Hanya 1 Lembar RPP K2013 Kelas 5 Tema 8 Revisi

Hanya 1 Lembar RPP K2013 Kelas 5 Tema 8 Revisi

Hanya 1 Lembar RPP K2013 Kelas 5 Tema 8 Revisi - Perubahan dipastikan untuk menuju ke arah yang lebih baik atau menyederhanakan hal yang mungkin terlalu kurang sempurna, sehingga perlu disempurnakan kembali. Hal ini seperti halnya penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di era semester genap tahun pelajaran 2019/2020 ini.
Hanya 1 Lembar RPP K2013 Kelas 5 Tema 8 Revisi
Hanya 1 Lembar RPP K2013 Kelas 5 Tema 8 Revisi
Hal penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 itu diperkuat dengan adanya Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 14 Tahun 2019 yang tertanggal 10 Desember 2019 dengan penjelasan pada Surat Edarannya sebagai berikut:

Dengan berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dalam hal ini ditujukan kepada Yang Terhormat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Yang diterbitkan pada tanggal 10 Desember 2019.

Menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait dengan pelaksanaan Kurikulum 2013, dengan hormat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut.
  1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.
  2. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.
  3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya keberhasilan belajar murid.
  4. Adapun RPP yang telah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1, 2, dan 3.

Demikian Surat Edaran ini kami disampaikan untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Inti dari Surat Edaran tersebut apabila dikaji lebih seksama terletak pada poin 2 (dua) yaitu komponen intinya dalam menyusun RPP adalah tujuan pembelajaran, sehingga komponen-komponen yang lain sebagai pelengkap.

Karena terdapat poin ke 4 (RPP yang telah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1, 2, dan 3), dapat memicu ketidak seragam dalam menyusun RPP tersebut, meskipun masing-masing guru/pendidik boleh berkreasi sendiri.

Namun lebih dari itu sudah dipastikan guru/pendidik akan memilih yang sederhana dalam menyusun RPP, sehingga pada kesempatan kali ini kami mencoba membagikan ulang hasil karya rekan kita Kang Martho dengan tujuan materi dapat segera tersebar ke seluruh penjuru, khususnya dapat segera diterapkan oleh rekan-rekan pendidik.

Dan berikut kami ambilkan salah satu contoh RPP yang hanya terdiri dari 1 lembar/halaman tersebut, sedangkan untuk kelengkapan materi dapat dilihat di akhir contoh.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                        :  .................................
Kelas /Semester        :  V/2 (dua )
Tema 8                        :  Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 1                :  Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran ke-        :  1
Fokus Pembelajaran      :  Bahasa Indonesia dan IPA, 
Alokasi Waktu       :  6 x 35 menit (6 JP)


TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu menyebutkan peristiwa-peristiwa atau tindakan pada teks nonfiksi dengan benar.
  2. Melalui kegiatan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman dengan baik.
  3. Melalui kegiatan berdiskusi, siswa mampu membuat peta pikiran mengenai manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman dengan benar.

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).
Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti
Guru menjelaskan sekitar materi yang akan dijelaskan
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
Siswa mengamati media pembelajaran tentang materi yang diajarkan
Guru mengajak siswa berdiskusi berkaitan tentang materi yang diajarkan
Siswa berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya  dengan bimbingan guru
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya di depan kelas
Guru memberi penguatan tentang jawaban siswa perwakilan kelompok
Bersama guru siswa memajang hasil pekerjaan siswa di papan pajangan

Kegiatan Bersama Orang Tua
Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui .......................

Kegiatan Penutup
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 
Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

Penilaian
  • Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
  • Penilaian Pengetahuan
  • Penilaian Keterampilan

Download: Hanya 1 Lembar RPP K2013 Kelas 5 Tema 8 Revisi
Download materi RPP Yang lainnya:

Demikian semoga bermanfaat, dan perlu diingat bahwa materi ini tidak mutlak, karena dapat dikembangkan,disempurnakan kembali sesuai dengan kebutuhan, kemampuan bapak/ibu guru sendiri.

Post a Comment for "Hanya 1 Lembar RPP K2013 Kelas 5 Tema 8 Revisi"