Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Pedoman Data Prasarana PAUD

Pedoman Data Prasarana PAUD

Pedoman Data Prasarana PAUD  - Pengertian Prasarana pendidikan anak usia dini adalah segala macam alat, perlengkapan, atau benda-benda yang mendukung penyelenggaraan kegiatan pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan anak usia dini secara optimal.
Download Pedoman Data Prasarana PAUD
Download Pedoman Data Prasarana PAUD 

Prinsip Prasarana PAUD 

Penyediaan prasarana PAUD perlu disesuaikan dengan jumlah anak, kondisi sosial, budaya, dan jenis layanan PAUD dengan prinsip : 
1. Aman 
2. Nyaman 
3. Memenuhi kriteria kesehatan bagi anak 
4. Sesuai dengan tahap perkembangan anak 
5. Memanfaatkan potensi dan sumber daya yang ada di lingkungan sekitar 

Fungsi Prasarana PAUD 

1. Melengkapi lingkungan main dengan prasarana yang tepat untuk anak : 
2. Mendukung kelancaran proses belajar anak di lembaga PAUD 
3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan PAUD dengan penempatan prasarana yang tepat 
4. Mengembangkan karakter positif pada anak 

Manfaat Prasarana PAUD 

1. Menumbuhkan rasa aman dan nyaman 
2. Memotivasi anak dalam kegiatan pembelajaran 
3. Terselenggarakannya layanan PAUD dengan baik 
4. Proses pembelajaran PAUD menjadi lebih optimal 

Kebutuhan Anak sebagai Dasar Rancangan Prasarana 

Pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini yang optimal dapat dicapai bila prasarana dirancang dengan memperhatikan kebutuhan anak : 

1. Keleluasaan anak dalam melakukan aktifitas. 

Anak usia dini sangat aktif, sehingga diperlukan lingkungan yang memberikan kesempatan kepada anak untuk bergerak dengan leluasa. Oleh karena itu, sangat penting bagi pendidik untuk menyediakan dan menata prasarana yang memberikan stimulasi atau rangsangan motorik pada anak. 

2. Kenyamanan anak dalam menggunakan prasarana. 

Anak akan merasa leluasa bereksplorasi dalam lingkungan jika anak merasa nyaman. Oleh karena itu, pendidik perlu merencanakan penataan prasarana yang menumbuhkan minat anak dalam belajar. 

3. Tingkat kemampuan anak dalam menggunakan prasarana. 

Setiap anak adalah unik dan memiliki tahapan perkembangan kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pendidik perlu memahami dan memperhatikan tingkat kesulitan anak dalam memanfaatkan prasarana agar anak menggunakan prasarana secara mandiri. 

4. Tingkat kepekaan anak dalam menggunakan prasarana. 

Anak usia dini perlu dilatih kepekaan dirinya dengan lingkungan. Oleh karena itu, pendidik perlu memberikan berbagai pengalaman yang meningkatkan kepekaan diri terhadap reaksi tubuh saat menggunakan prasarana, misalnya ketika anak berjalan di atas lantai yang agak licin dan kehilangan keseimbangan sehingga perlu berpegangan pada dinding untuk mengembalikan keseimbangan tubuhnya. 

Prasarana Layanan PAUD 

1. Prasarana Utama 

Prasarana utama layanan PAUD merupakan prasarana pokok yang harus dimiliki oleh setiap jenis layanan PAUD, yaitu :

a. Memiliki area kegiatan/bermain baik di dalam maupun di luar ruangan yang dapat mengembangkan berbagai konsep pengetahuan. 

b. Ruang pendidik 

Berfungsi sebagai tempat berkumpulnya para pendidik untuk bertukar pikiran dalam rangka menyusun dan mengevaluasi program pembelajaran, serta meningkatkan mutu internal pendidik bersama teman sejawat.

c. Ruang Adiminstrasi/Ruang Pimpinan/Kepala Sekolah/Pengelola 

Berfungsi sebagai tempat untuk melakukan kegiatan pengelolaan administrasi kelembagaan serta sebagai ruang pertemuan yang dilakukan dengan berbagai unsur misalnya tamu dari dinas terkait, komite sekolah, pendidik dan lainnya.

d. Ruang Pemeriksaan Kesehatan (UKS) 

Berfungsi sebagai tempat penanganan dini bagi anak atau tenaga pendidik/kependidikan yang mengalami permasalahan kesehatan.

e. Kamar mandi anak dan dewasa 

Berfungsi untuk membersihkan diri (mencuci tangan/kaki, BAK, BAB). Pintu kamar mandi sebaiknya tidak mudah terkunci.

f. Meubel 

Berfungsi sebagai perlengkapan di dalam dan di luar ruang belajar seperti; meja, kursi, lemari, loker, tempat hasil karya, dan lain-lain untuk mempermudah keberlangsungan aktivitas pembelajaran. Jumlah meubel yang disediakan disesuaikan dengan kebutuhan lembaga.

2. Prasarana Pendukung

Prasarana pendukung merupakan prasarana yang disarankan dimiliki oleh setiap jenis layanan PAUD, yaitu : 

a. Dapur 

Berfungsi sebagai tempat untuk mengolah makanan dan menyimpan alat-alat masak, bahan makanan, lemari pendingin atau alat pendingin ASI. Semua peralatan ditata dan dikelompokan berdasarkan fungsi/kegunaannya.

b. Area ibadah 

Berfungsi sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan ibadah sesuai dengan agama masing-masing anak dalam rangka menstimulasi semua aspek perkembangan, khususnya aspek nilai-nilai moral dan agama.

c. Ruang perpustakaan 

Berfungsi sebagai tempat untuk meningkatkan pengetahuan berbagai bidang ilmu dan sebagai wadah untuk tukar menukar informasi antara anak-anak, guru-anak, terutama dalam mendorong anak untuk senang membaca.

d. Ruang konsultasi 

Berfungsi sebagai tempat untuk berdiskusi dan konsultasi dalam menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan anak, orang tua, pendidik.

e. Area parkir 

Berfungsi sebagai tempat menyimpan kendaraan milik semua orang yang berkepentingan dengan lembaga, (di tempat yang aman, berada dalam pengawasan, dan tidak mengganggu lalu lintas pembelajaran ).

f. Ruang Serbaguna 

Berfungsi sebagai tempat serbaguna untuk melakukan kegiatan maupun pertemuan yang dilakukan lembaga.

g. Area cuci 

Berfungsi sebagai tempat untuk membersihkan segala perangkat yang terkait dengan anak dan kebutuhan lembaga dalam kegiatan pembelajaran.

h. Gudang 

Berfungsi sebagai tempat menyimpan peralatan pembelajaran di luar kegiatan, tempat menyimpan sementara peralatan yang tidak/belum berfungsi dan tempat menyimpan arsip yang telah berusia lebih dari 5 tahun.

i. Jaringan Telekomunikasi dan IT 

Berfungsi untuk memudahkan komunikasi dengan orang tua murid dan pemangku kepentingan/ stakeholder melalui jaringan telepon maupun internet.
Download juga: Data Sarana PAUD 
J. Transportasi 

Invetaris alat transportasi yang berfungsi untuk menunjang rutinitas lembaga sehari-hari.

Dokumen lengkapnya ada pada tautan berikut;

Pedoman Data Prasarana PAUD 

Demikian ulasan singkat materi Pedoman Data Prasarana PAUD  semoga bermanfaat



Post a Comment for "Download Pedoman Data Prasarana PAUD "