Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Anak Usia 5-6 Tahun

Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Anak Usia 5-6 Tahun

Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Anak Usia 5-6 Tahun - Sesuai dengan kalimat pada "Kata Pengantar" buku ini bahwa Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan pendidikan yang sangat fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya akan sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini. Di lembaga PAUD, pendidik mempunyai peran yang sangat penting untuk membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Untuk membantu meningkatkan kemampuan pendidik dalam melakukan stimulasi diperlukan panduan yang operasional.
Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Anak Usia 5-6 Tahun
Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Anak Usia 5-6 Tahun
Panduan untuk Pendidik Anak Usia 5-6 tahun ini disusun untuk memberikan acuan yang rinci tentang bagaimana program-program pembelajaran PAUD dikembangkan dan dilaksanakan sesuai dengan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini yang telah ditetapkan dalam Permendikbud No. 146 tahun 2014.


Sebagai panduan edisi pertama, Kemdikbud sangat terbuka untuk mendapat masukan yang akan berguna untuk perbaikan dan penyempurnaan edisi berikutnya.

Mudah-mudahan panduan ini bisa membantu pendidik dalam menjalankan tugas mereka untuk membantu anak-anak usia dini memiliki kesiapan belajar dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.


Baca Review terlebih dahulu Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Anak Usia 5-6 Tahun


Bagaimana Menggunakan Buku Panduan Ini ?

Buku Panduan Guru memiliki fungsi sebagai acuan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
  2. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Perkembangan yang dikaitkan dengan tema.
  3. Upayakan untuk mencakup Kompetensi Inti (KI) 1 dan KI 2 dalam semua kegiatan pembelajaran. Dukunglah ketercapaian Kompetensi Inti (KI) 1 dan KI 2 dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
  4. Kembangkan ide-ide kreatif dalam memilih kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan. Pilihlah metode pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan agar bisa dicapai kompetensi yang ditetapkan.
  5. Biasakan anak untuk mengamati dengan menggunakan seluruh indera mereka. Kembangkanlah keterampilan bertanya pada anak yang mendorong terciptanya landasan bagi berkembangnya kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  6. Optimalkan penggunaan indera pada anak.
  7. Gunakanlah berbagai media atau sumber belajar yang tersedia di lingkungan sekolah.
  8. Karena tema-tema dan sub-sub tema yang ada di buku panduan ini merupakan contoh. Pendidik dapat mengadopsi, mengadaptasi, memodifikasi, atau mengganti sesuai dengan kondisi dan/atau kebutuhan pembelajaran di satuan PAUD masing-masing.
  9. Pastikan semua anak berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran termasuk anak yang mempunyai kebutuhan khusus.
Download pula:


Kami rasa cukup di sini dan semoga dengan sekilas ulasan singkat tersebut dapat menambah pengetahuan sebelum bapak/ibu mempergunakan filenya.

Post a Comment for "Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Anak Usia 5-6 Tahun"