Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Program Tahunan (Prota) K2013 Kelas 1 Hingga Kelas 6 SD/MI

Download Program Tahunan (Prota) K2013 Kelas 1 Hingga Kelas 6 SD/MI

Download Program Tahunan (Prota) K2013 Kelas 1 Hingga Kelas 6 SD/MI - Di awal tahun ajaran baru, seorang guru seharusnya sibuk menelaah Permendikbud Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Dasar (KD) mata pelajarannya dan juga Kalender Akademik (Kaldik). Saat itu seorang guru akan menyusun Prota dan Promes.
Program Tahunan (Prota) K2013 Kelas 1 Hingga Kelas 6 SD/MI
Program Tahunan (Prota) K2013 Kelas 1 Hingga Kelas 6 SD/MI
Program merupakan pernyataan yang berisi kesimpulan dari beberapa harapan atau tujuan yang saling bergantung dan saling terkait, untuk mencapai suatu sasaran yang sama.Biasanya suatu program mencakup seluruh kegiatan yang berada di bawah unit administrasi yang sama, atau sasaran-sasaran yang saling bergantung dan saling melengkapi, yang semuanya harus dilaksanakan secara bersamaan atau berurutan. 

Program dapat diidentifikasi dengan perencanaan, persiapan, dan desain atau rancangan. Sedangkan desain berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata decine. Jadi desain dalam perspektif pembelajaran adalah rencana pembelajaran. Rencana pembelajaran disebut juga dengan program pembelajaran. Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran yang dibuat setiap awal tahun ajaran. Program tahunan merupakan pedoman untuk mengembangkan program semester, mingguan dan program harian.
Download: Silabus K2013 Kelas 1 Hingga Kelas 6 SD/MI
Program tahunan (Prota) merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun ajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, seperti program semester, program mingguan, dan program harian atau program pembelajaran setiap pokok bahasan, yang dalam KBK dikenal modul.
Download: Promes K2013 Kelas 1 Hingga Kelas 6 SD/MI
Program tahunan (Prota) adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan (standar kompetensi dan kompetensi dasar) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruhkompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Dalam program perencanaan menetapkan alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar yang harus dicapai, disusun dalam program tahunan. Dengan demikian, penyusunan program tahunan pada dasarnya adalah menetapkan jumlah waktu yang tersedia untuk setiap kompetensi dasar dan diberlakukan dalam kurun waktu 1 (satu) tahun.
Download: Silabus Qur'an Hadist K2013 Kelas 1 Hingga Kelas 6 MI
Program Tahunan (Prota) merupakan rencana penetapan alokasi waktu satu tahun pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Inti, kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum. Prota berdasarkan Kurikulum 2013 merupakan program umum pembelajaran untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru. Prota tersebut sebagai rencana umum pelaksanaan pembelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun. Prota perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Berikut materi Program Tahunan untuk SD/MI


Demikian ulasan singkat materi Program Tahunan (Prota) K2013 Kelas 1 Hingga Kelas 6 SD/MI semoga bermanfaat.
 

Post a Comment for "Download Program Tahunan (Prota) K2013 Kelas 1 Hingga Kelas 6 SD/MI"