Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PROMES DAN PROTA K2013 KELAS 2 SEMESTER 2 (GENAP)

PROMES DAN PROTA K2013 KELAS 2 SEMESTER 2

Promes dan Prota Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 2 - Di awal tahun ajaran baru, seorang guru seharusnya sibuk menelaah Permendikbud Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Pendidikan Dasar Dan Menengah bahwasannya saat itu akan dipergunakan seorang guru akan menyusun Prota dan Promes.
Promes dan Prota Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 2
Promes dan Prota Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 2
Program merupakan pernyataan yang berisi kesimpulan dari beberapa harapan atau tujuan yang saling bergantung dan saling terkait, untuk mencapai suatu sasaran yang sama.Biasanya suatu program mencakup seluruh kegiatan yang berada di bawah unit administrasi yang sama, atau sasaran-sasaran yang saling bergantung dan saling melengkapi, yang semuanya harus dilaksanakan secara bersamaan atau berurutan.

Program dapat diidentifikasi dengan perencanaan, persiapan, dan desain atau rancangan. Sedangkan desain berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata decine. Jadi desain dalam perspektif pembelajaran adalah rencana pembelajaran. Rencana pembelajaran disebut juga dengan program pembelajaran. Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran yang dibuat setiap awal tahun ajaran. Program tahunan merupakan pedoman untuk mengembangkan program semester, mingguan dan program harian.

Program tahunan (Prota) merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun ajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, seperti program semester, program mingguan, dan program harian atau program pembelajaran setiap pokok bahasan, yang dalam KBK dikenal modul.

Program tahunan (Prota) adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan (standar kompetensi dan kompetensi dasar) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruhkompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Dalam program perencanaan menetapkan alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar yang harus dicapai, disusun dalam program tahunan. Dengan demikian, penyusunan program tahunan pada dasarnya adalah menetapkan jumlah waktu yang tersedia untuk setiap kompetensi dasar dan diberlakukan dalam kurun waktu 1 (satu) tahun.

Program Tahunan (Prota) merupakan rencana penetapan alokasi waktu satu tahun pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Inti, kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum. Prota berdasarkan Kurikulum 2013 merupakan program umum pembelajaran untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru. Prota tersebut sebagai rencana umum pelaksanaan pembelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun. Prota perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Download File:

Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, pratikum, keraja lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan. Satu semester terdiri dari 19 minggu kerja termasuk penyelenggaraan tatap muka, mid semester dan ujian semester.
Download juga; Administrasi K13 Kelas 1 Semester 2 Lengkap Sudah
Dalam program pendidikan semester dipakai satuan waktu terkecil, yaitu satuan semester untuk menyatakan lamanya satu program pendidikan. Masing-masing program semester sifatnya lengkap dan merupakan satu kebulatan dan berdiri sendiri. Pada setiap akhir semester segenap bahan kegiatan program semester yang disajikan harus sudah selesai dilaksanakan dan mahasiswa yang mengambil program tersebut sudah dapat ditentukan lulus atau tidak.

Program semester adalah program yang berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan. Isi dari program semester adalah tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan.
Download Juga: Silabus K13 Kelas 2 Semester 2
Komponen-komponen program semester meliputi:

  • Identitas (satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas, semester), 
  • standar kompetensi, 
  • kompetensi dasar, 
  • materi pokok, 
  • kegiatan pembelajaran, 
  • indikator, 
  • penilaian (teknik, bentuk instrumen, contoh instrumen), 
  • alokasi waktu, 
  • sumber belajar, dan 
  • karakter.

Langkah-langkah penyusunan program semester:

  1. Menghitung jumlah minggu kalender dalam setiap semester.
  2. Menghitung jumlah minggu tidak efektif dalam satu semester.
  3. Menghitung minggu efektif dalam satu semester.
  4. Menghitung jam tidak efektif dalam satu semester.
  5. Menghitung jam efektif dalam satu semester (untuk semua mata pelajaran tematik).
  6. Menjabarkan jam efektif untuk setiap kompetensi dasar.
  7. Mengurutkan kompetensi dasar pada setiap semester. 
  8. Menuangkan hasil analisis ke dalam format program semester.

Fungsi Program Semester (Promes) dalam kegiatan pendidikan/ pembelajaran:

  • Menyederhanakan/ memudahkan tugas seorang guru dalam pembelajaran selama satu semester. 
  • Sebagai pedoman/ acuan arah kegiatan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diprogramkan. 
  • Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran. 
  • Sebagai pedoman kerja bagi guru sekaligus bagi murid 
  • Sebagai parameter efektivitas dalam suatu proses pembelajaran
  • Sebagai bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja
  • Menghemat waktu, tenaga, alat-alat dan biaya karena berlangsungnya program kerja yang efektif dan efisien serta terukur.

Download: Program Semester K13 Kelas 2 Semester 2
Demikian semoga materi Prota dan Promes K13 Kelas 2 Semester Genap dapat bermanfaat dengan maksimal, mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam membagikan dan menjelaskan berbagai materi di blog ini.

Post a Comment for "PROMES DAN PROTA K2013 KELAS 2 SEMESTER 2 (GENAP)"