RPP Inspiratif 1 Lembar K-2013 Kelas 11 SMA Semester 2

RPP Inspiratif 1 Lembar K-2013 Kelas 11 SMA Semester 2

RPP Inspiratif 1 Lembar K-2013 Kelas 11 SMA Semester 2 - Pusat Kurikulum dan Pembelajaran merespons keluhan dari pendidik yang menyatakan bahwa beban administrasi terlalu banyak dan berat, khususnya dalam menyusun RPP. Beban banyak dan berat, apakah ini dialami oleh semua pendidik? Orang yang dapat menjawab ialah pendidik itu sendiri karena pendidiklah yang mengalaminya.
RPP Inspiratif 1 Lembar K-2013 Kelas 11 SMA Semester 2
RPP Inspiratif 1 Lembar K-2013 Kelas 11 SMA Semester 2
Pendidik merasa bahwa RPP saat ini terlalu banyak karena banyak komponen yang harus ada sehingga jumlah halamannya banyak. Oleh karena itu, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) inspiratif untuk pendidik.

RPP ini hanya satu lembar, dengan komponen utama tujuan pembelajaran, aktivitas, dan penilaian. Tujuan pembelajaran disarikan dari Kompetensi Dasar (KD) dan dirumuskan dengan kalimat yang mudah dipahami. Aktivitas berisi kegiatan aktif siswa selama pembelajaran.

Penilaian sebagai gambaran secara umum tagihan untuk mengukur ketercapaian KD.

Penyusunan RPP inspiratif ini tidak sekadar mengurangi banyaknya halaman menjadi satu halaman. Pendidik diberikan kemerdekaan menyusun RPP bukan karena banyaknya jumlahnya halaman, tetapi bagaimana mengonstruksi rencana itu secara global dan mudah dipahami dalam menerjemahkannya pada saat kegiatan belajar- mengajar (KBM).

Jika RPP inspiratif ini masih diperdebatkan karena jumlah halamannya, pendidik perlu meninjau kembali profesionalismenya sebagai pendidik. Dengan demikian, diharapkan tidak akan ada lagi pendidik yang mengeluh karena beban banyak dan berat dalam administrasi.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun dalam satu halaman yang terdiri dari 3 komponen utama, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen. RPP satu halaman bertujuan untuk memberikan guru kebebasan berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya guru dapat menyesuaikan rpp dengan kondisi kelas dan peserta didik.

Tujuan pembelajaran diturunkan dari kompetensi dasar dan diuraikan menjadi kompetensi-kompetensi yang akan dicapai peserta didik. Kegiatan pembelajaran diisi dengan aktivitas-aktivitas sesuai sintaks model pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan.

Kegiatan pembelajaran perlu dilengkapi dengan dokumen pendukung, contohnya pada kegiatan percobaan perlu dilengkapi dengan langkah- langkah percobaan. Langkah-langkah percobaan tersebut dapat dituliskan dalam buku panduan praktikum.
Asesmen yang dilakukan meliputi 3 aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Praktiknya, proses asesmen membutuhkan rubrik penilaian yang disusun oleh masing-masing guru sesuai dengan pembelajaran yang telah dilakukannya. Satu kegiatan dapat mencakup tiga aspek penilaian sekaligus.

Contohnya, saat peserta didik melakukan percobaan guru dapat menilai pengetahuan, keterampilan, dan sikap dari perserta didik tersebu.
Setelah melaksanakan proses pembelajaran, guru harus melakukan refleksi terhadap dirinya sendiri sebagai salah satu bentuk asesmen formatif. Hasil refleksi tersebut digunakan sebagai masukan untuk pelaksanaan pembelajaran berikutnya.

Semoga materi RPP Inspiratif 1 Lembar K-2013 Kelas 11 SMA Semester 2 bermanfaat.

Post a Comment for "RPP Inspiratif 1 Lembar K-2013 Kelas 11 SMA Semester 2"