Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Download RPP Yang inspiratif TK,SD,SMP,SMA,SMK,SLB

Download RPP Yang inspiratif TK,SD,SMP,SMA,SMK,SLB

Download RPP Yang inspiratif TK,SD,SMP,SMA,SMK,SLB - Pada akhirnya Pusat Kurikulum Nasional dan tepatnya pada bulan Desember 2019 telah memberikan sebuah pencerahan yang berkaitan dengan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang hanya dapat disusun secara sederhana, maksud dari sederhana buka berarti harus 1 (satu) lembar bukan begitu yang dimasudkan.
Download RPP Yang inspiratif TK,SD,SMP,SMA,SMK,SLB
Download RPP Yang inspiratif TK,SD,SMP,SMA,SMK,SLB
Seperti yang kami kutip pada "Kata Pengantar" penjelasan ini sebagai berikut; Pusat Kurikulum dan Pembelajaran merespons keluhan dari pendidik yang menyatakan bahwa beban administrasi terlalu banyak dan berat, khususnya dalam menyusun RPP. Beban banyak dan berat, apakah ini dialami oleh semua pendidik? Orang yang dapat menjawab ialah pendidik itu sendiri karena pendidiklah yang mengalaminya.

Pendidik merasa bahwa RPP saat ini terlalu banyak karena banyak komponen yang harus ada sehingga jumlah halamannya banyak. Oleh karena itu, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) inspiratif untuk pendidik. RPP ini hanya satu lembar, dengan komponen utama tujuan pembelajaran, aktivitas, dan penilaian. 

Tujuan pembelajaran disarikan dari Kompetensi Dasar (KD) dan dirumuskan dengan kalimat yang mudah dipahami. Aktivitas berisi kegiatan aktif siswa selama pembelajaran. Penilaian sebagai gambaran secara umum tagihan untuk mengukur ketercapaian KD.

Penyusunan RPP inspiratif ini tidak sekadar mengurangi banyaknya halaman menjadi satu halaman. Pendidik diberikan kemerdekaan menyusun RPP bukan karena banyaknya jumlahnya halaman, tetapi bagaimana mengonstruksi rencana itu secara global dan mudah dipahami dalam menerjemahkannya pada saat kegiatan belajar-mengajar (KBM). Jika RPP inspiratif ini masih diperdebatkan karena jumlah halamannya, pendidik perlu meninjau kembali profesionalismenya sebagai pendidik.

Dengan demikian, diharapkan tidak akan ada lagi pendidik yang mengeluh karena beban banyak dan berat dalam administrasi


RPP ini disusun dari PAUD sampai Pendidikan Dasar dan Menengah, dan SLB. Tidak semua mata pelajaran yang disusun, tetapi ada beberapa yang mewakili dari satuan pendidikan.

Semoga RPP ini dapat menginspirasi para pendidik sehingga mampu mengembangkan RPP sendiri yang komunikatif dan memudahkan baginya

Untuk memperjelas materi atau kandunga maksud RPP Inspiratif silahkan cermati rangkaian Daftar isi berikut ini:

01. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) PAUD
1. Rasional
2. RPPM Model Kelompok Untuk TK A
3. RPPM Model Kelompok Untuk TK B
4. RPPM Model Sentra Untuk TK A
5. RPPM Model Sentra Untuk TK B
6. RPPM Model Area Untuk TK A
7. RPPM Model Area Untuk TK

Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP menjadi tiga komponen, yaitu tujuan, langkah- langkah kegiatan, dan asesmen. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran membuat model RPP inspiratif. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini dimaksudkan uuntuk memberikan guru kebebasan berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya guru dapat menyesuaikan RPP dengan kondisi kelas dan peserta didik.

Tujuan pembelajaran diturunkan dan diekstrak dari kompetensi dasar dan diuraikan menjadi kompetensi-kompetensi yang akan dicapai peserta didik. Kegiatan pembelajaran diisi dengan aktivitas- aktivitas sesuai sintaks model pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Untuk kegiatan pembelajaran memuat 3 komponen pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Kegiatan pembelajaran perlu dilengkapi dengan dokumen pendukung, contohnya pada kegiatan percobaan perlu dilengkapi dengan langkah-langkah percobaan. Langkah-langkah percobaan tersebut dapat dituliskan dalam buku panduan praktikum.

Di akhir kegiatan penutup terdapat refkeksi tak hanya untuk peserta didik, namun juga untuk pendidik sehingga memungkinkan guru untuk dapat mendapatkan informasi mengenai keterlaksanaan pembelajaran yang akan menjadi acuan untuk pembelajaran selanjutnya.

02. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR (SD)
1. Rasional
2. RPP Agama Budha dan Budi Pekerti SD
3. RPP Tematik Kelas Rendah
4. RPP Tematik Kelas Tinggi

Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP menjadi tiga komponen, yaitu tujuan, langkah- langkah kegiatan, dan asesmen. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran membuat model RPP inspiratif. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini dimaksudkan uuntuk memberikan guru kebebasan berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya guru dapat menyesuaikan RPP dengan kondisi kelas dan peserta didik.

Tujuan pembelajaran diturunkan dan diekstrak dari kompetensi dasar dan diuraikan menjadi kompetensi-kompetensi yang akan dicapai peserta didik. Kegiatan pembelajaran diisi dengan aktivitas- aktivitas sesuai sintaks model pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Untuk kegiatan pembelajaran memuat 3 komponen pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.

Kegiatan pembelajaran perlu dilengkapi dengan dokumen pendukung, contohnya pada kegiatan percobaan perlu dilengkapi dengan langkah-langkah percobaan. Langkah-langkah percobaan tersebut dapat dituliskan dalam buku panduan praktikum. Aakhir kegiatan penutup terdapat refkeksi tak hanya untuk peserta didik, namun juga untuk pendidik sehingga memungkinkan guru untuk dapat mendapatkan informasi mengenai keterlaksanaan pembelajaran yang akan menjadi acuan untuk pembelajaran selanjutnya.

