Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Penilaian Harian K13 Kelas 1 Tema 1 Dan Kisi-Kisi Soalnya

Soal Penilaian Harian K13 Kelas 1 Tema 1 Dan Kisi-Kisi Soalnya

Soal Penilaian Harian (PH) K13 Kelas 1 Tema 1 - Penilaian merupakan bagian akhir yang tak kalah pentingnya dan merupakan dari sistem pembelajaran di sekolah. Penilaian yang dilaksanakan pada saat akhir pembelajaran atau disebut dengan istilah Penilaian Harian (PH) merupakan suatu alat ukur untuk mengumpulkan berbagai informasi secara berkesinambungan dan menyeluruh tentang proses dan hasil belajar mengajar yang telah dilaksanakan pada sebuah proses pembelajaran.
Penilaian hasil belajar siswa yang dilakukan pendidik dapat dijadikan sebagai umpan balik proses pembelajaran baik bagi pendidik yang berfungsi untuk memperbaiki cara dan strategi mengajar bagi siswa dan untuk memperbaiki cara penyampaian materi ajar yang disampaikan oleh guru untuk mencapai kompetensi dasar tertentu.

Penilaian yang dilakukan oleh guru perlu memperhatikan kompetensi yang diukur, metode pembelajaran yang digunakan, sarana prasarana yang tersedia serta kemampuan siswa. Selain itu teknik penilaian manapun yang digunakan guru perlu diinformasikan secara terbuka baik kepada siswa maupun orang tua siswa sebagai hasil laporan pembelajaran siswanya.

Hasil analisis penilaian setelah diadakan penilaian bahkan dapat pula digunakan sebagai masukan bagi peningkatan mutu pendidikan secara umum oleh pengambil keputusan termasuk kepala sekolah, dinas pendidikan dan komite sekolah. Sehingga dapat dilakukan perencanaan program pembelajaran selanjutnya yang lebih baik.

Hasil dari setiap kegiatan penilaian hasil belajar dicantumkan dalam buku daftar nilai. Unsur penilaian hasil belajar yang dicantumkan dalam buku daftar nilai adalah sebagai berikut:

  • Ulangan Harian
  • Ulangan Tengah Semester
  • Tugas (seperti Penugasan, produk, pengamatan)
  • Ulangan Akhir Semester
  • Ulangan Kenaikan Kelas
Ulangan harian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik secara periodik untuk menilai/mengukur pencapaian kompetensi setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih. Ulangan Harian merujuk pada indikator dari setiap KD. Bentuk Ulangan harian selain tertulis dapat juga secara lisan, praktik/perbuatan, tugas dan produk. Frekuensi dan bentuk ulangan harian dalam satu semester ditentukan oleh pendidik sesuai dengan keluasan dan kedalaman materi.
Sebagai tindak lanjut ulangan harian, yang diperoleh dari hasil tes tertulis, pengamatan, atau tugas diolah dan dianalisis oleh pendidik. Hal ini dimaksudkan agar ketuntasan belajar siswa pada setiap kompetensi dasar lebih dini diketahui oleh pendidik. Dengan demikian ulangan ini dapat diikuti dengan program tindak lanjut baik remedial atau pengayaan, sehingga perkembangan belajar siswa dapat segera diketahui sebelum akhir semester. 
Dalam rangka memperoleh nilai tiap mata pelajaran selain dengan ulangan harian dapat dilengkapi dengan tugas-tugas lain seperti PR, proyek, pengamatan dan  produk.  Tugas-tugas tersebut dapat didokumentasikan dalam bentuk portofolio. Ulangan harian ini juga berfungsi sebagai diagnosis terhadap kesulitan belajar siswa.
Untuk materi soal silahkan download link di bawah ini:
Demikian ulasan singkat dan kami berharap referensi dalam menyusun soal, Bapak/Ibu Guru bisa klik tautan di bawah ini untuk mengunduh kisi-kisi soal termasuk pemetaan KD dan soal penilaian harian yang telah dilengkapi dengan Kisi-Kisi Soalnya

Bagi sekolah yang membutuhkan soal-soal Bahasa Jawa dapat Download Di sini

Post a Comment for "Soal Penilaian Harian K13 Kelas 1 Tema 1 Dan Kisi-Kisi Soalnya"