Silabus Fikih Madrasah Ibtodaiyah Kelas 1,2,3,4,5,6

Silabus Fikih Madrasah Ibtodaiyah Kelas 1,2,3,4,5,6

Silabus Fikih Madrasah Ibtodaiyah Kelas 1,2,3,4,5,6 - Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar (Kunandar, 2011: 244).
Silabus Fikih Madrasah Ibtodaiyah Kelas 1,2,3,4,5,6
Sedangkan silabus menurut Yulaelawati adalah seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis, memuat tentang komponen-komponen yang saling berkaitan dalam mencapai penguasaan kompetensi dasar.

Silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis yang memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan Kompetensi Dasar.

Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar (Trianto, 2010:96).

Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatakan saintifik kurikulum 2013, silabus memegang peranan kunci sebagai acuan pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Silabus Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab implementasi kurikulum 2013 menjadi acuan dalam penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Dalam silabus ini termuat identitas mata pelajaran, identitas madrasah (nama madrasah dan kelas), kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok, pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Silabus bermanfaat sebagai pedoman pengembangan perangkat pembelajaran lebih lanjut, mulai dari perencanaan, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian.

Silabus bermanfaat sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan sistem penilaian. Silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, kaib rencana pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kompetensi Dasar.

Silabus juga bermanfaat sebagai pedoman untuk merencanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran, misalnya kegiatan belajar secara klasikal, kelompok kecil, atau pembelajaran secara individual. Demikian pula, silabus sangat bermanfaat untuk mengembangkan sistem penilaian.
Silabus digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran. Pun dengan silabus PAI dan Bahasa Arab K13 untuk Madrasah Ibtidaiyah yang menjadi acuan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk mata pelajaran PAI (Al Quran Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, dan SKI) dan Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah.

Berikut telah kami persiapkan dokumen silabus Silabus Fikih Madrasah Ibtodaiyah Kelas 1,2,3,4,5,6 dengan menu pilihan sebagai berikut:
File Download: Silabus Fikih Kelas 1.doc 
File Download: Silabus Fikih Kelas 2.doc 
File Download: Silabus Fikih Kelas 3.doc 
File Download: Silabus Fikih Kelas 4.doc 
File Download: Silabus Fikih Kelas 5.doc 
File Download: Silabus Fikih Kelas 6.doc
Demikian semoga materi Silabus Fikih Madrasah Ibtodaiyah Kelas 1,2,3,4,5,6 bermanfaat, jangan lupa senantiasa untuk selalu berkunjung di blog ini, sehingga tidak akan ketinggalan materi yang selalu saya update atau tinggalkan email untuk mendapatkan nitivikasi secara otomatis di email anda.

Post a Comment for "Silabus Fikih Madrasah Ibtodaiyah Kelas 1,2,3,4,5,6"