Soal Penilaian Harian (PH) K13 Kelas 1 Tema 2 Dilengkapi Dengan Kisi-Kisi Soalnya

Soal Penilaian Harian (PH) K13 Kelas 1 Tema 2 Dilengkapi Dengan Kisi-Kisi Soalnya

Soal Penilaian Harian (PH) K13 Kelas 1 Tema 2 - Penilaian merupakan bagian akhir yang tak kalah pentingnya dan merupakan dari sistem pembelajaran di sekolah. Penilaian yang dilaksanakan pada saat akhir pembelajaran atau disebut dengan istilah Penilaian Harian (PH) merupakan suatu alat ukur untuk mengumpulkan berbagai informasi secara berkesinambungan dan menyeluruh tentang proses dan hasil belajar mengajar yang telah dilaksanakan pada sebuah proses pembelajaran.
Penilaian hasil belajar siswa yang dilakukan pendidik dapat dijadikan sebagai umpan balik proses pembelajaran baik bagi pendidik yang berfungsi untuk memperbaiki cara dan strategi mengajar bagi siswa dan untuk memperbaiki cara penyampaian materi ajar yang disampaikan oleh guru untuk mencapai kompetensi dasar tertentu.

Penilaian yang dilakukan oleh guru perlu memperhatikan kompetensi yang diukur, metode pembelajaran yang digunakan, sarana prasarana yang tersedia serta kemampuan siswa. Selain itu teknik penilaian manapun yang digunakan guru perlu diinformasikan secara terbuka baik kepada siswa maupun orang tua siswa sebagai hasil laporan pembelajaran siswanya.

Hasil analisis penilaian setelah diadakan penilaian bahkan dapat pula digunakan sebagai masukan bagi peningkatan mutu pendidikan secara umum oleh pengambil keputusan termasuk kepala sekolah, dinas pendidikan dan komite sekolah. Sehingga dapat dilakukan perencanaan program pembelajaran selanjutnya yang lebih baik.

Hasil dari setiap kegiatan penilaian hasil belajar dicantumkan dalam buku daftar nilai. Unsur penilaian hasil belajar yang dicantumkan dalam buku daftar nilai adalah sebagai berikut:

a. Ulangan Harian
Istilah Ulangan Harian (UH) ini merupakan istilah yang digunakan saat kurikulum 2013 masih belum direvisi, sehingga saat ini, karena Kurikulum telah diadakan revisi yang terbaru pula, sehingga istilah Ulangan Harian berubah pula menjadi Penilaian Harian.

b. Ulangan Tengah Semester
Sama saja dengan itilah Ulangan Tengah Semester; istilah ini pula masih identik dengan penerapan Kurikulum 2013 yang masih lama, sehingga istilah terpopuler saat ini adalah Penilaian Tengah Semester (PTS).

c. Tugas (seperti Penugasan, produk, pengamatan)
Tugas ini merupakan serangkaian kegiatan peserta didik untuk mengerjakan sesuatu baik di sekolah maupun di luar sekolah, bahkan terjadi pula kegiatan Tugas Mandiri Terstruktur dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur.

d. Ulangan Akhir Semester
Pada dasarnya Ualangan Akhir Semester ini pula istilah lama, karena saat ini telah berubah menjadi Penilaian Akhir Semester yang akhirnya ada kemiripan dengan penjelasan kegiatan, berikut ini yaitu Ulangan Kenaikan Kelas (UKK).

e. Ulangan Kenaikan Kelas
Ulangan Kenaikan Kelas dilaksanakan oleh kelas di bawah kelas akhir di satuan pendidikan, misalnya untuk SD/MI atau sederajad kegiatan penilaian mulai dari kelas 5 ke bawah dan begitu seterusnya untuk satuan pendidikan lainnya.

Ulangan harian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik secara periodik untuk menilai/mengukur pencapaian kompetensi setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih. Ulangan Harian merujuk pada indikator dari setiap KD. Bentuk Ulangan harian selain tertulis dapat juga secara lisan, praktik/perbuatan, tugas dan produk. Frekuensi dan bentuk ulangan harian dalam satu semester ditentukan oleh pendidik sesuai dengan keluasan dan kedalaman materi.

Sebagai tindak lanjut ulangan harian, yang diperoleh dari hasil tes tertulis, pengamatan, atau tugas diolah dan dianalisis oleh pendidik. Hal ini dimaksudkan agar ketuntasan belajar siswa pada setiap kompetensi dasar lebih dini diketahui oleh pendidik. Dengan demikian ulangan ini dapat diikuti dengan program tindak lanjut baik remedial atau pengayaan, sehingga perkembangan belajar siswa dapat segera diketahui sebelum akhir semester. 
Dalam rangka memperoleh nilai tiap mata pelajaran selain dengan ulangan harian dapat dilengkapi dengan tugas-tugas lain seperti PR, proyek, pengamatan dan  produk.  Tugas-tugas tersebut dapat didokumentasikan dalam bentuk portofolio. Ulangan harian ini juga berfungsi sebagai diagnosis terhadap kesulitan belajar siswa.

Untuk materi soal silahkan download link di bawah ini:
Demikian ulasan singkat dan kami berharap referensi dalam menyusun soal, Bapak/Ibu Guru bisa klik tautan di bawah ini untuk mengunduh kisi-kisi soal termasuk pemetaan KD dan soal penilaian harian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal Penilaian Harian (PH) K13 Kelas 1 Tema 2 Dilengkapi Dengan Kisi-Kisi Soalnya"

Post a Comment

MERUPAKAN KEBAHAGIAAN BAGI DIRI KAMI , apabila anda berkomentar sesuai dengan topik pembahasan artikel langsung di bawah ini atau untuk berlangganan artikel silahkan tulis email anda !
Kritik, saran, serta masukan senantiasa kami nantikan