Buku Pedoman Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Buku Pedoman Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Buku Pedoman Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) - Sarana dan Prasarana merupakan dua hal yang saling menunjang antara yang satu dengan yang satunya lagi. Namun bukan berarti jika tidak ada salah satu, maka salah satunya lagi tidak berfungsi sama sekali.
Buku Pedoman Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Buku Pedoman Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Dan secara harfiah Sarana dan Prasarana sering didefinisikan sebagai satu hal yang sama dalam satu kesatuan. Ternyata jika Pengertian Sarana dan Prasarana  dibedah lebih dalam, keduanya tidak serta merta sama.

Pengertian sarana adalah alat yang dapat digunakan untuk melancarkan atau memudahkan manusia dalam mencapai tujuan tertentu.

Sarana berhubungan langsung dan menjadi penunjang utama dalam suatu aktivitas. Sarana dapat berbentuk benda bergerak dan tidak bergerak dan umumnya berbentuk kecil dan bisa dipindah-pindah.

Sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang menunjang secara langsung atau tidak langsung segala jenis sarana. Umumnya prasarana dimiliki dan dibangun oleh pemerintah dalam bentuk benda tidak bergerak.

Contoh Sarana dan Prasarana untuk memahami kedua pengertian diatas:
  1. Apabila kita ingin bepergian kita akan menggunakan mobil sebagai sarana. Sedangkan jalan raya dan jembatan adalah prasarananya.
  2. Di sekolah kita menggunakan meja, bangku, komputer ataupun papan tulis sebagai sarana. Sedangkan bangunan sekolah, halaman sekolah adalah contoh dari prasarananya.

Namun sarana dan prasarana memiliki perbedaan dalam hal pemakaiannya. sarana adalah peralatan yang bergerak dan umumnya dipakai secara langsung, misalnya ada kertas, pulpen, buku, komputer, dan lain-lain.

Prasarana adalah penunjang dan umumnya merupakan fasilitas yang tidak bergerak, misalnya gedung dan ruangan.

Di antara sarana dan prasarana memiliki keterkaitan yang tidak dapat dipisahkan. Dua hal ini adalah fasilitas penunjang manusia untuk dapat melakukan suatu pekerjaan dengan mudah dan efisien.

Untuk memahami lebih jauh lagi dapat dipelajari pada masing-masing buku Pedoman Sarana dan Prasarana Jenjang pendidikan PAUD berikut ini;

Demikian ulasan singkat materi Buku Pedoman Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) semoga membawa manfaat bagi diri kami pada khususnya, dan pengunjung pada umumnya.

Post a Comment for "Buku Pedoman Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)"