Asesmen yang dilakukan meliputi 3 aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk mengukur tujuan pembelajaran yang telah diterapkan. Satu kegiatan dapat mencakup tiga aspek penilaian sekaligus.

03. SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
1. Rasional
2. RPP Agama Islam dan Budi Pekerti SMP
3. RPP Agama Kristen dan Budi Pekerti SMP
4. RPP Bahasa Indonesia
5. RPP Bahasa Inggris
6. RPP PPKn
7. RPP IPA
8. RPP Seni Budaya

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun dalam satu halaman yang terdiri dari 3 komponen utama, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen. RPP satu halaman bertujuan untuk memberikan guru kebebasan berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya guru dapat menyesuaikan RPP dengan kondisi kelas dan peserta didik.

Tujuan pembelajaran diturunkan dari kompetensi dasar dan diuraikan menjadi kompetensi-kompetensi yang akan dicapai peserta didik. 

Kegiatan pembelajaran diisi dengan aktivitas-aktivitas sesuai sintaks model pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan.

Kegiatan pembelajaran perlu dilengkapi dengan dokumen pendukung, contohnya pada kegiatan percobaan perlu dilengkapi dengan langkah- langkah percobaan. Langkah-langkah percobaan tersebut dapat dituliskan dalam buku panduan praktikum.

Asesmen yang dilakukan meliputi 3 aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Praktiknya, proses asesmen membutuhkan rubrik penilaian yang disusun oleh masing-masing guru sesuai dengan pembelajaran yang telah dilakukannya.

Satu kegiatan dapat mencakup tiga aspek penilaian sekaligus. Contohnya, saat peserta didik melakukan percobaan guru dapat menilai pengetahuan, keterampilan, dan sikap dari perserta didik tersebut.

Setelah melaksanakan proses pembelajaran, guru harus melakukan refleksi terhadap dirinya sendiri sebagai salah satu bentuk asesmen formatif. Hasil refleksi tersebut digunakan sebagai masukan untuk pelaksanaan pembelajaran berikutnya.

04. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
1. Rasional
2. RPP Bahasa Indonesia
3. RPP PPKn
4. RPP Biologi
5. RPP Geografi
6. RPP Sejarah Indonesia
7. RPP Matematika
8. RPP Seni Budaya

Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP menjadi tiga komponen, yaitu tujuan, langkah- langkah kegiatan, dan asesmen. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran membuat model RPP inspiratif. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini dimaksudkan untuk memberikan guru kebebasan berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya guru dapat menyesuaikan RPP dengan kondisi kelas dan peserta didik.

Tujuan pembelajaran diturunkan dan diekstrak dari kompetensi dasar dan diuraikan menjadi kompetensi-kompetensi yang akan dicapai peserta didik. Kegiatan pembelajaran diisi dengan aktivitas-aktivitas sesuai sintaks model pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Untuk kegiatan pembelajaran memuat 3 komponen pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.

Kegiatan pembelajaran perlu dilengkapi dengan dokumen pendukung, contohnya pada kegiatan percobaan perlu dilengkapi dengan langkah- langkah percobaan. Langkah- langkah percobaan tersebut dapat dituliskan dalam buku panduan praktikum. Di akhir kegiatan penutup terdapat refkeksi tak hanya untuk peserta didik, namun juga untuk pendidik sehingga memungkinkan guru untuk dapat mendapatkan informasi mengenai keterlaksanaan pembelajaran yang akan menjadi acuan untuk pembelajaran selanjutnya.

Asesmen yang dilakukan meliputi 3 aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk mengukur tujuan pembelajaran yang telah diterapkan. Satu kegiatan dapat mencakup tiga aspek penilaian sekaligus.

05.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
1. Rasional
2. RPP Akutansi
3. RPP K3LH


06. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEKOLAH LUAR BIASA (SLB)
1. Rasional
2. RPP SDLB
3. RPP SMPLB
4. RPP SMALB

Download Materi RPP Format 1 Lembar sebagai berikut:
  1. RPP Versi 1 Lembar K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/MI
  2. RPP 1 lembar PAIBP K2013 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/MI
  3. RPP PJOK 1 Lembar K-2013 Kelas 1 Hingga 6 SD/MI
  4. RPP Matematika 1 Lembar Kelas 4,5,6 SD/MI Semester 2
  5. RPP Satu Lembar IPA Kelas 7-8-9 SMP-MTs K2013
  6. RPP 1 Lembar PJOK Kelas 7,8,9 SMP/MTs K-2013
  7. RPP Bahasa Inggris Kelas 7 SMP K13 1 Lembar
  8. RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP K13 1 Lembar
  9. RPP K13 Prakarya Kelas 7 Semester 1 dan 2 1 Lembar
  10. RPP 1 Lembar Matematika SMP/MTs Kelas 7,8,9 Semester 2 K-2013
  11. RPP 1 Lembar K-2013 Kelas 10,11,12 SMA/MA

Lebih jelasnya dan secara detail akan kami sajikan masing-masing jenjang pada posting yang akan datang, namun sebagai gambaran nyata file dapat langsung dimiliki secara gratis terlebih dahulu.
FILE DOWNLOAD DI SINI
Demikian ulasan singkat materi tentang RPP Yang inspiratif TK,SD,SMP,SMA,SMK,SLB semoga juga dapat menjadikan inspiratif bagi rekan-rekan pendidik semuanya.

Post a Comment for "Download RPP Yang inspiratif TK,SD,SMP,SMA,SMK,SLB"