan kritik, saran, serta masukan demi peningkatan media sosial ini untuk respon positif bagi kami.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Program Semester Pembelajaran KB,PAUD,TKA,TKB K13 SMT 1 Dan 2 "

Post a Comment

MERUPAKAN KEBAHAGIAAN BAGI DIRI KAMI , apabila anda berkomentar sesuai dengan topik pembahasan artikel langsung di bawah ini atau untuk berlangganan artikel silahkan tulis email anda !
Kritik, saran, serta masukan senantiasa kami nantikan