Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh RPP Matematika 1 Lembar Kelas 4,5,6 SD/MI Semester 2

Contoh RPP Matematika 1 Lembar Kelas 4,5,6 SD/MI Semester 2

Contoh RPP Matematika 1 Lembar Kelas 4,5,6 SD/MI Semester 2 - Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah yang di dalamnya terkandung komponen-komponen penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang terdapat 13 Komponen.
Contoh RPP Matematika 1 Lembar Kelas 4,5,6 SD/MI Semester 2
Contoh RPP Matematika 1 Lembar Kelas 4,5,6 SD/MI Semester 2 

Untuk jelasnya dapat kami sajikan sekilas tentang Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 sebagai berikut:

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.

Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran terdiri atas:
  1. Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/semester;
  4. Materi pokok;
  5. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  7. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
  8. Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
  13. Penilaian hasil pembelajaran.

Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
  • Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  • Partisipasi aktif peserta didik.
  • Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  • Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  • Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  • Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  • Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  • Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Namun dengan seiring perjalanan waktu, maka setelah terjadi pergantian pucuk pimpinan yaitu Menteri Pendidikan masa 2019 s/d 2024 maka diterbitkanlah Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). mengapa demikian karena dalam menyusun RPP seakan hanyalah menyita waktu guru hanya untuk mempersiapkan RPP, toh pada dasarnya sebagian besar guru juga belum begitu memahami bagaimana menyusun, mencetak, menggandakan RPP tersebut, sehingga juga minta pada pihak lain untuk membuatkannya.

Oleh sebab itu di sini/di bawah ini kami bagikan sebuah contoh RPP Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika untuk kelas 4, 5, dan kelas 6 SD/MI. Hal itu karena dalam Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 berbunyi sebagai berikut:

Dengan berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dalam hal ini ditujukan kepada Yang Terhormat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Yang diterbitkan pada tanggal 10 Desember 2019.

Contoh RPP Matematika 1 Lembar Kelas 4,5,6 SD/MI Semester 2

Menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait dengan pelaksanaan Kurikulum 2013, dengan hormat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.
  2. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.
  3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya keberhasilan belajar murid.
  4. Adapun RPP yang telah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1, 2, dan 3.
Demikian Surat Edaran ini kami disampaikan untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Oleh sebab itulah cobalah lihat file review berikut ini:

Apabila dilihat dari file review di atas terdapat identitas Kang Martho, karena materi ini sengaja disusun oleh beliau yang selalu mengikuti perubahan terlebih dahulu, maka kami juga ikut berpartisipasi untuk membantu membagikannya, dengan harapan materi yang disusun oleh beliau Kang martho tersebut dapat segera dinikmati oleh banyak kalayak yang membutuhkan.

Baca dan Download juga:

Selengkapnya langsung saja diunduh pada tautan berikut ini: 
Contoh RPP Matematika 1 Lembar Kelas 4 SD/MI Semester 2 
Contoh RPP Matematika 1 Lembar Kelas 5 SD/MI Semester 2 
Contoh RPP Matematika 1 Lembar Kelas 6 SD/MI Semester 2

Demikian ulasan singkat materi Contoh RPP Matematika 1 Lembar Kelas 4,5,6 SD/MI Semester 2 semoga menjadikan perubahan secepatnya. Dan mohon untuk dibagikan kepada rekan kita apabila materi ini bermanfaat.


Post a Comment for "Contoh RPP Matematika 1 Lembar Kelas 4,5,6 SD/MI Semester 2"