Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Laporan KBM Pembelajaran Daring Darurat Covid-19 Guru SMP

Laporan KBM Pembelajaran Daring Darurat Covid-19 Guru SMP

Laporan KBM Pembelajaran Daring Darurat Covid-19 Guru SMP - Indonesia saat ini khususnya dunia pendidikan mempunyai tantangan besar dalam penanganan Covid-19. Kondisi saat ini memaksa sebuah kebijakan sosial distancing, atau di Indonesia dikenal sebagai physical distancing (menjaga jarak fisik) untuk meminimalisir persebaran covid-19.
Laporan KBM Pembelajaran Daring Darurat Covid-19 Guru SMP
Laporan KBM Pembelajaran Daring Darurat Covid-19 Guru SMP
Sehingga kebijakan ini diupayakan untuk memperlambat laju persebaran virus vorona di tengah masyarakat. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) merespon untuk belajar di rumah saja dengan melalui pembelajaran daring, Pemberlakuan physical distancing merupakan dasar pelaksanaan belajar di rumah.

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan daring (dalam jejaring) dapat diartikan pembelajaran secara online yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi. Menteri Pendidikan saat ini menegaskan belajar dari rumah bukan berarti 100% diterapkan menggunakan sistem online.

Maksudnya adalah pengumpulan tugas atau hasil KBM dapat dilakukan dengan cara lain; dengan cara diantar, dijemput, dikirim, atau esai dikirim melalui email atau yang lainnya.

Sebagai ujung tombak di level paling bawah suatu lembaga pendidikan, seorang kepala sekolah juga dituntut untuk membuat keputusan dengan cepat dalam merespon surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan yang mengharuskan sekolah untuk tetap memberlakukan pembelajaran dari rumah melalui pembelajaran daring tersebut.

Sehingga langkah-langkah pembelajaran daring; pertama semua guru harus bisa mengajar jarak jauh yang notabene dengan menggunakan teknologi. Pembelajaran online tidak hanya memindah peoses tatap muka menggunakan aplikasi digital, dengan disertai tugas-tugas yang menumpuk. Kedua, Pembelajaran harus lebih banyak berinovasi dan mencari terobosan pembelajaran di masa darurat seperti saat ini. Ketiga,  Guru harus mempunyai perlengkapan pembelajaran online. Peralatan TIK minimal yang harus dimiliki guru adalah alat pendukung vidio conference, seperti laptop, smartphone dan perangkat untuk terkoneksi dengan internet. Selain itu guru harus membangun kreatifitas, mengasah skill siswa, dan peningkatan kualitas diri sendiri dengan merubah sistem, cara pandang dan pola pikir untuk berinteraksi dengan teknologi,

Berbagai tautan dan laman yang telah menyediakan layanan belajar dari rumah yang telah disediakan oleh banyak layanan, dan atau media-media online, serta perangkat-perangkat yang disediakan oleh banyak media sosial.

Selain itu pula KBM daring dapat menggunakan sumber buku di sekolah atau dapat mengambil sumber-sumber yang lain yang relevan. Sedangkan materi dapat dipersiapkan pada malam hari sebelum pelaksanaan pagi harinya.

Untuk mengatasi kebosanan, siswa diberikan kesempatan untuk menayangkan vidio, selain itu juga diberikan tugas yang bersifat life skill (Kecakapan hidup) yaitu dengan melakukan tugas-tugas di rumah beserta prosesnya; misalnya menyapu, mencuci piring, mencuci baju sendiri, menyetrika, membantu memasak, dan bagaimana membiasakan pola hidup sehat (PHBS).

Untuk memantau tugas siswa, maka dapat meminta siswa dengan dibantu orang tuanya untuk mengerjakan. mengirim tugasnya melalui WA atau email. Sedangkan tugas praktek anak dapat mengerjakan tugas di rumah tersebut hasilnya berupa photo dikirim balik kepada gurunya.

Dengan demikian kegiatan belajar mengajar daring ini sangat membantu siswa dalam belajar di rumah selama wabah corona dengan kondusif. Arti luasnya siswa tetap dapat menerima materi pelajaran meskipun tidak seefektif pada pembelajaran tatap muka langsung.
Sebaliknya bagi guru proses pembelajaran tersebut telah disusun sebuah perencanaan, dilaksanakan, dievaluasi, serta dilaporkan hasilnya kepada atasan untuk dinilai kinerja selama pembelajaran daring dengan demikian proses pembelajaran tetap berlangsung.

Sebagai materi pelaporan hasil pembelajaran daring dituangkan dalam format yang telah kami persiapkan pada tautan berikut ini:


Demikian ulasan singkat materi Laporan KBM Pembelajaran Daring Darurat Covid-19 Guru SMP dengan harapan penjelasan tersebut dapat melengkapi, memperjelas materi, serta dapat menambah wawasan bapak/ibu serta rekan-rekan pendidik semuanya.

1 comment for "Laporan KBM Pembelajaran Daring Darurat Covid-19 Guru SMP"

  1. Mantab ini pak contoh laporan daringnya bisa untuk acuan. Maturnuwun nggih pak

    ReplyDelete