Download RPP 1 Halaman K13 Kelas 3 SD/MI Tema 5 (Cuaca)

Download RPP 1 Halaman K13 Kelas 3 SD/MI Tema 5

Download RPP 1 Halaman K13 Kelas 3 SD/MI Tema 5 - Pada dasarnya penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) telah tertuang pada Peraturan Menteri Pendidikan RI Nomor 22 Tahun 2016 pada Bab 2 (Rencana Pembelajaran).
RPP 1 Halaman K13 Kelas 3 SD/MI Tema 5 (Cuaca)
Download RPP 1 Halaman K13 Kelas 3 SD/MI Tema 5 (Cuaca)
Khusus pada rancangan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarah kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). 

Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotifasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

RPP disusun berdasarkan Kompetensi Dasar (KD) atau subtema yang dilaksanakan 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.

Pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tersebut bahwa penyusunan RPP terdiri dari 13 komponen di antaranya:
  1. Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/semester;
  4. Materi pokok;
  5. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  7. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
  8. Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. Kumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
  13. Penilaian hasil pembelajaran.
Namun seiring dengan perjalanan waktu disertai dengan pergantian menteri Pendidikan yang terbaru, maka Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disederhanakan dengan melalui Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 yang hanya cukup memuat 1 (satu) halaman saja dan hanya mengandung 3 komponen tersebut seperti penjelasan di bawah.
Download: Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019
Isi dari Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tersebut dalam penyusunan RPP yang paling baku memuat:
  1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.
  2. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.
  3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya keberhasilan belajar murid.
  4. Adapun RPP yang telah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1, 2, dan 3.
Dari keempat hal tersebut merupakan atau dapat dibilang sebuah ringkasan, sehingga dari ke 13 komponen penyusunan RPP tersebut menitik beratkan pada unsur (prinsip) efisien, efektif, danberorientasi pada murid (siswa/peserta didik). Dengan harapan bahwa guru tidak terlalu dibebani penyusunan RPP yang sebegitu banyak halaman, akhirnya guru hanya sibuk dengan menyusun RPP, bukan beorientasi pada peserta didiknya.
Setelah sekian lama mencari khususnya RPP yang hanya terdiri 1 lembar/halaman tersebut ternyata telah direspon oleh salah seorang guru yang benar-benar profesional yaitu Bapak Martho yang juga beliau suka banget bermain websitenya https://www.kangmartho.com akhirnya kami beranikan diri untuk ikut membagikan, namun sekedar contoh salah satu bentuk RPP seperti di bawah ini dan untuk selengkapnya telah kami sematkan file lengkapnya yang dapat didownload pada akhir artikel ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : ................
Kelas / Semester : 3 (Tiga) / 2
Tema 5 : Cuaca
Sub Tema 1 : Keadaan cuaca
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit


TUJUAN  PEMBELAJARAN

  1. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi informasi mengenai keadaan cuaca dengan benar.
  2. Dengan menuliskan pokok-pokok informasi dari teks, siswa dapat menggunakan kosakata baku mengenai keadaan cuaca dalam kalimat yang efektif.
  3. Dengan kegiatan mengeksplorasi lingkungan, siswa dapat mengidentifikasi pecahan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh dari benda konkret dengan tepat.
  4. Dengan kegiatan mengamati benda, siswa dapat menyajikan pecahan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh menggunakan benda konkret. 
  5. Dengan menyanyikan sebuah lagu, siswa dapat menentukan tinggi rendahnya bunyi dalam lagu.


KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).
  3. Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.
  4. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)


Kegiatan Inti

  1. Guru menjelaskan sekitar materi yang akan dijelaskan
  2. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
  3. Siswa mengamati media pembelajaran tentang materi yang diajarkan
  4. Guru mengajak siswa berdiskusi berkaitan tentang materi yang diajarkan
  5. Siswa berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya  dengan bimbingan guru
  6. Masing masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya di depan kelas
  7. Guru memberi penguatan tentang jawaban siswa perwakilan kelompok
  8. Bersama guru siswa memajang hasil pekerjaan siswa di papan pajangan


Kegiatan Bersama Orang Tua

  • Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui ................

Kegiatan Penutup

  1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 
  2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 
  3. Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
  4. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

  • Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
  • Penilaian Pengetahuan
  • Penilaian Keterampilan

Langsung download RPP 1 Halaman K13 Kelas 3 SD/MI Tema 5
Demikian ulasan singkat materi RPP 1 Halaman K13 Kelas 3 SD/MI Tema 5 semoga bermanfaat, ingat bahwa materi di atas hanyalah dapat dikata contoh, namun apabila anda punya ide/gagasan format yang lebih bagus silahkan berbagi kepada rekan-rekan kita, atau kami juga mau diajak kerja sama.

Ingat pula kritik, saran serta masukan tetap kami tunggu dan apabila tidak keberatan silahkan bagikan materi ini melalui media sosial di bawah ini.

Post a Comment for "Download RPP 1 Halaman K13 Kelas 3 SD/MI Tema 5 (Cuaca)"